2 Event Internasional di Danau Toba Akan Pamerkan Kebudayaan Batak

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

2 Event Internasional di Danau Toba Akan Pamerkan Kebudayaan Batak

2 Event Internasional di Danau Toba Akan Pamerkan Kebudayaan Batak

KEPONEWS.COM - 2 Event Internasional di Danau Toba Akan Pamerkan Kebudayaan Batak Dua event bertaraf internasional akan digelar di Pulau Samosir, Danau Toba, Sumatra Utara. Kedua event tersebut adalah gelaran seni Samosir Music International (SMI) dan olahraga bersepeda Grand Fondo...

Dua event bertaraf internasional akan digelar di Pulau Samosir, Danau Toba, Sumatra Utara. Kedua event tersebut adalah gelaran seni Samosir Music International (SMI) dan olahraga bersepeda Grand Fondo New York (GFNY).

Bupati Samosir, Rapidin Simbolon mengatakan, salah satu event SMI nantinya akan memperkenalkan budaya etnis batak kepada dunia internasional. Event SMI akan dilaksanakan pada Sabtu, 25 Agustus 2018 bertempat di Open Stage Tuk Tuk Siadong Samosir.

"Kami ingin menunjukkan pada Indonesia juga pada dunia internasional bahwa nilai Habatakon dapat dikemas apik dan manis dengan musik. Musik merupakan bahasa universal. Melalui musik kami ingin memperkenalkan budaya kami kepada masyarakat luas supaya bisa dinikmati, dan dipromosikan menjadi daya tarik lokal berkelas internasional kata Rapidin di Medan, Senin 20 Agustus 2018.

Kedua event terbesar dan berkelas internasional itu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan asing, serta domestik yang muncul di Pulau Samosir selama bulan Agustus dan September. Event SMI dan GFNY tahun 2018 sama-sama memasuki tahun pelaksanaan ke empat kalinya di Samosir. Pada tahun 2017, event dengan judul yang sama bisa menyedot sekitar 30 ribu penonton dan 10 persennya ialah wisatawan asing.

"Dukungan penuh kami berikan untuk kemajuan pariwisata Samosir khususnya Danau Toba, sehingga sasaran kunjungan wisatawan mancanegara meningkat di tahun 2018. Kami mengharapkan dukungan dan peran aktif dari semua pihak yang terlibat," ucap Rapidin.

Tarian Batak Toba

Tiket Penerbangan Kuala Lumpur-Silangit Hanya Rp100 Ribu

41 Pelabuhan Danau Toba Diaudit, yang Tak Standar Segera Ditutup

Sampah di Danau Toba Akan Jadi Bahan Baku Pengganti Aspal

Sementara itu, Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba, Arie Prasetyo menuturkan, event ini menjadi momentum yang sangat baik bagi pariwisata di Danau Toba. Kedua event tersebut diharapkan bisa mendatangkan lebih kurang 10.000 pengunjung sampai pertengahan September di daerah Danau Toba.

"Event GFNY di Samosir sangat berpotensi untuk mencuri perhatian pecinta road bike, karena destinasinya yang cantik, dikelilingi oleh Danau Toba, perbukitan hijau dan sawah membentang. Sisi hobi olahraga dan traveling-nya terpenuhi," ujar Arie.

Untuk diketahui event SMI masuk dalam Calender of Event Horas Samosir Fiesta. Nantinya event SMI dihadiri banyak sekali musisi lintas negara, seperti Herman Delago, Nadine Beiler, dan JB S Band dari Austria. Lalu, Bernadeta Astari asal Belanda. Nantinya mereka akan berkolaborasi dengan sederet artis tanah air, seperti pianis Yosephine Madju, Viky Sianipar, Alsant Nababan, Louis Sitanggang, Tongam Sirait, Jajabi Band, Boraspati Group dan Halak Hita Group.

Sedangkan event olahraga GFNY Championship Asia akan berlangsung tanggal 2 September 2018 mulai pukul 06.30 WIB di Tuk Tuk Siadong Samosir. Saat ini sudah 700 orang yang sudah mendaftar event olahraga bersepeda bertaraf internasional. Diharapkan pada event GFNY bisa diikuti seribu-an pesepeda dari banyak sekali negara.

Comments