3 Aplikasi Kartu Keluarga Online, Mudah dan Praktis

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

3 Aplikasi Kartu Keluarga Online, Mudah dan Praktis

3 Aplikasi Kartu Keluarga Online, Mudah dan Praktis

KEPONEWS.COM - 3 Aplikasi Kartu Keluarga Online, Mudah dan Praktis Ilustrasi pengguna smartphone. (Unsplash/freestocks.org) Di zaman serba digital seperti sekarang ini, hampir hal bisa diakses secara online. Salah satunya dalam mengurus dokumen penting seperti kartu...

Ilustrasi pengguna smartphone. (Unsplash/freestocks.org)

Di zaman serba digital seperti sekarang ini, hampir hal bisa diakses secara online. Salah satunya dalam mengurus dokumen penting seperti kartu keluarga. Kamu bisa mengecek nomor kartu keluarga secaraonline, tanpa harus mengecek di rumah atau bertanya kepada orang rumah. Saat ini, kamu bisa mengecek nomor kartu keluarga secaraonline.

Software kartu keluarga online sekarang ini sudah mulai tersedia dan bisa diakses. Software kartu keluarga online merupakan salah satu alternatif bagi kamu yang ingin mengurus dokumen agar lebih mudah dan praktis. Dengan begitu, kamu tak perlu datang ke Kantor Dukcapil yang bisa menyita tenaga dan waktu.

Walaupun mudah dan praktis, software kartu keluarga online ini baru tersedia untuk beberapa daerah saja. Tak perlu khawatir, bila daerah kamu belum mempunyai software tersebut, kamu tetap bisa mengakses melalui situs Kemendagri.

Software kartu keluarga online ini bisa kamu unduh di Play Store maupun App Store secara gratis. Berikut software kartu keluarga online yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Software Kartu Keluarga Online Melalui Situs Kemendagri

Kementerian Dalam Negeri mempermudah urusan pembuatan dokumen secara online melalui situs resmi mereka. Cara membuat kartu keluarga online di situs Kemendagri dapat kamu simak berikut ini.

Langkah pertama, mendaftar di situs Kemendagri.
Kunjungi https://layananonline. dukcapil.kemendagri.go.id.Buat akun terlebih dulu di situs tersebut dengan menyiapkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan KTP elektronik.Isi data diri berupa 16 digit angka NIK, nama lengkap, jenis kelamin, tempat lahir, tanggal lahir, nomor ponsel yang masih aktif, email, password, dan captcha.Software kartu keluarga online setelah kamu mengisi semua data tersebut, jangan lupa untuk memverifikasi data dengan memasukan kode yang dikirim ke nomor ponsel yang kamu daftarkan.Langkah kedua, masuk ke software SaPA Kemendagri.
Software kartu keluarga online setelah berhasil mendaftar, akun yang kamu buat digunakan untuk masuk ke software SaPA Kemendagri. Dalam software ini, kamu bisa mengajukan permohonan pembuatan kartu keluarga dengan cara sebagai berikut.Masuk ke software, kemudian login memakai nomor ponsel dan password yang sudah kamu daftarkan.Pilih fasilitas pengurusan dokumen secara online.Isi formulir permohonan pembuatan kartu keluarga.Kamu akan mendapatkan notifikasi secara online untuk mencetak kartu keluarga.Jikalau kamu sudah mendapatkan notifikasi mencetak kartu keluarga secara online, kamu bisa mencetaknya sendiri memakai kertas HVS 80 gram atau di anjungan mandiri yang terletak di tempat umum, seperti mall atau balai kota.Ilustrasi Pengguna Smartphone. (Pixabay/TeroVesalainen)Ilustrasi Pengguna Smartphone. (Pixabay/TeroVesalainen)

Software Kartu Keluarga Online Melalui Disdukcapil Kabupaten atau Kota

Selain melalui situs Kemendagri, pembuatan kartu keluarga secara online juga dapat kamu lakukan melalui situs resmi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) di kabupaten atau kota tempat kamu tinggal. Biasanya, masing-masing Disdukcapil mempunyai situs resmi atau software tersendiri untuk mengurus banyak sekali keperluan.

Bila kamu ingin membuat kartu keluarga secara online di Disdukcapil setempat, kamu memerlukan beberapa dokumen yang harus disiapkan. Dokumen tersebut ialah sebagai berikut.

NIK dan KTP.Nomor ponsel.Email.

Kamu hanya perlu mendaftar di situs atau software yang ditunjuk dengan memasukan data yang sudah disebutkan sebelumnya. Pastikan nomor ponselmu aktif karena pihak Disdukcapil akan mengirimkan nomor PIN dan notifikasi untuk mencetak kartu keluargamu.

Melalui email

Cek kartu keluarga online juga dapat dilakukan dengan cara lain, adalah melalui email ke Dukcapil Kemendagri. Isi subjek email sesuai dengan kebutuhanmu. Tulis email format sederhana di bodi email:

#NIK KTP#Nama Lengkap#Nomor KK#Nomor Telepon#Alamat Email, serta#Maksud dan Tujuan atau Permasalahan.Selanjutnya kirim email tersebut ke dukcapil@gmail.com

Tunggu balasan dari Dukcapil Kemendagri dalam waktu 1x24 jam.

Itulah tadi software kartu keluarga secara online. Semoga dapat membantu kamu mengurus semua keperluan.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Comments