15 Manfaat lidah buaya untuk kecantikan dan cara menggunakannya

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

15 Manfaat lidah buaya untuk kecantikan dan cara menggunakannya

15 Manfaat lidah buaya untuk kecantikan dan cara menggunakannya

KEPONEWS.COM - 15 Manfaat lidah buaya untuk kecantikan dan cara menggunakannya Lidah buaya atau aloe vera merupakan salah satu tumbuhan yang banyak ditanam oleh masyarakat. Biasanya lidah buaya ditanam dalam pot bersama tanaman hias lainnya. Lidah buaya banyak ditanam karena be...

Lidah buaya atau aloe vera merupakan salah satu tumbuhan yang banyak ditanam oleh masyarakat. Biasanya lidah buaya ditanam dalam pot bersama tanaman hias lainnya.

Lidah buaya banyak ditanam karena bentuknya yang unik dan kaya akan manfaat bagi kesehatan. Beberapa manfaat lidah buaya bagi kesehatan antara lain menurunkan kadar gula darah, menyehatkan pencernaan, serta mempercantik kulit.

Manfaat yang dimiliki dari lidah buaya tak terlepas dari kandungan zat di dalamnya, seperti Vitamin E, asam amino, copper, dan zinc. Selain bermanfaat bagi kesehatan, ternyata lidah buaya juga sangat direkomendasikan untuk menjaga kecantikan.

Nah, berikut rangkum dari banyak sekali sumber, Kamis (22/7), 15 manfaat lidah buaya untuk menjaga kecantikan.

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan. 1. Mengatasi kulit terbakar karena sinar matahari. Manfaat lidah buaya untuk kecantikan dan cara menggunakannya    pexels.com

foto: pexels.com

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat memberikan pengaruh pada kondisi kulitmu. Belum lagi dengan polusi yang berterbangan setiap harinya. Nggak jarang situasi ini membuat kulit terasa terbakar dan bahkan mengalami perubahan warna. Lidah buaya bisa membantu menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari.

Penelitian membuktikan bahwa lidah buaya dapat melindungi terjadinya sunburn di kulit karena paparan sinar matahari. Meski begitu tetap disarankan agar kamu melindungi kulit dengan memakai sunscreen atau sunblock.

2. Mengatasi lecet.

Terkadang tanpa kita sadari muncul lecet pada area wajah atau permukaan kulit lainnya. Hal ini dapat terjadi karena beberapa aktivitas yang kamu lakukan. Kamu bisa memakai lidah buaya sebagai solusinya.

Caranya, oleskan lidah buaya ke area lecet untuk menghilangkan rasa sakit dan sensasi terbakar. Gunakan tiga kali per hari dalam perawatan ini.

3. Mengatasi kulit kering.

Manfaat lidah buaya selanjutnya mungkin sudah cukup populer. Karena banyak produk kecantikan yang menambahkan lidah buaya sebagai pelembap kulit. Pada dasarnya, gel lidah buaya mudah menyerap pada kulit, sehingga ideal untuk kulit berminyak. Namun jangan khawatir, kandungan tersebut tetap dapat membantu merawat kulit kering juga.

Meski begitu, perlu diperhatikan juga takaran penggunaannya. Karena, dalam laman Baylor College of Medicine disebutkan bahwa lidah buaya yang digunakan secara berlebihan justru dapat membuat kulit dehidrasi. Hal ini memberikan efek kulit terasa sangat kering atau justru sangat berminyak. Kondisi ini terjadi karena lidah buaya mempunyai enzim yang bersifat mengeksfoliasi dan dapat menyebabkan kulit dehidrasi kalau digunakan terlalu banyak.

4. Mengatasi eksim. Manfaat lidah buaya untuk kecantikan dan cara menggunakannya    pexels.com

foto: pexels.com

Eksim merupakan satu kondisi yang cukup mengganggu penderitanya. Gatal dan ruam kulit merupakan gejala yang paling umum dirasakan. Lidah buaya yang mempunyai efek melembapkan bisa mengatasi kulit kering dan gatal yang kerap dialami oleh penderita eksim. Bahkan, lidah buaya juga dapat membantu meringankan dermatitis seboroik, sejenis eksim yang sering ditemukan di kulit kepala dan bisa menjalar ke bagian wajah maupun belakang indera pendengaran.

5. Membantu eksfoliasi kulit.

Eksfoliasi merupakan proses pergantian sel kulit mati dengan sel-sel kulit baru. Dengan begitu, kulit akan tampak lebih bercahaya dan segar. Menariknya, lidah buaya juga mengandung enzim yang dapat mengeksfoliasi kulit dengan lembut. Untuk mengeksfoliasi, campurkan minyak kelapa, gula, dan lidah buaya hingga tampak seperti scrub.

Butiran gula dapat menghilangkan lapisan sel kulit mati, sedangkan minyak kelapa dapat mengobati jerawat. Eksfoliasi jenis scrub sering kali mengiritasi kulit, khususnya bagi pemilik kulit sensitif. Akan tetapi, iritasi dapat lebih diminimalisir dengan campuran lidah buaya yang dapat menenangkan dan melembapkan kulit.

6. Mencegah penuaan.

Salah satu manfaat menarik dari lidah buaya ialah mencegah proses penuaan. Lidah buaya dapat merangsang fibroblast yang menghasilkan kolagen dan elastin, sehingga dapat membuat kulit lebih elastis dan mengurangi tanda penuaan dini, seperti keriput. Selain itu, efek melembapkan dari lidah buaya juga dapat memperbaiki skin barrier dan menjaga kelembapan pada kulit kering yang lebih mudah keriput.

Sementara itu, dikutip dari Baylor College of Medicine, lidah buaya memang dapat mencegah tanda penuaan dini seperti keriput, akan tetapi tidak dapat mengatasi keriput yang telah muncul di kulit. Lidah buaya hanya mencegah munculnya keriput dan membantu tampilan keriput tidak terlihat makin dalam atau parah.

7. Mengatasi jerawat. Manfaat lidah buaya untuk kecantikan dan cara menggunakannya    pexels.com

foto: pexels.com

Banyak sekali jenis produk untuk mengatasi jerawat sudah banyak beredar di pasaran, namun kamu juga bisa mengatasinya dengan lidah buaya sebagai cara alami. Caranya yaitu dengan mengoleskan lendir atau gel lidah buaya langsung ke bagian kulit yang berjerawat sebanyak tiga kali sehari. Bukan tanpa alasan, efek antiinflamasi dari lidah buaya dapat mengobati peradangan karena jerawat.

8. Mengatasi psoriasis.

Selain bisa mengatasi eksim, lidah buaya juga bisa dimanfaatkan sebagai cara mengatasi psoriasis. Gangguan kulit ini juga menimbulkan efek gatal dan peradangan pada kulit. Untuk perawatannya, oleskan gel lidah buaya dua kali sehari ke area kulit yang membutuhkan.

9. Mengatasi luka bakar.

Luka bakar ringan dapat diredakan dengan memakai lidah buaya. Untuk luka bakar ringan, kamu bisa mengoleskan gel lidah buaya ke area yang terluka hingga tiga kali sehari. Kalau diharapkan, kamu bisa melindungi area yang terluka dengan kain kasa.

10. Mengecilkan pori-pori.

Memanfaatkan lidah buaya untuk kecantikan dapat mempunyai efek baik yang sangat banyak. Tak hanya mengatasi permasalahan jerawat, namun juga mengecilkan pori-pori.

Di samping itu kamu juga akan merasakan kesegaran pada kulit serta mencerahkan kulit wajah. Caranya ambil gel lidah buaya yang ada di bagian tengah, oleskan secara merata pada kulit wajah, diamkan selama 15 menit dan bilas memakai air bersih.

11. Sebagai toner wajah. Manfaat lidah buaya untuk kecantikan dan cara menggunakannya    pexels.com

foto: pexels.com

Manfaat lidah buaya untuk wajah berikutnya bisa digunakan sebagai toner. Campurkan air dan gel lidah buaya dengan perbandingan 2 : 1. Tuangkan ke dalam botol bersih, lalu tutup botol dengan rapat.

Simpan dalam lemari es, agar toner lebih dingin dan segar saat digunakan. Jangan lupa untuk mengocok toner lidah buaya terlebih dahulu sebelum menyemprotkan atau mengoleskan pada wajah.

12. Mencegah ketombe.

Selain melindungi kulit wajah, lidah buaya juga dapat menjaga kecantikan rambutmu. Lidah buaya dapat mengatasi ketombe dan gatal pada kulit kepala. Caranya memanfaatkannya mudah, adalah cukup mengoleskan lidah buaya ke bagian batang rambut dan juga kulit kepala.

13. Mempercepat pertumbuhan rambut.

Perawat alami dari lidah buaya juga dapat mempercepat proses pertumbuhan rambut. Karena lidah buaya memang dapat merangsang dan mempercepat pertumbuhan rambut. Manfaat bagi rambut ini didapatkan karena lidah buaya mempunyai kemampuan untuk melancarkan sirkulasi darah dan oksigen ke kulit kepala, serta menutrisi folikel rambut.

14. Memperkuat akar rambut.

Nggak cuma sampai di situ saja, lidah buaya bahkan juga menjaga akar rambutmu agar tetap kuat. Pasalnya, lidah buaya dapat mengatasi dermatitis seboroik dengan efektif. Dermatitis seboroik dapat menyebabkan kulit kepala bersisik, terdapat ruam warna merah muda, berminyak, serta mengalami kerontokan.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa lidah buaya dapat mencegah kerontokan yang biasanya dialami oleh penderita dermatitis seboroik. Dengan demikian, para peneliti menyimpulkan bahwa lidah buaya baik untuk mencegah kerontokan rambut dan dapat merangsang pertumbuhan rambut.

15. Memperbaiki rambut bercabang. Manfaat lidah buaya untuk kecantikan dan cara menggunakannya    pexels.com

foto: pexels.com

Rambut bercabang memang sangat menyebalkan. Untuk itu kamu bisa memakai lidah buaya karena kandungan enzim proteolitik pada lidah buaya dapat mengangkat sel-sel mati di kulit kepala, sehingga mendorong pertumbuhan rambut yang sehat.

16. Mengurangi gatal di kulit kepala.

Dermatitis seboroik ialah kondisi kulit inflamasi umum yang mempengaruhi kulit kepala. Kondisi ini menyebabkan ketombe, kulit merah, dan bersisik. Dilansir dari webmd.com, para peneliti telah menemukan bahwa lidah buaya dapat secara signifikan mengurangi rasa gatal di kulit kepala.

17. Mengatasi rambut lepek.

Rambut lepek dapat membuat tampilanmu menjadi kurang segar. Lidah buaya mempunyai enzim yang dapat menghilangkan minyak ekstra (sebum) pada rambut. Sehingga terlihat lebih indah serta tidak mudah lepek dan kusut.

18. Mengurangi stretch mark.

Lidah buaya dapat mengurangi tampilan stretch mark dikarenakan mempunyai kandungan kolagen sintetis yang mana produksi kolagen sangat penting untuk penyembuhan bekas luka. Hal ini dikarenakan gel lidah buaya mengandung 96% air, vitamin A, B, C dan E, asam salisilat, polisakarida yang merangsang pertumbuhan sel baru dan banyak enzim, mineral dan asam amino.

19. Membasmi plak gigi.

Plak gigi merupakan massa bakteri yang tumbuh pada permukaan di dalam mulut. Pada awalnya plak gigi tidak lengket, namun ketika membentuk tartar sering ditemukan warna kecokelatan atau kuning pucat. Plak gigi dapat ditemukan di sela-sela gigi, di depan gigi, di belakang gigi atau bisa juga di permukaan mengunyah. Jangan biarkan plak gigi bersarang, karena semakin lama dapat menimbulkan kerusakan pada gigi.

Lidah buaya dapat menjadi solusi alami untuk mengurangi plak gigi. Tanaman ini dapat digunakan sebagai obat kumur untuk mengurangi dan membasmi plak gigi. Efeknya hampir sama dengan chlorhexidine atau obat antiseptik golongan antimikroba.

Cara membuat masker lidah buaya. Manfaat lidah buaya untuk kecantikan dan cara menggunakannya    pexels.com

foto: pexels.com

Selain memanfaatkan langsung lidah buaya, kamu juga bisa menjadikannya sebagai masker, terutama untuk perawatan wajah. Efek lembap dan segar yang ditimbulkan dari lidah buaya dapat memberikan ketenangan pada kulit. Nah untuk membuat masker lidah buaya, siapkan terlebih dahulu yuk bahan dan peralatan yang dibutuhkan.

1. Lidah buaya secukupnya
2. Vitamin C atau vitamin E (opsional)
3. Madu
4. Pisau
5. Mangkuk
6. Garpu
7. Toples

Bila ingin menyimpannya lebih lama, kamu bisa membekukannya atau menambahkan pengawet ke dalam proses pembuatannya. Kamu bisa juga menambahkan bubuk vitamin C atau vitamin E untuk membuat gel lidah buaya bertahan lama.

Cara membuat masker lidah buaya:
1. Cuci tangan hingga bersih, hal ini untuk memastikan agar gel lidah buaya tidak terkontaminasi.

2. Potonglah kulit bagian terluar dari daun lidah buaya. Kemudian, cucilah dengan baik. Bersihkan kotoran yang terdapat pada daun lidah buaya.

3. Berdirikan daun lidah buaya yang sudah dicuci bersih tersebut untuk menurunkan resin berwarna kuning yang mengalir keluar dari daun. Resin mengandung lateks yang dapat mengiritasi kulit. Kemudian kamu tinggal membersihkan sisa-sisa daun dan kupas kulitnya dengan memakai pisau kecil.

4. Setelah daun terkelupas, selanjutnya kamu tinggal mengambil gel lidah buayanya. Untuk mempermudah mengambilnya, kamu bisa memakai sendok dan serut secara perlahan. Masukkan ke dalam wadah yang sudah kamu siapkan.

5. Blender beberapa detik gel lidah buaya alami hingga berbusa. Setelah itu, pindahkan gel lidah buaya yang sudah diblender ke wadah tertutup. Kamu bisa menyimpannya selama 1 minggu. Bila ingin lebih lama, kamu bisa menambahkan pengawet.

Bagi kamu yang menginginkan gel lidah buaya lebih awet, kamu bisa menambahkan vitamin C atau vitamin E. Kedua pengawet alami ini merupakan pengawet yang sangat baik untuk memperpanjang penyimpanan gel lidah buaya.

Kedua vitamin atau pengawet aman ini mengandung antioksidan dan anti-penuaan, yang bisa membantu meningkatkan daya untuk melindungi gel lidah buaya.

Cara menambahkan pengawet:

1. Sediakan cangkir ukuran 1/4 cangkir atau 60 ml gel lidah buaya, kamu bisa menambahkan 500 mg bubuk vitamin C atau 400 International Unit (IU) bubuk vitamin E atau bisa kamu juga bisa memakai keduanya.

2. Tambahkan kedua vitamin ini langsung ke dalam proses blender gel lidah buaya.

3. Kemudian kamu tinggal menyimpan gel lidah buaya ke dalam wadah tertutup dan masukkan ke dalam lemari es.

Comments