11 Aplikasi Ini Diam-diam Curi Data Pribadi, Ada Squid Game

Games

Updates / Games

11 Aplikasi Ini Diam-diam Curi Data Pribadi, Ada Squid Game

11 Aplikasi Ini Diam-diam Curi Data Pribadi, Ada Squid Game

KEPONEWS.COM - 11 Aplikasi Ini Diam-diam Curi Data Pribadi, Ada Squid Game Keamanan smartphone. (Pixabay) Cek 11 software populer yang diduga diam-diam ternyata mencuri data pribadi kamu, hapus segara kalau kamu memilikinya ya....

Keamanan smartphone. (Pixabay)

Cek 11 software populer yang diduga diam-diam ternyata mencuri data pribadi kamu, hapus segara kalau kamu memilikinya ya.

Salah satu toko software yang banyak digunakan orang Indonesia ialah Google Play Store. Toko tersebut merupakan buatan perusahaan Google.

Meskipun developernya ialah perusahaan teknologi ternama dunia, namun hal tersebut tak jadi penghalang adanya aplikasi-aplikasi "nakal" yang banyak beredar di dalamnya.

Karena Google Play Store sendiri merupakan toko software yang terbuka buat umum. Bahkan jikalau kamu bisa membuat software, kamu bisa memasang software buatanmu di sini.

Mengacu pada kebebasan tersebut, ada dampak negatif yang ditimbulkan. Salah satunya merupakan merebaknya aplikasi-aplikasi nakal pencuri data.

Belum lama ini, Google merilis tiga software editing foto dan video yang diduga mengandung malware pencuri data.

Tiga software tersebut ialah Magic Photo Lab - Photo Editor, Blender Photo Editor - Easy Photo Background, dan Editor Pix Photo Motion Edit 2021.

Aplikasi Ini Diam-diam Curi Data Pribadi. (Twitter/ Lukas Stefanko)Software Ini Diam-diam Curi Data Pribadi. (Twitter/ Lukas Stefanko)

Kemudian ditemukan pula software bertema Squid Game yang diduga mengandung malware joker.

Setidaknya itulah yang diungkapkan oleh peneliti malware Android dari ESET, Lukas Stefanko melalui cuitannya.

Menurut Lukas Stefanko, saat ini ada lebih dari 200 software bertema Squid Game yang terpajang di Play Store dan setidaknya satu di antaranya diketahui telah disusupi malware berbahaya

Joker memang jadi malware yang cukup sering menyusupi software Android yang terpajang di Google Play Store.

Malware ini merupakan spyware trojan yang bisa mencuri data dari perangkat korban, termasuk SMS dan daftar kontak.

Meski demikian, software Squid Game yang dimaksud bukanlah buatan Netflix, karena Netflix sendiri belum pernah mengeluarkan software bernama Squid Game atau semacamnya.

Dengan tambahan tersebut, kini lengkap ada 11 software di Google PlayStore tanah air yang diduga mengandung malware pencuri data, yaitu:

Auxiliary MessageMagic Photo Lab - Photo EditorBlender Photo Editor - Easy Photo BackgroundEditor Pix Photo Motion Edit 2021Squid Game (kabarnya sudah dihapus)Fast Magic SMSFree CamScannerSuper MessageElement ScannerTravel WallpapersSuper SMS

Itulah beberapa software yang diduga diam-diam mencuri data pribadi dari ponselmu. Hati-hati ya.

Kontributor: Tenang Lestari

Comments