12 Pahlawan di Uang Rupiah Baru Indonesia 2016

Tokoh

Ragam / Tokoh

12 Pahlawan di Uang Rupiah Baru Indonesia 2016

12 Pahlawan di Uang Rupiah Baru Indonesia 2016

KEPONEWS.COM - 12 Pahlawan di Uang Rupiah Baru Indonesia 2016 Bank Indonesia (BI) akan meluncurkan uang NKRI dengan desain baru. Dijadwalkan, uang yang menampilkan 12 pahlawan nasional tersebut diluncurkan pada hari ini, Senin (19/1/2016) pukul 09.00. Dalam renc...
Biografi Profil Biodata Para Pahlawan pada Uang Baru Indonesia 2016 - Bank Indonesia Uang Rupiah Baru NKRIBank Indonesia (BI) akan meluncurkan uang NKRI dengan desain baru. Dijadwalkan, uang yang menampilkan 12 pahlawan nasional tersebut diluncurkan pada hari ini, Senin (19/1/2016) pukul 09.00. Dalam rencana kegiatannya peluncuran uang yang bertempat di gedung bank Indonesia Jl Thamrin Jakarta Pusat tersebut akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo serta sejumlah menteri. Direktur Departemen Komunikasi BI Arbonas Hutabarat menyebut, meski ada uang dengan desain baru, uang rupiah yang ada ketika ini tetap berlaku sebagai alat pembayaran yang sah. Nah, siapa saja 12 orang pahlawan nasional yang diabadikan sebagai gambar muka pada uang NKRI desain baru tersebut? Berikut daftarnya :

1. Dr Ir Soekarno (Proklamator kemerdekaan RI, Presiden Pertama RI)
2. Drs Mohammad Hatta (Proklamator kemerdekaan RI, Wakil Presiden Pertama RI)
3. Ir H Djuanda Kartawidjaja (Pengukuh kedaulatan Indonesia)
4. Letjen TNI TB Simatupang (Pelindung kemerdekaan Indonesia)
5. Dr Tjipto Mangunkusumo (Pendiri Tiga Serangkai)
6. Prof Dr Ir Herman Johannes (Pelindung paripurna Indonesia)
7. Mohammad Hoesni Thamrin (Perintis revolusi kemerdekaan Indonesia)
8. Tjut Meutia (Pejuang kemerdekaan Indonesia dari era kolonial Belanda)
9. Mr I Gusti Ketut Pudja (Tokoh penentu NKRI)
10. Dr GSSJ Ratulangi (Gubernur pertama Sulawesi)
11. Frans Kaisiepo (Pahlawan kemerdekaan Indonesia)
12. Dr KH Idham Chalid (Guru besar Nahdatul Ulama)

Dari berita resmi yang dirilis oleh Bank Indonesia, masyarakat bisa mulai mendapatkan uang dengan desain baru tersebut setelah diluncurkan. Selain di Bank Indonesia, masyarakat bisa menukarkan uangnya dengan uang desain baru di Blok M Square, Jakarta Selatan. Tempat penukaran uang desain baru di Blok M Square dijadwalkan dibuka pada pukul 11.00 atau setelah acara peluncuran. Gubernur BI Agus Martowardojo juga akan hadir di tempat ini.

Comments