12 Sumber Bau Tak Sedap Di Rumah Dan Cara Menghilangkannya

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

12 Sumber Bau Tak Sedap Di Rumah Dan Cara Menghilangkannya

12 Sumber Bau Tak Sedap Di Rumah Dan Cara Menghilangkannya

KEPONEWS.COM - 12 Sumber Bau Tak Sedap Di Rumah Dan Cara Menghilangkannya Bau tidak sedap tentunya sangat mengganggu indera penciuman Kamu. (Depositphotos) Bau tidak sedap tentunya sangat mengganggu indera penciuman Kamu, apalagi kalau bau tersebut berada dari peralatan di...
12 Sumber Bau Tak Sedap di Rumah dan Cara Menghilangkannya

Bau tidak sedap tentunya sangat mengganggu indera penciuman Kamu. (Depositphotos)

Bau tidak sedap tentunya sangat mengganggu indera penciuman Kamu, apalagi kalau bau tersebut berada dari peralatan di dalam rumah Kamu.

Banyak sekali kegiatan, seperti memasak misalnya, dapat menyebabkan timbulnya bau tidak sedap pada ruangan dan peralatan rumah.

Untuk mengatasinya, Kamu tidak perlu memakai pengharum ruangan atau bahkan mengganti peralatan tersebut, cukup gunakan beberapa bahan yang telah tersedia di rumah Kamu, seperti dilansir laman Reader's Digest berikut:

1. Bau amis

Potong buah lemon menjadi dua dan gosokkan pada tangan Kamu sebelum Kamu memasak ikan. Jikalau bau amis ikan masih menempel pada tangan, beri sedikit air pada tangan dan gosok tangan dengan baking soda, kemudian bilas dengan air hangat.

2. Bau pada tong sampah

Taburkan sejumlah baking soda ke dasar tong sampah setiap kali Kamu mengganti plastik sampah. Baking soda sangat efektif meredam bau yang kurang sedap.

3. Bau pada kulkas

Beragamnya makanan di dalam kulkas, dapat menimbulkan bau yang tidak sedap. Untuk mengatasinya, tempatkan semangkuk bubuk kopi di dalam kulkas semalaman. Selain kopi, Kamu juga bisa menaruh 3-4 kantong teh celup di dalam kulkas untuk menyerap bau di dalam kulkas.

4. Bau cat

Mengecat rumah bertujuan untuk mempercantiknya, namun bau cat yang tertinggal, dapat mengganggu para penghuni rumah. Kamu bisa menambahkan satu sendok makan ekstrak vanilla ke dalam cat, sebelum digunakan, untuk mengurangi bau cat.

5. Bau yang tertinggal di wadah makanan

Tuang sedikit moster (mustard) kuning ke dalam wadah dan tambahkan air hangat ke dalamnya. Kocok perlahan dan diamkan selama 15 menit, kemudian cuci wadah.

6. Bau pada bagian luar mobil

Campurkan 100 gram moster (mustard) kering dengan 11 liter air dan percikan cairan tersebut pada ban mobil dan bagian bawah mobil.

7. Bau pada sneakers

Masukkan beberapa helai daun sage pada sneakers sebelum Kamu memakainya. Daun sage berguna membunuh bakteri yang terdapat di dalam sneakers.

8. Bau asap masak

Kibaskan lap yang telah dicelupkan ke dalam cuka ke udara, untuk menghilangkan bau asap. Kamu juga bisa memanggang dua buah lemon selama 60-90 menit, dengan suhu 108 derajat celcius. Bukalah oven dan biarkan bau lemon di dalam oven berembus ke luar untuk menetralkan bau dapur Kamu.

9. Bau pada oven

Kalau Kamu membersihkan oven dengan cairan pembersih, biasanya cairan tersebut meninggalkan bau kimia yang kuat. Untuk mengatasinya, lap bagian dalam oven dengan spons yang telah dicelupkan ke dalam cuka putih, ketika oven sudah dibersihkan. Tunggu sampai cuka mengering, sebelum Kamu menyalakan oven kembali.

10. Bau pada microwave

Masukkan beberapa sendok makan ekstrak vanilla ke dalam microwave selama satu menit dan dalam suhu yang tinggi. Bila bau tersebut belum hilang, tunggu ekstrak vanilla tersebut dingin dan ulangi proses tersebut.

11. Bau pada bagian dalam mobil

Letakkan mangkuk berisi cuka putih pada lantai mobil Kamu semalaman. Bila jok Kamu terbuat dari bahan vinyl, taburkan baking soda di atas jok dan ratakan dengan tangan atau sikat. Diamkan semalaman dan tutup rapat pintu dan jendela mobil. Gunakan penyedot debu (vacuum) untuk membersihkan baking soda tersebut.

Untuk menghindari timbulnya bau kurang sedap, letakkan biji kopi atau baking soda di di dalam mobil.

12. Bau pada lubang saluran air

Tuangkan 300 gr garam ke dalam lubang saluran, lalu tuang 360 gr baking soda, dan satu teko air mendidih.

Rekomendasi

Comments