14 Gangguan Kesehatan Pada Manula, Kenali Sebelum Terlambat

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

14 Gangguan Kesehatan Pada Manula, Kenali Sebelum Terlambat

14 Gangguan Kesehatan Pada Manula, Kenali Sebelum Terlambat

KEPONEWS.COM - 14 Gangguan Kesehatan Pada Manula, Kenali Sebelum Terlambat SEIRING bertambahnya usia, maka penyakit yang datang juga semakin beragam. Paling tidak, ada 14 jenis gangguan kesehatan yang biasa dialami manula. Salah satunya adalah immobility, yang membuat manula...
Loading...

SEIRING bertambahnya usia, maka penyakit yang datang juga semakin beragam. Paling tidak, ada 14 jenis gangguan kesehatan yang biasa dialami manula. Salah satunya adalah immobility, yang membuat manula lebih banyak berbaring di tempat tidur.

Ternyata, gangguan kesehatan yang bisa membuat manula istirahat sampai berhari-hari, disebabkan banyak sekali hal, mulai dari nyeri sendi, kaku otot, ketidakseimbangan, dan psikologis.

Dampaknya ialah luka di bagian yang mengalami penekanan terus menerus berupa lecet bahkan infeksi, kelemahan otot, kekakuan otot dan sendi, infeksi paru-paru dan saluran kemih, dan konstipasi, jelas dokter Isbianto Sutedjo, spesialis penyakit dalam di RS dr. Oen Sangkar Sapi Solo seperti dilnasir dari Solopos.com.

Sementara gangguan berupa instability menyebabkan manula mudah jatuh. Penyebabnya bisa karena terpeleset, kehilangan kesadaran mendadak, vertigo, hipotensi orthostatik, penyakit, kekakuan sendi, kelemahan otot, gangguan pendengaran, gangguan penglihatan, serta gangguan keseimbangan.

Akibat yang ditimbulkan berupa cedera kepala, cedera jaringan lunak, sampai patah tulang.

Faktor lain yang menyebabkan instability merupakan alas kaki tidak sesuai, lantai licin, jalan tidak rata, penerangan kurang, atau adanya benda-benda di lantai yang membuat terpeleset. Karena yang ditimbulkan berupa cedera kepala, cedera jaringan lunak, sampai patah tulang.

Selanjutnya incontinence berupa buang air besar dan kencing tidak terkontrol. Penyebabnya infeksi saluran kemih, gangguan kesadaran, obat-obatan, dan psikologis yang mengakibatkan infeksi.

Gangguan kesehatan lainnya adalah intellectual impairment atau gangguan intelektual/demensia. Penyebabnya penyakit diabetes dan hipertensi. Dampaknya gangguan memori jangka pendek, gangguan persepsi, diorientasi waktu, tempat, dan orang, serta komunikasi tidak relevan.

Selanjutnya

Comments