12 Cara menghilangkan jerawat batu secara mudah, cepat dan ampuh

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

12 Cara menghilangkan jerawat batu secara mudah, cepat dan ampuh

12 Cara menghilangkan jerawat batu secara mudah, cepat dan ampuh

KEPONEWS.COM - 12 Cara menghilangkan jerawat batu secara mudah, cepat dan ampuh Jerawat ialah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Masalah jerawat seringkali dialami para remaja. Biasanya masalah ini membuat kamu merasa...

Jerawat ialah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Masalah jerawat seringkali dialami para remaja. Biasanya masalah ini membuat kamu merasa tidak nyaman dan tidak percaya diri untuk menjalankan aktivitas. Jerawat biasnya akan hilang seiring dengan pertumbuhan hormon. Namun jerawat batu atau Cystic acne, mempunyai waktu yang lama untuk hilang.

Seorang peneliti masalah jerawat ternama berpendapat bahwa tidak ada satu orang pun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa jerawat di kulitnya. Penyebab munculnya jerawat kemungkinan karena perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak kulit. Perubahan hormonal lainya dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat seperti saat menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB, dan stres.

Jerawat batu merupakan jerawat yang cukup menggangu dengan peradangan hebat yang berkumpul di bagian wajah. Hal ini juga biasanya disebabkan dari faktor genetik yang mempunyai keluarga dekat dan menderita jerawat jenis ini.

Berikut rangkum dari banyak sekali sumber 12 cara menghilangkan jerawat batu secara mudah, cepat dan ampuh.

1. Memakai lidah buaya.

obat jerawat batu istimewa

foto: unsplash.com

Lidah buaya mempunyai banyak manfaat, salah satunya sebagai cara menghilangkan jerawat batu. Cara untuk dapat manfaat lidah buaya dengan mengupas kulitnya. Kemudian, kamu dapat mengoleskan gel yang dihasilkan di seluruh wajah. Dengan cara ini, jerawat batu akan mengelupas dan mengering selama tiga hari. Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukanlah pada pagi dan malam hari secara rajin.

2. Memakai pepaya.

obat jerawat batu istimewa

foto: unsplash.com

Pepaya mempunyai viatamin C yang tinggi dan berguna untuk kulit wajah dan bagian kulit lainya. Yang perlu kamu lakukan ialah membuat pepaya menjadi masker wajah. Cara membuatnya cukup mudah, hanya membuat pepaya menjadi pasta. Kemudian campurkan masker pepaya tersebut dengan air, dan masker pepaya pun siap untuk digunakan. Kamu tetap dapat memakai masker pepaya, walupun wajah sudah bersih dari jerawat.

3. Memakai es batu.

obat jerawat batu istimewa

foto: unsplash.com

Biasanya es batu hanya menjadi pelengkap untuk minuman. Namun, es batu juga mempunyai manfaat untuk wajah loh! Kamu hanya perlu mengompres jerawat batu dengan es batu, hal ini dapat mengurangi peradangan pada jerawat dan menyembuhkan secara perlahan. Selain itu, es batu juga akan mengurangi pembengkakan pada area sekita jerawat.

4. Memakai jeruk nipis.

obat jerawat batu istimewa

foto: unsplash.com

Cara menghilangkan jerawat batu dengan memakai jeruk nipis ialah cara paling efektif. Hal ini disebabkan karena jeruk nipis mempunyai vitamin C yang sangat tinggi. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu hanya perlu rajin melakukan perawatan memakai jeruk nipis. Caranya hanya dengan mengoleskan cairan dari jeruk nipis ke wajah dan rasakan manfaatnya.

5. Memakai bawang putih.

obat jerawat batu istimewa

foto: unsplash.com

Pada dasarnya cara menghilangkan jerawat batu hampir sama dengan cara menghilangkan jerawat biasa. Perbedaannya hanya terdapat pada seberapa lama perawatan tersebut dilakukan. Bawang putih dapat digunakan dengan cara mengoleskannya pada bagian yang ditumbuhi yang jerawat. Setelahnya, tunggu beberapa menit, kemudian bilas. Bawang putih mempunyai antioksidan yang tinggi. Sehingga dapat membantu membunuh bakteri yang ada pada jerawat.

6. Memakai mengkudu.

obat jerawat batu istimewa

foto: freepik.com

Mengkudu merupakan tanaman obat yang mudah ditemui di indonesia. Mengkudu mempunyai antioksida tinggi yang dapat membantu menyembuhkan jerawat. Caranya, dengan membuat mengkudu menjadi pasta. Setelahnya, bubuhkan pasta mengkudu pada jerawat, dan tunggu beberapa menit, kemudian bilas dengan air bersih. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, lakukan ini secara rajin sehingga jerawat sembuh dengan cepat.

7. Madu.

obat jerawat batu istimewa

foto: unsplash.com

Madu mempunyai banyak manfaat untuk perawatan wajah, termasuk untuk menghilangkan jerawat. Banyak produk kecantikan yang memakai madu sebgai bahan utamanya. Cara menggunkan madu hanya dengan mengoleskan madu di wajah sebagai masker. Untuk mendaptkan hasil maksimal, kamu harus rajin memakai masker madu ini.

8. Menguap wajah.

obat jerawat batu istimewa

foto: unsplash.com

Jerawat batu ataupun jerawat biasa, biasanya terjadi karena minyak yang berlebihan pada wajah. Cara menghilangkan jerwat batu dengan penguapan wajah ialah cara yang mudah untuk dilakukan. Kamu hanya perlu menyiapkan air hangat, diamkan posisi wajah di atas air selama beberapa menit dan kemudian cuci wajah dengan air dingin. Cara ini berfungsi untuk membuka pori-pori yang menyimpan minyak berlebihan dan mengeluarkannya.

9. Memakai tanaman mahkota dewa.

obat jerawat batu istimewa

foto: freepik.com

Walau banhyak orang mengatakan tanaman mahkota dewa mempunyai rasa yang pahit, namun tanaman ini mempunyai manfaat yang beragam. Tanaman mahkota dewa dapat membantu menghilangkan jerawat batu, karena mempunyai khasiat antiperadangan dan anti iritasi. Cara memakai tanaman mahkota dewa untuk menyembuhkan jerawat pun tidak terlalu sulit dilakukan. Kamu hanya perlu menghaluskannya, kemudian letakan ramuan itu pada bagian yang berjerawat.

10. Perbanyak konsumsi buah dan sayur.

obat jerawat batu istimewa

foto: unsplash.com

Mengkonsumsi buah dan sayur secara rajin dapat membantu menghilangkan jerawat. Tidak hanya menghilangkan jerawat batu, vitamin yang banyak dihasilkan sayur dan buah tersebut dapat membantu pencegahan jerawat muncul kembali. Contoh buah dan sayur yang dapat membantu mencegah jerawat batu, seperti tomat, wortel, jeruk, serta sayuran berdaun hijau.

11. Memakai kentang.

obat jerawat batu istimewa

foto: unsplash.com

Ketang ialah salah satu jenis umbi-umbian yang sangat berguhna bagi tubuh, karena mempunyai nilai gizi yang tinggi. Selain itu kamu juga dapat meanfaatkan kentang sebagai obat penghilang jerawat secara alami. Caranya, cuci bersih kentang terlebih dahulu, kemudian parut atau blender kentang, lalu gunakan sebagai masker pada wajah, setelah itu cuci wajah memakai air hangat.

12. Pasta gigi.

obat jerawat batu istimewa

foto: freepik.com

Fluoride, triclosan, hidrogen peroksida ialah beberapa bahan aktif dalam pasta gigi yang dapat mencegah iritasi kulit, mengeringkan jerawat dan mengurangi cadangan pada wajah. Caranya, kamu hanya perlu mengoleskan pasta gigi pada jerawat dan hindari mengoleskan pasta gigi ke seluruh area kulit. Kemudian, biarkan selama kurang lebih 2 jam atau semalaman. Selanjutnya, kamu dapat membilas wajah dengan air dingin dan keringkan. Sebaiknya hindari penggunaan pasta gigi jikalau kulit kamu sensitif.

reporter: mgg/gusti ridani

Comments