2 Tarian Kalsel Diajukan sebagai Warisan Budaya Nasional

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

2 Tarian Kalsel Diajukan sebagai Warisan Budaya Nasional

2 Tarian Kalsel Diajukan sebagai Warisan Budaya Nasional

KEPONEWS.COM - 2 Tarian Kalsel Diajukan sebagai Warisan Budaya Nasional BANJARMASIN - Sebanyak dua jenis tarian tradisi Kalimantan Selatan (Kalsel), yakni Topeng Banjar dan Kuda Gipang Banjar diajukan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI untuk dijadikan...

BANJARMASIN - Sebanyak dua jenis tarian tradisi Kalimantan Selatan (Kalsel), yakni Topeng Banjar dan Kuda Gipang Banjar diajukan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI untuk dijadikan Warisan Budaya Tak Benda Nasional 2017.

Kepala Taman Budaya Kalsel, Fahrurrazi membenarkan kalau dua tarian tradisional itu sudah diusulkan ke Direktur Warisan dan Nilai Budaya di Kemdikbud.

Menurut dia, baru dua kesenian daerah ini yang siap diajukan untuk dinobatkan dan diberi sertifikat Warisan Budaya Tak Benda Nasional, lantaran deskripsi dan kajian ilmiahnya sudah rampung.

"Saya sendiri yang membuat kajian dan turun ke lapangan membuat datanya," ujar Fahrurrazi, Senin (16/1/2017).

Menurutnya, ada satu kesenian tradisi lagi yang tengah diupayakan untuk bisa diusulkan, yakni Musik Panting. "Kita harap ada kajiannya bisa selesai secepatnya, hingga ada tambahan," paparnya.

Yang sebenarnya perlu diupayakan juga untuk mendapat pengakuan dari pemerintah pusat sebagai warisan kebudayaan daerah Kalsel lanjut Fahrurrazi, ialah bidang resep masakan.

"Taman Budaya mendorong ada instansi terkait ikut mengkaji menyiapkan datanya," timpal dia.

Ia menambahkan, sejauh ini sudah ada 16 kesenian budaya Kalsel yang meraih sertifikat Warisan Budaya Tak Benda Nasional dari total sebanyak 997 buah khazanah Kalsel.

"Sebenarnya warisan budaya kita itu terbanyak kedua setelah Sumatera Utara, yakni, sebanyak 1.328 buah," pungkasnya.

2 Tarian Kalsel Diajukan sebagai Warisan Budaya Nasional

Comments