11 Cara menghilangkan kerutan di wajah dengan bahan alami

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

11 Cara menghilangkan kerutan di wajah dengan bahan alami

11 Cara menghilangkan kerutan di wajah dengan bahan alami

KEPONEWS.COM - 11 Cara menghilangkan kerutan di wajah dengan bahan alami Ada banyak cara menghilangkan kerutan di wajah. Kerutan di wajah sendiri merupakan proses penuaan alami yang dialami oleh banyak orang. Biasanya kerutan itu terdapat pada smile line, lingkar mata, dan...

Ada banyak cara menghilangkan kerutan di wajah. Kerutan di wajah sendiri merupakan proses penuaan alami yang dialami oleh banyak orang. Biasanya kerutan itu terdapat pada smile line, lingkar mata, dan juga dahi.

Bagi kebanyakan orang, kerutan muncul antara usia 40 dan 50 tahun. Biasanya usia-usia tersebut produksi kolagen di kulit sudah melemah, sehingga elastisitas dan fleksibilitas pada kulit pun akan berkurang.

Namun, ada pula faktor lain seperti paparan sinar matahari, riwayat penyakit, stres, pola hidup yang tidak sehat, dan merokok, sehingga garis kerutan pada kulit akan semakin cepat terbentuk.

Kamu bisa melakukan cara menghilangkan kerutan di wajah dengan memakai skincare yang mengandung bagan retinol turunan vitamin A, antioksidan, dan protein atau disebut kolagen yang dapat mengurangi kerutan halus dan meratakan tekstur dan warna kulit.

Namun, juga bisa bisa menghilangkan kerutan di wajah dengan memakai bahan alami yang biasa kamu temukan di rumah. Beberapa bahan alami itu teruji dalam dalam penelitian bisa mengatasi masalah kerutan.

Lantas apa saja bahan-bahan tersebut dan bagaimana cara menghilangkan kerutan di wajah? Berikut rangkum dari banyak sekali sumber, Kamis (27/1).

1. Pisang. Cara menghilangkan kerutan di wajah dengan bahan alami

foto: Pixabay/openclipart-vectors

Cara menghilangkan kerutan di wajah yang pertama merupakan dengan memakai pisang. Pisang salah satu buah yang kaya akan vitamin B, C, dan E serta potasium yang bagus untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Selain itu, pisang juga mempunyai manfaat yang dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit, melawan kerusakan karena radikal bebas, melembapkan kulit dan membantu merangsang produksi kolagen.

Kamu bisa memakai pisang yang diaplikasikan ke wajah sebagai masker. Caranya, siapkan satu buah pisang, kemudian blender hingga halus. Oleskan pada wajah secara merata. Diamkan 30-40 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

2. Nanas. Cara menghilangkan kerutan di wajah dengan bahan alami

foto: Pixabay/security

Buah nanas mengandung vitamin C dan sejumlah bahan aktif yang dapat mengatasi permasalahan kulit karena radikal bebas. Selain itu, nanas juga dapat mencegah penuaan dini. Kandungan potasium pada nanas dapat menghilangkan flek hitam dan membuat wajah lebih glowing.

Caranya siapkan seperempat nanas kemudian haluskan dengan blender. Oleskan pada wajah dan leher. Diamkan selama 20-30 menit. Bilas dengan air biasa.

3. Madu. Cara menghilangkan kerutan di wajah dengan bahan alami

foto: Pixabay/fancycrave1

Madu mempunyai sejuta manfaat tak hanya untuk kesehatan tapi juga kecantikan. Kandungan potasium dan vitamin B pada madu dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit sehingga kulit lebih kenyal dan kencang. Selain itu, madu juga dapat membantu kamu mendapatkan kulit mulus, halus, dan glowing.

Kamu bisa menjadikan madu sebagai masker. Caranya, oleskan madu tanpa rasa ke wajah secara merata. Diamkan 10-15 menit hingga mengering, lalu bilas dengan air biasa.

4. Alpukat. Cara menghilangkan kerutan di wajah dengan bahan alami

foto: Pixabay/coyot

Alpukat salah satu buah yang jadi favorit banyak orang, selain enak alpukat juga mempunyai banyak manfaat untuk kecantikan. Alpukat mengandung selenium, vitamin B, C, E, dan K, zinc, folat, dan beta karoten yang dapat menjaga kesehatan kulit.

Kamu bisa siapkan satu buah alpukat yang sudah diambil dagingnya. Kemudian haluskan hingga menjadi pasti, oleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air biasa.

5. Air jeruk lemon. Cara menghilangkan kerutan di wajah dengan bahan alami

foto: Pixabay/comfreak

Kandungan vitamin C yang tinggi pada air jeruk lemon dapat mengatasi banyak sekali permasalahan kulit wajah. Salah satunya dapat mengatasi keriput. Caranya kamu bisa peras satu buah jeruk lemon kemudian ambil kapas yang dijadikan sebagai aplikator. Setelah itu tep-tep dengan lembut ke area wajah. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air biasa.

6. Minyak zaitun. Cara menghilangkan kerutan di wajah dengan bahan alami

foto: Pixabay/stevepb

Minyak zaitun dikenal sebagai bahan alami yang mempunyai segudang manfaat untuk kecantikan. Kamu bisa menjadikan minyak zaitun sebagai bahan untuk menghilangkan kerutan di wajah.

"Minyak zaitun kaya akan antioksidan yang dapat mengatasi masalah kerusakan kulit karena radikal bebas dan terdapat kandungan squalene yang dapat melembapkan wajah," kata Ahli Kulit asal Manhattan, New York, dr Paul Lorenc, MD.

Cara mengaplikasikannya, kamu bisa oleskan minyak zaitun setiap malam sangat akan tidur. Gunakan minyak zaitun ke wajah sambil diberi pijatan untuk memberi efek relaksasi pada wajah. Kemudian diamkan semalaman dan bilas dengan air biasa keesokan harinya.

7. Putih telur. Cara menghilangkan kerutan di wajah dengan bahan alami

foto: Pixabay/stevepb

Putih telur kaya akan vitamin E yang dapat membantu meremajakan kulit wajah, membantu menyempitkan pembuluh darah di bawah kulit, mengecilkan pori-pori, serta melembapkan kulit wajah.

Caranya, kamu bisa siapkan satu butir telur ayam, lalu pisahkan dengan kuningnya. Koco putih telur hingga berbusa kemudian oleskan ke wajah memakai kuas secara merata. Diamkan 10-15 menit lalu bilas dengan air biasa.

8. Lidah buaya. Cara menghilangkan kerutan di wajah dengan bahan alami

foto: Pixabay/mozo190

Lidah buaya salah satu tanaman yang mempunyai banyak manfaat tak hanya untuk tubuh tapi juga wajah. Lidah buaya juga biasa dijadikan sebagai bahan alami untuk menghilangkan kerutan di wajah. Kandungan zat aktif pada lidah buaya bisa memperbaiki elastisitas kulit sehingga kulit kembali kenyal dan kencang.

Caranya cukup siapkan gel lidah buaya secukupnya, kemudian oleskan pada wajah, diamkan 10-15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

9. Yogurt. Cara menghilangkan kerutan di wajah dengan bahan alami

foto: Pixabay/ponce_photography

Yogurt mengandung probiotik yang tinggi dan dipercaya dapat mengatasi masalah kerutan dan meningkatkan kesehatan kulit secara menyeluruh. Berbeda dengan bahan alami lainnya, kamu cukup mengonsumsi yogurt secara teratur untuk mendapatkan hasilnya.

Dalam sebuah penelitian oleh Wageningen Academic Publisher, mengungkapkan penerapan probiotik pada kulit membantu membuatnya lebih kuat melawan stresor seperti sinar matahari yang menyebabkan munculnya kerutan pada kulit wajah.

10. Minyak esensial. Cara menghilangkan kerutan di wajah dengan bahan alami

foto: Pixabay/couleur

Cara menghilangkan kerutan di wajah selanjutnya merupakan dengan minyak esensial. Kandungan dalam minyak esensial dipercaya bisa mengencangkan kulit wajah. Kamu bisa mengoleskan minyak esensial yang dikombinasi dengan minyak argan, jojoba, lavender, mawar, dan rosemery untuk mendapat hasil yang maksimal

11. Konsumsi makanan bergizi. Cara menghilangkan kerutan di wajah dengan bahan alami

foto: Pixabay/mittmac

Cara menghilangkan kerutan di wajah juga bisa dengan mengonsumsi makanan bergizi. Seperti alpukat, biji chia, kayu manis, putih telur, jahe, suo kedelai Jepang, ikan salmon, ikan sarden, tomat, kenari, ubi jalar, dan masih banyak lagi. Rajin mengonsumsi makanan tersebut dipercaya dapat meningkatkan kesehatan secara menyeluruh.

Comments