12 Penyebab stroke, gejala dan cara mengatasinya

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

12 Penyebab stroke, gejala dan cara mengatasinya

12 Penyebab stroke, gejala dan cara mengatasinya

KEPONEWS.COM - 12 Penyebab stroke, gejala dan cara mengatasinya 6. Makanan tak sehat. foto: freepik.com Penyakit juga bisa muncul dari makanan yang tidak sehat. Mengonsumsi makanan tidak baik, akan meningkatkan risiko stroke lebih tinggi. Maka dari itu pilihlah m...

6. Makanan tak sehat.

foto: freepik.com

Penyakit juga bisa muncul dari makanan yang tidak sehat. Mengonsumsi makanan tidak baik, akan meningkatkan risiko stroke lebih tinggi. Maka dari itu pilihlah makanan yang sekiranya punya nutrisi tinggi untuk tubuh. Kurangi makanan yang terlalu mengandung lemak jahat dan manis.

7. Kolesterol.

foto: freepik.com

Penyakit itu sebenarnya bisa saling berhubungan. Apabila kolesterol dalam darah naik, bisa menyebabkan serangan jantung, dyslipidaemia, penyumbatan pembuluh darah, menghambat peredaran darah ke dan dari jantung. Hingga pada akhirnya akan berujung stroke.

8. Diabetes.

foto: freepik.com

Penderita stroke sering mempunyai tekanan darah tinggi dan lebih cenderung kelebihan berat badan. Diabetes dapat merusak pembuluh darah, yang membuat risiko stroke naik drastis. Kalau kamu mengalami stroke saat kadar gula darah tinggi, risiko cedera pada otak akan lebih besar.

9. Obat-obatan.

foto: freepik.com

Beberapa obat-obatan dapat meningkatkan risiko terkena stroke. Misalnya, obat pengencer darah, yang disarankan dokter untuk mencegah pembekuan darah, kadang-kadang dapat membuat stroke lebih mungkin terjadi melalui perdarahan. Estrogen dosis rendah dalam pil KB juga dapat membuat risiko stroke lebih tinggi.

10. Usia.

foto: freepik.com

Siapapun bisa mengalami stroke, bahkan bayi dalam kandungan. Namun risiko stroke naik seiring bertambahnya usia. Seringnya penderita stroke berkisar umur 55 tahun.

11. Keturunan.

foto: freepik.com

Stroke dapat terjadi karena keturunan dalam keluarga. Apabila ada kerabat atau keluargamu yang punya tekanan darah tinggi atau diabetes, membuat risiko stroke padamu juga lebih tinggi.

12. Jenis kelamin.

foto: freepik.com

Dilansir dari webmd.com, wanita sedikit lebih kecil kemungkinannya mengalami stroke daripada pria pada usia yang sama. Tetapi wanita mengalami stroke pada usia lanjut, yang membuat mereka lebih kecil kemungkinannya untuk pulih dan lebih besar kemungkinannya untuk mati.

Comments