14 Jenis Pisau yang Harus Anda Ketahui

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

14 Jenis Pisau yang Harus Anda Ketahui

14 Jenis Pisau yang Harus Anda Ketahui

KEPONEWS.COM - 14 Jenis Pisau yang Harus Anda Ketahui Pisau dapur merupakan hal yang cukup rumit apalagi kalau Kamu mulai mencoba mencari tahu lebih lanjut cara memakai setiap jenis pisau yang ada. Koki dari setiap restoran mengetahui bahwa pisau ialah...

Pisau dapur merupakan hal yang cukup rumit apalagi kalau Kamu mulai mencoba mencari tahu lebih lanjut cara memakai setiap jenis pisau yang ada.

Koki dari setiap restoran mengetahui bahwa pisau ialah salah satu alat terpenting dalam pekerjaannya. Tapi sebagai orang awam, kita umumnya tidak memikirkan berapa banyak pisau yang kita butuhkan untuk memasak.

Dilansir dari 5Minute Crafts, berikut panduan mengenai penggunaan pisau berdasarkan jenisnya.

Pisau koki

Cara Mengupas Nanas Tanpa Pisau, Ditonton 6 Juta Kali

Ilustrasi koki masak sup ular kobra. (Pexels)Ilustrasi koki. (Pexels)

Pisau jenis ini merupakan pisau besar dengan bilah yang panjangnya tidak kurang dari 20 cm. Awalnya pisau ini dimaksudkan untuk memotong daging sapi, namun saat ini digunakan untuk banyak sekali fungsi seperti memotong sayuran dan daging, dan memisahkan potongan besar.

Santoku
Santoku merupakan pisau koki versi Jepang, yang bentuknya sedikit berbeda dari pisau koki. Pisau ini sedikit lebih pendek dan bilahnya hampir tidak melengkung.

Cleaver
Pisau ini merupakan pisau besar yang diharapkan untuk memotong potongan daging tebal, dan digunakan untuk membelah tulang lunak serta memotong sayuran padat seperti labu.

Utility
Pisau ini biasanya mempunyai bentuk yang lebih runcing dibandingkan pisau koki. Seperti namanya, pisau ini dapat digunakan untuk banyak sekali alasan seperti memotong buah, daging lunak, dan sandwich.

Pisau sayur

Sulap Lahan Rumah Jadi Restoran, Muzdalifah Berhasil Gaet Pelanggan Pakai Cara Unik

Ilustrasi: Memasak makanan sehat. (Shutterstock)Ilustrasi (Shutterstock)

Pisau sayur biasanya berukuran kecil dan tidak dimaksudkan untuk memotong sayuran besar atau keras. Paling sering, lebih mudah untuk memotong buah dan sayuran kecil yang lembut seperti tomat, jahe, stroberi, dan lainnya. Pisau ini juga merupakan pisau paling baik untuk mengupas sayuran dan buah-buahan.

Tourne
Pisau ini merupakan pisau yang melengkung dengan bilah yang menyerupai paruh burung, biasanya digunakan untuk mengupas buah dan sayuran bulat.

Pisau keju
Ada banyak jenis pisau keju. Pisau berlubang digunakan untuk memotong keju lunak. Bila pisau mempunyai ujung bergerigi, cocok untuk keju parmesan dan keju brie. Tidak hanya berguna untuk mengiris keju, namun juga untuk menyajikannya.

Pemotong pizza
Pisau ini merupakan pisau yang mempunyai bilah bulat yang bisa berputar. Awalnya, pemotong pizza digunakan untuk memotong wallpaper.

Pisau roti

Roti sisir. (Youtube Chef Devina Hermawan)Ilustrasi Roti. (Youtube Chef Devina Hermawan)

Pisau roti mempunyai gerigi yang membantu Kamu memotong roti lembut tanpa mengubah bentuknya.

Pisau fillet
Pisau ini merupakan pisau yang panjang, tipis, dan fleksibel, terutama digunakan untuk memotong ikan fillet.

Pisau steak

Ilustrasi makan steak, daging merah. (Shutterstock)Ilustrasi makan steak, daging merah. (Shutterstock)

Pisau meja tajam dengan bilah bergerigi ini sering disebut pisau steak. Pisau ini disajikan dengan hidangan daging utuh.

Pisau dekoratif
Pisau ini digunakan untuk mengiris makanan lunak yang tidak biasa, seperti keju saat disajikan.

Pisau zest
Pisau ini merupakan jenis pisau lain dengan ruang pengaplikasian yang sangat sempit. Berkat lubangnya yang tajam, pisau ini bisa memotong kulit lemon, jeruk, jeruk bali, dan buah jeruk lainnya, terutama untuk tujuan dekoratif.

Pengupas sayuran
Pisau ini merupakan pisau yang tak tergantikan untuk mengupas lapisan tipis kulit kentang, apel, mentimun, serta buah dan sayuran lainnya. Jikalau Kamu perlu memotong beberapa sayuran menjadi irisan yang sangat tipis, pisau ini bisa membantu Kamu. Misalnya saat Kamu ingin membuat keripik. (Carissa Lim)

Comments