2 Harimau di Ragunan Terinfeksi Covid-19, Pemilik Hewan Diimbau Tidak Panik

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

2 Harimau di Ragunan Terinfeksi Covid-19, Pemilik Hewan Diimbau Tidak Panik

2 Harimau di Ragunan Terinfeksi Covid-19, Pemilik Hewan Diimbau Tidak Panik

KEPONEWS.COM - 2 Harimau di Ragunan Terinfeksi Covid-19, Pemilik Hewan Diimbau Tidak Panik HEWAN ternyata bisa terinfeksi covid-19. Gejalanya pun mirip dengan yang dialami manusia. Terbaru, dua harimau sumatera yang ada di Taman Margasatwa Ragunan (TMR) Jakarta sempat positif covid-19. Terk...

HEWAN ternyata bisa terinfeksi covid-19. Gejalanya pun mirip dengan yang dialami manusia. Terbaru, dua harimau sumatera yang ada di Taman Margasatwa Ragunan (TMR) Jakarta sempat positif covid-19.

Terkait hal ini, pakar kesehatan sekaligus dokter relawan covid-19 Muhamad Fajri Adda'i memaparkan, berdasarkan laporan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), covid-19 dapat ditularkan dari manusia ke hewan, termasuk hewan peliharaan.

2 Harimau di Ragunan Terinfeksi Covid-19, Ini Penjelasan Pakar Kesehatan

Namun jangan panik dulu, karena belum tentu berlaku sebaliknya. Menurut CDC, sampai saat ini tidak ada bukti kuat bahwa hewan peliharaan dapat menyebarkan covid-19 ke manusia.

Harimau sumatera di Taman Margasatwa Ragunan sempat terinfeksi covid-19. (Foto: Instagram @aniesbaswedan)

"Hewan itu bisa tertular dari manusia, termasuk hewan peliharaan juga bisa kena. Tetapi, hewan peliharaan belum tentu bisa menularkannya kepada manusia. Sejauh ini belum ada buktinya," kata dr Fajri saat dihubungi MNC Portal baru-baru ini.

2 Harimau di Ragunan Positif Covid-19, Ini Gejala yang Bisa Dirasakan

Hal yang sama juga dinyatakan Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Profesor Zubairi Djoerban saat menanggapi kabar dua harimau sumatera di Ragunan terinfeksi covid-19. Dia menegaskan bahwa belum ada bukti faktual hewan dapat menyebarkan covid-19.

"Sampai saat ini belum ada bukti faktual bahwa hewan memainkan peran penting dalam menyebarkan SARS-CoV-2," cuit Prof Zubairi melalui akun Twitter-nya, Senin (2/8/2021).

Comments