18 Obat sariawan alami yang ampuh, cepat dan tidak perih

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

18 Obat sariawan alami yang ampuh, cepat dan tidak perih

18 Obat sariawan alami yang ampuh, cepat dan tidak perih

KEPONEWS.COM - 18 Obat sariawan alami yang ampuh, cepat dan tidak perih Kecil, putih, tersembunyi, dan mengganggu, mungkin empat kata itu dapat mewakili gambaran sariawan. Meskipun bentuknya kecil dan kadang tidak terlihat, namun sariawan seringkali mengganggu aktivitas d...

Kecil, putih, tersembunyi, dan mengganggu, mungkin empat kata itu dapat mewakili gambaran sariawan. Meskipun bentuknya kecil dan kadang tidak terlihat, namun sariawan seringkali mengganggu aktivitas dan juga nafsu makan. Apalagi sariawan bisa timbul lebih dari satu karena banyak sekali faktor.

Sariawan atau stomatis aftosa ialah luka di dalam mulut yang dapat menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman. Sariawan sering kali timbul di bagian dalam pipi atau bibir. Namun memang ada juga yang timbul di bagian lain seperti gusi atau langit-langit rongga mulut. Sariawan dapat timbul karena infeksi virus dan sifatnya tidak menular.

Perasaan tidak sabar seringkali muncul saat orang mengalami sariawan. Banyak sekali obat di pasaran dipercaya bisa menyembuhkan sariawan. Mulai dari obat minum, obat oles, hingga obat kumur. Namun kalau kamu tak kunjung sembuh dengan obat-obatan ini, mungkin saatnya kamu beralih ke bahan-bahan alami yang ampuh menyembuhkan sariawan. Ada banyak pilihan obat sariawan alami. Apa saja?

Dirangkum dari banyak sekali sumber pada Sabtu (7/12), berikut 18 obat sariawan alami yang ampuh, cepat dan tidak perih.

1. Cranberry.

foto: pixabay.com

Pernah mengonsumsi cranberry? Cobalah membuat jus cranberry dan nikmati kesegaran dan khasiatnya. Bahkan bila kamu minum jus cranberry sebelum makan, ternyata bisa menghilangkan bakteri dan menyembuhkan luka lebih cepat. Dengan cara ini kamu dapat menikmati cranberry sekaligus mendapatkan manfaatnya.

2. Kunyit.

foto: unsplash.com

Pasti kamu tidak asing dengan bumbu dapur satu ini. Ya kan? Selain bisa menambah cita rasa pada makanan, kunyit juga terkenal dengan akarnya yang mengandung zat aktif yang diketahui sebagai kurkumin.

Kandungan pada kunyit mempunyai manfaat antiinflamasi dan antibiotik. Kamu bisa mengobati sariawan dengan mudah tanpa perih memakai kunyit dengan mengoleskannya pada sariawan. Lakukan perawatan ini dua sampai tiga kali sehari.

3. Daun basil.

foto: pixabay.com

Banyak orang yang tidak menyadari kalau daun yang sekilas mirip dengan kemangi ini mempunyai kaya manfaat, salah satunya sebagai obat sariawan. Kandungan alami pada daun basil dipercaya bisa menjadi obat alami sariawan yang mudah dicari dan tidak perih. Cara mengonsumsinya cukup mudah, kamu hanya perlu mengunyah daun basil saat kamu mengalami sariawan.

4. Tomat.

foto: freepik.com

Tomat sering kita manfaatkan untuk pelengkap makanan atau dinikmati dalam bentuk jus. Buah berwarna merah ini juga dikenal sebagai salah satu sumber vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.

Namun tak hanya itu saja, tomat juga mempunyai kandungan vitamin C yang besar. Hal ini tentu baik untuk menyembuhkan sariawanmu. Makan tomat 3-4 kali sehari dapat membantumu menyembuhkan sariawan secara alami.

5. Daun kemangi.

foto: pixabay.com

Mungkin selama ini kamu sering mengabaikan kemangi di hidangan lalapanmu. Padahal daun ini mempunyai manfaat penting bagi tubuh lho. Bagi kesehatan, daun kemangi bisa mengatasi jerawat, menyehatkan sistem pencernaan, mencegah stres, bahkan mengobati sariawan juga.

Nah, coba deh, konsumsi daun kemangi untuk mengatasi sariawanmu. Ambil beberapa helai daun kemangi yang sudah dicuci bersih, kunyah, dan berkumurlah setelah itu. Kamu bisa melakukannya 3-4 kali dalam sehari untuk hasil yang maksimal.

6. Daun seledri.

foto: freepik.com

Daun seledri biasanya sering ditemukan sebagai pemanis pada tampilan makanan. Namun rupanya seledri mempunyai kandungan tinggi vitamin A, vitamin B1, B2, B6, dan vitamin C.

Manfaatkan daun seledri sebagai obat alami untuk sariawanmu dengan cara menghancurkan beberapa helai daun seledri, lalu oleskan daun seledri pada bagian yang terkena sariawan.

Comments