11 Minuman penurun gula darah, efektif bagi orang puasa

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

11 Minuman penurun gula darah, efektif bagi orang puasa

11 Minuman penurun gula darah, efektif bagi orang puasa

KEPONEWS.COM - 11 Minuman penurun gula darah, efektif bagi orang puasa Hampir setiap orang menyukai makanan dan minuman yang manis. Kebiasaan itu membuat gula darah seseorang naik. Pada awalnya gula darah yang naik memang tidak akan dirasakan oleh orang. Namun jikalau me...
Loading...

Hampir setiap orang menyukai makanan dan minuman yang manis. Kebiasaan itu membuat gula darah seseorang naik. Pada awalnya gula darah yang naik memang tidak akan dirasakan oleh orang. Namun jikalau melebihi angka normal, bisa rentan terkena penyakit diabetes.

Selain dari konsumsi menu manis, diabetes juga bisa terjadi karena faktor genetik dan pola diet yang salah. Apabila kadar gula atau glukosa sudah meningkat dan terindikasi diabetes, maka akan menyebabkan penyakit kronis lainnya. Adapun penyakit yang dimaksud di antaranya jantung, ginjal, bahkan stroke.

Berbicara mengenai diabetes, beberapa penderita dianjurkan untuk tidak berpuasa. Usut punya usut, ketika berpuasa biasanya orang cenderung susah mengatur pola makan dengan baik. Dilansir dari diabetes.co.uk, bagi penderita diabetes bisa dibebaskan dari keharusan puasa kalau membuat kesehatannya menurun.

Meskipun kamu tidak mempunyai diabetes, pada puasa cenderung sering mengonsumsi makanan manis untuk berbuka. Kebiasaan itu rentan menyebabkan kadar gula darah meningkat. Salah satu cara mudah agar bisa mengontrol kadar gula darah merupakan mengonsumsi menu yang bisa menstabilkan glukosa. Berikut rangkuman dari banyak sekali sumber, 11 minuman yang bisa menurunkan gula darah pada Kamis (16/5).

1. Susu rendah lemak.

minuman gula darah pixabay

foto: pixabay.com

Susu rendah lemak dapat menurunkan berat badan pada penderita diabetes tipe 2. Membantu menjaga fungsi-fungsi penting pada tubuh. Susu ialah minuman sehat, dapat mengurangi tekanan darah tinggi pada penderita diabetes.

2. Teh hijau.

minuman gula darah pixabay

foto: pixabay.com

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal BMC Farmacology, teh hijau atau green tea menurunkan kadar glukosa darah pada penderita diabetes. Para peneliti mengklaim bahwa teh hijau efektif dalam mengelola diabetes.

3. Air putih.

minuman gula darah pixabay

foto: pixabay.com

Air putih memang dikenal sangat baik bagi kesehatan. Dilansir dari healthline, salah satu minuman yang dapat mengontrol gula darah ialah air putih. Minumlah air putih yang cukup, agar gula darah tatap terkontrol. Selain untuk mencegah gila darah, air putih juga mempunyai peran penting demi menjaga kesehatan ginjal.

4. Minuman yang terkandung cuka sari apel.

minuman gula darah pixabay

foto: pixabay.com

Menambahkan cuka sari apel ke makanan dan minuman dapat membantu kesehatan tubuh, terutama kadar gula darah. Cuka sari apel terbukti secara signifikan bisa mempengaruhi respons tubuh terhadap gula. Cuka sari apel juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh.

5. Yogurt.

minuman gula darah pixabay

foto: pixabay.com

Mengonsumsi yogurt tawar setiap hari dapat mengurangi diabetes. Yogurt merupakan produk susu yang dapat menurunkan risiko naiknya gula dalam darah. Yogurt bahkan dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. Yang terpenting ialah menghindari yogurt manis dan beraroma.

6. Jus semangka.

minuman gula darah pixabay

foto: pixabay.com

Semangka merupakan buah yang mempunyai kadar air tinggi. Buah ini rendah kadar gula sehingga buah ini salah satu yang dapat menurunkan diabetes. Selain itu, semangka juga bisa dikonsumsi langsung atau dibuat jus. Apabila dibuat jus, maka kandungan air akan lebih banyak.

7. Jus beri.

minuman gula darah pixabay

foto: pixabay.com

Buah beri termasuk buah asam alami. Kandungannya dapat mengontrol gula darah dengan baik. Buah beri bisa diolah menjadi jus. Campurkan beri, stroberi, dan raspberry menjadi satu. Selain sehat, minuman ini sangat lezat.

8. Jus mentimun.

minuman gula darah pixabay

foto: pixabay.com

Dilansir dari boldsky, mentimun mengandung kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, asam amino, vitamin B1, vitamin C, dan vitamin B2 yang tinggi. Minum jus mentimun dapat membantu mengurangi kadar gula darah. Mentimun juga mempunyai kemampuan untuk mengurangi panas, menghilangkan peradangan, mengurangi pembengkakan dan mengobati radang sendi.

9. Air kelapa.

minuman gula darah pixabay

foto: pixabay.com

Air kelapa diperkaya dengan banyak vitamin esensial, mineral, dan asam amino. Setiap cangkir air kelapa mengandung 0,1 mg riboflavin, 5,8 mg vitamin C, 57,6 mg kalsium, 60 mg magnesium, 600 mg potasium, 252 mg natrium, dan 0,3 mg mangan. Air kelapa mempunyai kemampuan yang kuat untuk menjaga kadar gula darah tetap terjaga, sehingga membuatnya menjadi minuman sehat untuk diabetes.

10. Jus pare.

minuman gula darah pixabay

foto: pixabay.com

Pare yang pahit merupakan minuman sehat untuk diabetes. Ini sangat baik untuk mengobati diabetes tipe-1 dan diabetes tipe-2. Kandungan dalam pare dapat mempengaruhi saluran transportasi untuk glukosa. Jus pare bermanfaat dan berdampak pada toleransi glukosa serta profil lipid.

11. Teh chamomile.

minuman gula darah pixabay

foto: pixabay.com

Teh chamomile mengandung antioksidan dalam jumlah tinggi dan tidak mengandung kalori, menjadikannya teh chamomile cocok untuk diabetes. Teh ini mempunyai dampak menguntungkan, mengontrol glikemik (angka yang menunjukkan potensi gula darah) pada pasien diabetes tipe-2. Konsumsi teh chamomile secara teratur dapat menurunkan kadar gula darah dan mencegah kerusakan saraf dan peredaran darah, penyakit ginjal, dan kebutaan.

RECOMMENDED
Loading...
Loading...

Comments