21 Tips agar Toko Online Anda Sukses

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

21 Tips agar Toko Online Anda Sukses

21 Tips agar Toko Online Anda Sukses

KEPONEWS.COM - 21 Tips agar Toko Online Anda Sukses AKSES internet yang mudah dan lebih cepat menghadirkan pasar baru dalam dunia usaha, yakni berbisnis online. Sebagai langkah awal berbisnis online, memiliki penghasilan penjualan pertama merupakan inv...
Loading...

AKSES internet yang mudah dan lebih cepat menghadirkan pasar baru dalam dunia usaha, yakni berbisnis online. Sebagai langkah awal berbisnis online, memiliki penghasilan penjualan pertama merupakan investasi yang sangat penting. Penjualan pertama bisa menjadi titik balik dan respons positif serta alat untuk membangun kepercayaan konsumen terhadap produk.

Namun, usaha akan semakin berkembang dan tentu ingin terus berjalan. Penjualan pertama bisa jadi awal dari perjalanan panjang usaha yang ingin dicapai. Nah, untuk memudahkan melewati langkah pertama dengan sukses, berikut ini merupakan 21 cara agar dapat menghasilkan penjualan pertama.

BERITA REKOMENDASI

1. Beri Sampel Produk ke Tokoh atau Orang yang Berpengaruh

Hidup di era digital ini, orang tak hanya terkenal melalui kehidupan nyata. Banyak sekali orang bisa terkenal dan memiliki pengaruh berkat internet. Mereka biasanya ialah seorang blogger, jurnalis, vlogger, atau Youtuber yang terkenal dari banyak sekali aspek. Tokoh yang terkenal ini umumnya memiliki banyak follower di sosmed seperti Twitter atau Instagram, atau banyak pelanggan (subscriber) pada blog, website, atau channel Youtube mereka.

Berikan salah satu contoh produk toko ke orang-orang tersebut agar mereka langsung membagikan (share) produk yang Anda jual ke seluruh follower atau subscriber mereka. Biasanya istilah ini dikenal juga dengan sebutan endorsment, di mana Anda harus membayar sejumlah uang sesuai dengan harga yang ditawarkan oleh orang-orang yang berpengaruh di internet ini agar mereka mau meng-upload sampel produk.

2. Membuat Blog atau Website

Memulai usaha online layaknya usaha pada umumnya. Anda harus memiliki lapak atau lahan untuk berjualan. Pada usaha online, lahan berjualan merupakan membangun sebuah blog atau website. Blog ini berfungsi seperti lahan pertanian, tempat menyemai benih, merawat tanaman, hingga bisa panen dan nikmati untungnya. Dengan blog yang berhubungan dengan produk yang dijual, potensi pasar akan semakin luas dari content marketing.

Membuat blog ini termasuk cara sederhana yang efektif untuk mengembangkan content marketing usaha. Dengan blog, banyak orang akan bertanya produk dan Anda pun bisa menjawab pertanyaan ini. Tak hanya itu, Anda juga bisa memperluas segmentasi pasar dengan membuat konten goresan pena yang memberikan tips, tutorial, dan artikel gaya hidup lain yang berhubungan dengan produk. Apabila konten tersebut bisa menarik kunjungan pengguna internet, maka dengan makin mudah pula konsumen mengetahui apa yang dijual di website tersebut.

3. Membangun Daftar E-mail untuk Marketing

Daftar e-mail ini berfungsi agar dapat mengirimkan berita, produk, dan konten terbaru ke dalam mailbox konsumen. Cara membangun daftar e-mail ini dengan memasukkan formulir e-mail subscription pada tempat yang terlihat di blog atau website Anda. Tawarkanlah manfaat yang berharga apabila pengunjung mendaftarkan e-mail-nya daripada sekadar ajakan untuk mendaftarkan e-mail begitu saja.

Misalnya, tiap minggu para konsumen yang mendaftarkan e-mail akan mendapatkan kupon atau voucher potongan harga bila belanja produk. Dengan demikian, setiap pengunjung pun tertarik untuk mendaftar demi mendapatkan voucher potongan harga.

4. Menjadi Sponsor Sebuah Event

Berpartisipasi menjadi sponsor sebuah event memiliki dua sisi yang berbeda. Sejatinya, menjadi sponsor bisa sebagai ajang promosi produk, terlebih kalau produk berhubungan dengan event tersebut. Namun, ini juga bisa membuang waktu dan tenaga, terlebih biaya. Untuk itulah sebelum memutuskan menjadi sponsor, Anda perlu melakukan riset dan analisis.

Pertama, pilih event yang kebanyakan orangnya akan tertarik dengan produk disertai dengan jumlah peserta yang hadir. Setelah itu, Anda bisa mulai mengalkulasi berapa jumlah biaya yang pantas dikeluarkan untuk mensponsori kegiatan tersebut. Jangan hanya menaruh flyer atau sekadar membaginya kepada yang lewat saja di lokasi event.

Diharapkan kemampuan marketer untuk membangun hubungan dengan customer yang potensial. Apabila dimungkinkan, Anda juga bisa mendemonstrasikan produk dengan cara yang menarik sehingga mengundang orang untuk datang dan bertanya mengenai produk. Terakhir, beri berita kontak dan detail produk pada flyer yang dibagikan.

5. Mainkan Sebuah Pertunjukan Public Relation (PR)

Agar produk lebih cepat mendapat perhatian media, Anda perlu melakukan pertunjukan PR yang unik, sesuatu yang lucu dan tidak biasa. Pertunjukan PR berpotensi membuat brand lebih terkenal. Apabila dilakukan dengan baik, cara ini dapat mempercepat tingkat kepopuleran produk. Tentu, hal ini juga diiringi dengan meningkatnya jumlah konsumen yang setia dalam waktu singkat.

6. Menulis Profil Tokoh Berpengaruh

Ada baiknya Anda mewawancarai seorang tokoh terkenal dan berpengaruh serta berdiskusi mengenai industri produk. Keuntungannya, selain mendapatkan banyak ilmu perihal produk, ini juga akan membangun branding blog atau website sehingga orang akan percaya dengan produk yang dimiliki. Konten yang menarik ini pula yang akan menjaring calon customer yang sedang melakukan pencarian dengan kata kunci tokoh tersebut. Bisa jadi, hasil pencarian akan mengarah ke website.

21 Tips agar Toko Online Anda Sukses
Loading...

Comments