3 Cara Memperbaiki Data Seluler yang Tidak Berfungsi di Android

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

3 Cara Memperbaiki Data Seluler yang Tidak Berfungsi di Android

3 Cara Memperbaiki Data Seluler yang Tidak Berfungsi di Android

KEPONEWS.COM - 3 Cara Memperbaiki Data Seluler yang Tidak Berfungsi di Android Data seluler terkadang tidak berfungsi dengan baik, meskipun mengguna telah menghidupkannya. Tanpa data seluler, maka pengguna tidak dapat mengakses apapun. Dilansir laman Make Tech Easier, berikut ti...
Loading...

Data seluler terkadang tidak berfungsi dengan baik, meskipun mengguna telah menghidupkannya. Tanpa data seluler, maka pengguna tidak dapat mengakses apapun.

Dilansir laman Make Tech Easier, berikut tiga cara memperbaiki data seluler yang tidak berfungsi di Android:

1. Setel ulang koneksi jaringan

Salah satu cara paling sederhana merupakan memasukkan SCRTN atau kode khusus untuk mengatur ulang jaringan di perangkat. Sebagai catatan, kode ini hanya akan berfungsi untuk smartphone yang memakai jaringan CDMA.

Untuk smartphone Google Pixel, pengguna bisa memasukkan kode *#*#72786#*#*. Pengguna ponsel Nexus 5, Nexus 6, Moto G5 bisa memakai kode #*#*72786#*#*. Sementara untuk perangkat Android lainnya bisa memakai kode ##72786#.

2. Gunakan Mode Pesawat

Memakai mode pesawat patut dicoba untuk memancing sinyal jaringan. Hidupkan mode pesawat dan tunggu 30 detik lalu matikan mode pesawat.

Kalau jaringan belum berfungsi, hidupkan kembali mode pesawat, matikan ponsel, tunggu sebentar lalu hidupkan kembali ponsel, matikan mode pesawat, dan tunggu selama 30 detik kemudian hidupkan data seluler.

Ilustrasi mode pesawat pada ponsel. [Shutterstock]Ilustrasi mode pesawat pada ponsel. [Shutterstock]

3. Setel ulang APN

APN atau Access Point Names ialah sarana yang digunakan penyedia jaringan seluler untuk menghubungkan smartphone pengguna ke internet. Ini mengatur perangkat dengan semua pengaturan penting seperti alamat IP dan gateway untuk membuat perangkat pengguna terhubung.

Buka Settings > Mobile Data / Wireless Controls / Wireless & Networks > ketik Mobile Networks > Access Point Names. Pengguna akan melihat daftar APN. Ketuk ikon menu di kanan atas lalu pilih Reset to default.

Loading...

Comments