12 Aplikasi Arah Kiblat Paling Akurat untuk Android dan iOS

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

12 Aplikasi Arah Kiblat Paling Akurat untuk Android dan iOS

12 Aplikasi Arah Kiblat Paling Akurat untuk Android dan iOS

KEPONEWS.COM - 12 Aplikasi Arah Kiblat Paling Akurat untuk Android dan iOS Ilustrasi salat. (Pixabay) Berikut ini 12 software arah kiblat yang bisa berguna dalam keseharian, kamu bisa mendapatkannya untuk smartphone Android dan iOS. Salah satu syarat sah Sholat ialah menghad...

Ilustrasi salat. (Pixabay)

Berikut ini 12 software arah kiblat yang bisa berguna dalam keseharian, kamu bisa mendapatkannya untuk smartphone Android dan iOS.

Salah satu syarat sah Sholat ialah menghadap kiblat. Kiblat merupakan acuan arah bagi umat muslim yang ingin melaksanakan ibadah shalat. Arah kiblat sendiri mengacu pada Ka'bah yang berlokasi di Masjidil Haram, Kota Mekah, Arab Saudi. Bagi umat muslim Indonesia, arah kiblat berpatokan ke sekitar arah barat laut.

Dalam menentukan arah kiblat dapat ditentukan memakai kompas atau penunjuk mata angin. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) memaparkan bahwa kompas sebagai alat navigasi bisa turut digunakan untuk menentukan arah kiblat. Meskipun arah kiblat dapat mengacu pada bayangan dari cahaya matahari.

Ada beberapa cara mengetahui arah kiblat dengan mudah dan akurat adalah memakai software. Software arah kiblat ini sudah banyak tersedia di Google Play Store maupun Apple App Store. Software arah kiblat ini tentu akan memudahkan kamu menemukan arah kiblat saat sedang berpergian.

Berikut 12 software arah kiblat yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

1. Qibla Finder

Qibla Finder/qiblafinder.withgoogle.comQibla Finder/qiblafinder.withgoogle.com

Software arah kiblat Qibla Finder ini sudah didownload lebih dari 23 ribu pengguna di Google Play Store. Kamu juga bisa memilih tema desain saat memakai software pencari kiblat.

Software arah kiblat ini tak hanya membantu pengguna mencari kiblat yang langsung dengan melacak lokasi ka'bah, namun juga kamu bisa menemukan kalender Islam yang akurat.

2. Muslim Pro

Situs resmi aplikasi Muslim Pro. (muslimpro.com)Situs resmi software Muslim Pro. (muslimpro.com)

Software arah kiblat populer satu ini mempunyai beragam fungsi, tak hanya mencari kiblat namun juga menyediakan waktu sholat beserta adzan. Tak hanya itu, dengan software ini kamu juga bisa belajar Al Quran serta terjemahan yang memperkuat ibadah puasa.

3. Arah Kiblat 100%

Software arah kiblat ini memakai fasilitas GPS yang akan menentukan arah kiblat dengan akurasi tinggi. Kamu bisa memakai software ini saat mengunjungi tempat baru untuk menemukan arah kiblat.

4. Arah Kiblat Indonesia

Aplikasi Pencari Arah Kiblat. (Play Store)Software Pencari Arah Kiblat. (Play Store)

Software arah kiblat ini sangat spesifik untuk menentukkan arah untuk orang Indonesia. Fasilitas kompas di sebelah pencari kiblat ini bahkan tak memerlukan internet dan GPS.

5. Prayer Times and Qibla

Tak hanya menentukan arah kiblat, namun software satu ini juga bisa mejadi pengingat waktu sholat. Software arah kiblat ini juga menyokong beberapa bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.

6. Waktu Sholat, Imsak, dan Kiblat.

Waktu Sholat, Imsak, dan Kiblat bisa menjadi software yang paling diandalkan bagi banyak umat muslim. Lewat software ini, kamu tidak perlu khawatir tidak bisa menentukan arah kiblat.

Selain mempunyai fasilitas penunjuk arah kiblat, software ini juga mempunyai perhitungan waktu salat yang sangat akurat. Kamu tidak akan ketinggalan waktu shalat dan dipastikan tepat waktu.

7. Visual Qiblah.

Visual Qiblah menjadi software yang begitu menguntungkan banyak umat Islam, pasalnya software arah kiblat ini menghitung arah kiblat dari arah utara yang akurat dan bisa memberikan berita tambahan soal arah kiblat. Software arah kiblat ini bahkan memakai rumus menghitung arah kiblat secara akurat untuk jarak 0,5 mm di bumi.

Menariknya, Visual Qiblah menyokong banyak sekali pilihan bahasa, mulai dari Indonesia, Turki, Rusia dan Prancis.

8. Salaam

Salaam merupakan software yang dikembangkan oleh PT Samsung Electronics Indonesia. Salaam menjadi software pengingat sholat pertama di Indonesia. Fasilitas yang bisa kamu dapatkan disana terbilang cukup banyak, seperti Al-Quran dalam media digital, jadwal waktu sholat, penunjuk arah kiblat, konten harian dan kontekstual berisi hadis, doa, ayat dan kontekstual berdasarkan kalender hijriyah, panduan haji dan umroh.

Software arah kiblat ini memakai Alquran versi digital yang telah mendapatkan Sertifikat Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran dari Kementerian Agama Republik Indonesia.

9. Qibla Compass: A Minimal Qibla Direction Locator

Software arah kiblat ini dikembangkan oleh developer Naaz Apps ini memungkinkan untuk bisa menemukan arah kiblat sholat yang akurat dan akan secara otomatis mendeteksi lokasi kamu berada. Software arah kiblat ini juga bisa kamu gunakan secara offline.

Jadi tak perlu khawatir bila tidak mempunyai paket internet akan kebingungan menentukan arah kiblat. Namun, untuk tetap bisa memakai fiturnya, kamu harus mengaktifkan GPS.

10. Qibla Locator

Software arah kiblat ini dikembangkan oleh Soul Apps World Tech dan dilengkapi banyak sekali fasilitas menarik. Mulai dari penentu arah kiblat, waktu sholat, suara adzan, kalender Hijriyah, dan beragam tema kompas kiblat yang bisa dipilih sesuai selera. Software arah kiblat Qibla Locator dapat digunakan secara offline.

11. Find Qibla Pro

Software arah kiblat ini menunjukkan arah kiblat dengan visualisasi kompas yang cantik. Untuk bisa memastikan presisi kompas, kamu bisa memeriksa ikon matahari di dial kompas.

12. Islamic Compass Qibla Direction

Serupa dengan Find Qibla Pro, software arah kiblat ini akan membantumu menemukan arah kiblat dengan memakai kompas yang didukung fasilitas GPS pada smartphone. Kamu juga bisa mengubah tema software ini sesuka hati.

Itulah 12 software arah kiblat yang tersedia untuk Android maupun iOS.

Kontributor: Afifah Cinthia Pasha

Comments