25 Tahun Ada di Dunia, Honda CR-V Siap Jadi Mobil Kekinian

Otomotif

News / Otomotif

25 Tahun Ada di Dunia, Honda CR-V Siap Jadi Mobil Kekinian

25 Tahun Ada di Dunia, Honda CR-V Siap Jadi Mobil Kekinian

KEPONEWS.COM - 25 Tahun Ada di Dunia, Honda CR-V Siap Jadi Mobil Kekinian Pilihan kendaraan di segmen Sport Utility Vehicle alias SUV, kian beragam. Salah satu yang akrab dengan masyarakat di Tanah Air bernama CR-V. Mobil ini merupakan produk yang ditawarkan oleh merek Hond...

Pilihan kendaraan di segmen Sport Utility Vehicle alias SUV, kian beragam. Salah satu yang akrab dengan masyarakat di Tanah Air bernama CR-V. Mobil ini merupakan produk yang ditawarkan oleh merek Honda, semenjak 25 tahun lalu.

Ya, tepat pada tahun ini Honda CR-V diketahui sudah seperempat abad dijajakan di banyak sekali pasar otomotif dunia. SUV yang lekat dengan masyarakat perkotaan itu, pertama kali diluncurkan pada tahun 1995, di Jepang.

Tak hanya untuk konsumen di Negeri Sakura, pabrikan otomotif berlogo hurf 'H' ini, kemudian menjajakannya ke pasar otomotif di Amerika Utara. Setelah itu, CR-V mulai menemani perjalanan masyarakat di banyak sekali negara, termasuk Indonesia.

"CR-V sendiri merupakan kepanjangan dari Comfortable Runabout Vehicle, yang bisa diartikan kendaraan praktis dan juga nyaman," demikian seperti dikutip VIVA Otomotif dari siaran pers Honda, Minggu 18 Oktober 2020.

Dikenal Sebagai Mobil Pejabat yang Nyaman, Volvo Ternyata Bisa Ngebut

Generasi pertamanya merupakan hasil karya desainer Hiroyuki Kawase. Model pertama Honda CR-V tersebut, didukung mesin berkapasitas 2.000cc dengan tenaga 126 hp dan torsi maksimum 180 Newtonmeter.

Lalu, generasi kedua dari Honda CR-V diperkenalkan pada tahun 2001. Enam tahun kemudian, atau tepatnya pada September 2006, meluncur generasi ketiga. Model inj kemudian memakai mesin 2.400cc bensin, serta ditawarkan pula yang mengusung mesin diesel.

Pada tahun 2011, generasi keempat dari Honda CR-V ditampilkan sebagai mobil konsep pada Orange County International Auto Show. Generasi kelimanya mulai diluncurkan pada tahun 2016, dan untuk pertama kalinya tampil dengan kapasitas 7 penumpang. Tak hanya itu, model ini juga mempunyai varian bermesin 1.500cc dengan turbocharger.

Kini, Honda sedang mempersiapkan versi canggih bernama CR-V PHEV. Sesuai namanya, mobil ini akan mempunyai dua jantung, adalah mesin konvensional dan sistem penggerak motor listrik. Wujudnya sudah tampil di ajang Beijing International Automotive Exhibition 2020, beberapa waktu lalu.

Honda CR-V 2003

Penjualan Honda CR-V di Indonesia, diketahui sudah mencapai 217.099 unit terhitung semenjak pertama kali diluncurkan pada September tahun 2000. Sayangnya, belum diketahui secara pasti rencana peluncuran versi canggihnya untuk konsumen di dalam negeri.

Comments