11 Cara menghilangkan panu di wajah pakai bahan alami, mudah dan cepat

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

11 Cara menghilangkan panu di wajah pakai bahan alami, mudah dan cepat

11 Cara menghilangkan panu di wajah pakai bahan alami, mudah dan cepat

KEPONEWS.COM - 11 Cara menghilangkan panu di wajah pakai bahan alami, mudah dan cepat Panu atau tinea versicolor merupakan penyakit kulit yang sangat mengganggu penampilan. Penyakit ini biasanya dialami oleh masyarakat yang tinggal di iklim tropis dan lembap seperti Indonesia. Dilansir...

Panu atau tinea versicolor merupakan penyakit kulit yang sangat mengganggu penampilan. Penyakit ini biasanya dialami oleh masyarakat yang tinggal di iklim tropis dan lembap seperti Indonesia.

Dilansir dari Healthline.com, panu muncul disebabkan oleh jamur Malassezia furfur. Jamur ini bisa muncul di area kulit yang sehat, namun bila tumbuh berlebihan akan menyebabkan infeksi. Ada beberapa pemicu timbulnya panu, seperti cuaca lembap, kulit berkeringat dan berminyak, hingga mengalami penurunan sistem imun.

Sementara itu, untuk gejala awal penyakit ini, seseorang akan mengalami bercak kulit warna lebih pudar dari warna kulit, bentuknya bulat dan tidak beraturan. Dan kalau disentuh akan terasa seperti sisik. Biasanya panu timbul di area yang tertutup pakaian, namun sebagian orang mengalami panu di area wajah.

Munculnya panu di area wajah tentu akan menurunkan kepercayaan diri seseorang. Untungnya sudah banyak cara menghilangkan panu di wajah yang alami dan sederhana. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya seperti dirangkum dari Healthline dan self.com, Jumat (31/12).

1. Jeruk nipis. Cara menghilangkan panu secara alami pixabay

foto: pixabay.com

Dalam jeruk nipis, terdapat kandungan flavonoid sebagai antioksidan yang kuat. Antioksidan tersebut dapat melindungi kulit dari radikal bebas. Sehingga akan menstabilkan sel-sel kulit yang rusak.

Ada pula kandungan asam sitrat pada jeruk nipis sebagai antibakteri dan antijamur yang dapat mengatasi masalah panu. Kandungan vitamin C pada jeruk nipis juga dipercaya ampuh menghilangkan panu di wajah.

Cara pemakaiannya, kamu bisa mencampurkan satu sendok makan air perasaan jeruk nipis dengan satu sendok makan belerang yang sudah ditumbuk halus. Ketika sudah tercampur dan mempunyai tekstur seperti krim, oleskan pada wajah yang terdapat panu. Diamkan beberapa menit kemudian bersihkan dengan air hangat.

2. Lengkuas. Cara menghilangkan panu secara alami pixabay

foto: pixabay.com

Lengkuas ternyata tak hanya dijadikan sebagai pelengkap makanan, tapi juga sebagai cara menghilangkan panu di wajah. Menurut penelitian yang dilakukan ilmuwan di Korea, kandungan antioksidan dalam lengkuas dapat menghambat produksi radikal bebas seperti, oksida nitar dan lipopolisakarida yang dipercaya bisa membasmi panu.

Cara pengaplikasiannya dengan menyiapkan lengkuas segar kemudian potong dadu. Setelah itu oleskan lengkuas itu ke area panu. Lakukan selama lima menit dan cuci bersih.

3. Bawang putih. Cara menghilangkan panu secara alami pixabay

foto: pixabay.com

Kita tahu bahwa bawang putih mempunyai banyak senyawa yang bagus untuk kesehatan dan juga kecantikan. Kandungan allicin pada bawang putih berguna sebagai antibakteri yang dapat menghilangkan komedo di wajah.

Kamu bisa menyiapkan satu siung bawang putih kemudian potong menjadi dua bagian. Setelah itu gosok bawang putih ke area wajah yang terdapat panu selama lima menit. Lakukan perawatan ini 2 kali sehari untuk hasil maksimal.

4. Kunyit. Cara menghilangkan panu secara alami pixabay

foto: pixabay.com

Kita tahu ada banyak manfaat yang terdapat dalam kunyit. Salah satunya ialah minyak volatile yang bermanfaat untuk antiinflamasi. Ada juga kandungan kurkumin yang dapat menangkal dan mengatasi radikal bebas. Ternyata dua kandungan itu bisa mengatasi masalah panu lho.

Caranya, kamu perlu menyiapkan satu ruas kunyit yang sudah dikupas. Kemudian oleskan pada bagian wajah yang mempunyai panu selama 5 menit. Diamkan hingga mengering kemudian bilas dengan air biasa.

5. Belimbing wuluh. Cara menghilangkan panu secara alami pixabay

foto: pixabay.com

Banyak orang yang tak suka dengan rasa belimbing wuluh karena sangat asam. Padahal belimbing wuluh mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan. Belimbing wuluh mengandung glukosid, tanin, asam format, peroksida, saponin, kalsium oksalat, sulfur, dan kalium sitrat yang dipercaya ampuh menghilangkan panu.

Cara penggunaannya, kamu bisa siapkan 1 buah belimbing wuluh dan potong-potong jadi 4 bagian. Kemudian usapkan belimbing wuluh ke wajah yang terdapat panu selama 5 menit. Kemudian diamkan hingga mengering. Lakukan perawatan ini setiap malam agar hasil maksimal.

6. Minyak kelapa. Cara menghilangkan panu secara alami pixabay

foto: pixabay.com

Kandungan antibakteri pada minyak kepala ternyata bisa menghambat pertumbuhan jamur yang bisa menyebar ke seluruh permukaan kulit.

Siapkan minyak kelapa atau virgin oil dan oleskan ke permukaan kulit wajah yang terkena infeksi jamur. Setelah itu diamkan hingga mengering. Lakukan perawatan ini rajin setiap hari untuk hasil yang maksimal.

7. Tea tree oil. Cara menghilangkan panu secara alami pixabay

foto: pixabay.com

Kandungan dalam minyak pohon teh ternyata sangat bagus sebagai antiseptik untuk menyembuhkan jamur yang menyerang kulit wajah. Tea tree oil ini bisa membunuh jamur yang menyebabkan panu.

Caranya, campurkan 5 tetes tea tree oil, 1 sendok teh minyak kelapa, minyak oregano dan 5 tetes minyak lavender, kemudian aduk sampai rata. Usapkan ramuan minyak itu ke area wajah yang terkena panu dengan memakai cotton bud atau kapas.

8. Minyak oregano. Cara menghilangkan panu secara alami pixabay

foto: pixabay.com

Dalam minyak oregano, terdapat kandungan carvacrol yang dapat membunuh jamur, virus, parasit, dan alergi. Karena kandungan tersebut bekerja sebagai penangkal virus dan jamur.

Untuk caranya sendiri kamu bisa meneteskan minyak oregano pada permukaan kulit yang terkena panu. Kemudian diamkan hingga mengering. Kamu bisa melakukan perawatan ini rajin setiap hari untuk hasil yang maksimal.

9. Cuka apel. Cara menghilangkan panu secara alami pixabay

foto: pixabay.com

Cuka apel sangat bagus untuk kesehatan. Selain itu cuka apel juga mengandung zat antimikroba. Kandungan zat tersebut bisa membantu kulit mengontrol pertumbuhan jamur di area wajah.

Kamu bisa siapkan 1 sendok makan cuka apel dan 1 sendok makan air hangat. Kemudian siapkan kapas atau cotton bud sebagai aplikator untuk mengoleskan ke wajah. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

10. Lidah buaya. Cara menghilangkan panu secara alami pixabay

foto: pixabay.com

Ada banyak manfaat yang terkandung dalam lidah buaya. Salah satunya sifat antiinflamasi dan antijamur yang dapat menghilangkan panu di wajah dengan cepat dan mudah. Lidah buaya juga bisa menghambat pertumbuhan jamur di permukaan kulit yang lain.

Caranya, siapkan gel lidah buaya kemudian oleskan pada area kulit yang terkena panu. Lakukan perawatan ini 2 kali sehari secara rajin untuk dapatkan hasil yang maksimal.

11. Daun pandan. Cara menghilangkan panu secara alami pixabay

foto: pixabay.com

Daun pandan biasanya dijadikan sebagai bahan pewarna dan pewangi alami untuk makanan. Namun daun ini juga berguna mengatasi panu lho. Daun pandan mempunyai kandungan saponin, polifenol, tanin, pigmen, alkaloida yang dapat menjaga kebersihan kulit dari bakteri dan jamur.

Berbeda dengan metode bahan alami lainnya. Kamu bisa membuat ramuan daun pandan dan air kemudian rebus hingga mendidih dan campurkan sedikit garam. Diamkan hingga hangat kemudian minum airnya. Kamu bisa mengonsumsi rebusan daun pandan ini 3 hari berturut-turut untuk hasil yang cepat.

Comments