10 Trik Jitu Untuk Hemat Dana Pernikahan

Unik

Ragam / Unik

10 Trik Jitu Untuk Hemat Dana Pernikahan

10 Trik Jitu Untuk Hemat Dana Pernikahan

KEPONEWS.COM - 10 Trik Jitu Untuk Hemat Dana Pernikahan Pernikahan merupakan impian semua orang yang telah merasa menemukan sosok yang tepat untuk mendampingi hidupnya. Sayangnya, tidak sedikit orang harus menunda hari bahagia itu lantaran kurangnya modal...


Pernikahan merupakan impian semua orang yang telah merasa menemukan sosok yang tepat untuk mendampingi hidupnya. Sayangnya, tidak sedikit orang harus menunda hari bahagia itu lantaran kurangnya modal yang dimiliki. Ada yang harus menunggu bertahun-tahun sampai-sampai pasangannya jera lantas memutuskan untuk pergi. Ada juga yang berhasil menggelar acara mewah, namun setelahnya menanggung hutang lantas menjalani mahligai pernikahan baru dengan beban.

Hal-hal seperti itu harus dihindari, karenanya mesti dilakukan beberapa hal agar pernikahan bisa digelar sesuai impian, namun dengan budget lebih hemat. Nah berikut ini ada sepuluh trik keren yang bisa kamu praktekkan untuk menghemat biaya pernikahan tanpa mengurangi kesakralannya.

Mengurus Sendiri Pernikahan

Hal utama yang harus kamu lakukan untuk menghemat biaya pernikahan merupakan mengurus semua keperluan sendiri. Artinya, jangan pernah mencoba menggunakan jasa wedding organizer. Memang semua urusan akan terlihat mudah dengan WO, tapi keseluruhan biaya dipastikan menggemuk. Karena itu, mengurus semuanya sendiri bersama pasangan akan jauh lebih hemat.

Menikah di Hari Kerja

Cara menghemat biaya paling efektif merupakan menikah di hari kerja. Karena hampir semua jasa mulai dari gedung, catering, dan semuanya akan menaikkan harga sebesar 50% di hari libur. Karena itu, menikah di hari kerja ialah pilihan yang tepat. Selain itu juga bisa dipilih bulan-bulan ketika tidak banyak orang menikah, misalnya Desember. Pemilihan bulan ini akan membuat kita lebih mudah memilih harga minim dari sebuah jasa karena jarang ada pernikahan di bulan itu.

Minta Bantuan Jasa Sahabat-Sahabat Dekat yang Punya Keahlian

Menghemat biaya bisa dilakukan dengan meminta bantuan persiapan kepada sahabat dekat. Misalnya kalau saudara kita pintar memotret, mintai saja bantuan untuk menjadi fotografer. Punya sahabat dekat pintar membuat kerajinan, ajak bersama-sama membuat souvenir kamu jauh-jauh hari sebelum pernikahan. Atau ada teman-temanmu yang suka menghias, ajak untuk mendekorasi pernikahan kamu.

Siapkan Gaun Sederhana dengan Budget Tidak Terlalu Mahal

Adanya gaun memang penting dalam sebuah acara pernikahan. Tapi menyewa gaun cukup mahal akan merugikan mengingat setelah itu kita tidak bisa memilikinya. Sama halnya dengan membuat gaun dari perancang kenamaan akan membuang-buang banyak uang hanya untuk acara sehari. Akan lebih baik bila kamu membeli atau membuat gaun sederhana dengan biaya tak terlalu mahal tapi juga berkesan.

Gunakan Teknologi Digital

Manfaatkan beberapa kemudahan dengan adanya teknologi digital. Misalnya membuat undangan digital yang bisa disebar lewat sosial media. Hal ini sangat menghemat biaya ketimbang membuat undangan manual yang kini sudah tidak terlalu disukai masyarakat. Ketika ini banyak tutorial dan software untuk membuat undangan itu di internet. Selain untuk undangan, teknologi juga bisa digunakan untuk memeriahkan hari H pernikahan. Misalnya untuk memutar lagu-lagu atau menampilkan video dan foto prewedding. Hal ini memberikan kesan ketimbang mengundang band atau penyanyi yang belum tentu disukai banyak orang.

Buatlah Pesta Sederhana, Bos Facebook yang Kaya Raya Saja Hanya Membuat Pesta Kecil

Pesta yang besar dengan banyak sekali hal mewah tidak menjamin bahagianya kehidupan pernikahan kamu. Apalagi di pesta mewah, kadang tamu yang datang sangat banyak hingga kita tidak nggeh apakah teman-teman terdekat datang atau tidak. Sebaliknya bila acara yang kita buat hanya acara kecil dengan undangan terbatas orang-orang terdekat, rasanya akan lebih berkesan. Yang terpenting, biaya yang dibutuhkan juga lebih kecil dan tidak akan memberatkanmu setelahnya. Bos Facebook saja yang kekayaannya berlimpah hanya mengadakan acara kecil, lantas kamu mau foya-foya?

Mengurangi Menu Makanan yang Tidak Disukai Tamu

Mengurangi satu dua menu makanan akan cukup menghemat biaya pernikahan. Misal ada tujuh menu makanan yang biasanya akan dihidangkan, pilih dua menu saja untuk dipangkas. Menu-menu yang terlihat sejenis atau jarang disukai pengunjung lebih baik tidak dipesan. Memilih menu umum yang enak dan disukai banyak orang akan lebih efektif ketimbang banyak menu namun tak dicicipi tamu.

Adakan Garden Party / Paket Gedung Lengkap

Garden party ialah solusi pernikahan hemat yang dipilih banyak orang. Karena pernikahan di dalam gedung menghabiskan biaya yang amat besar. Pernikahan ourdoor juga terkesan segar dan tidak membosankan. Namun jikalau kamu menikah di musim yang rawan hujan, sebaiknya pilihlah gedung pernikahan yang memberikan fasilitas tambahan seperti catering, dekorasi, musik pengiring lainnya. Jangan asal memilih gedung pernikahan yang memberikan banyak diskon, alasannya adalah terkadang fasilitas tambahan yang diberikan sangat minim. Ujungnya dana tambahan akan memakan banyak biaya.

Rajinlah Melihat Ekspresi dominan Pernikahan dengan Biaya Hemat / Minta Referensi Sahabat

Tren pernikahan hemat dan kekinian banyak dibahas di banyak sekali website. Untuk mengetahui hal itu kalian harus rajin melihat update berita yang ada. Selain itu, alternatif lain ialah bertanya ke teman-teman terdekat dan meminta rekomendasi jasa atau layanan dengan budget miring. Misalnya tanya kepada mereka di mana tempat beli souvenir yang murah, pesan gaun murah, pesan gedung murah, dan lain sebagainya.

Jangan Berlebihan Mengundang Tamu yang Hadir

Kedatangan tamu memang menentukan suksesnya acara pernikahan. Tapi mengundang orang yang tidak terlalu kita kenal justru akan membuat suasana kikuk. Cukup meminta orang-orang terdekat, keluarga, sahabat, dan rekan kerja hadir akan memberikan perayaan yang benar-benar berkesan di hari bahagia.

Buat kamu yang sudah siap menikah namun budget tidak terlalu besar, bisa mencoba cara-cara di atas agar pernikahanmu tak lagi tertunda. Sebelumnya, pastikan kedua belah pihak keluarga mengerti keputusan kalian untuk mengadakan pesta tidak terlalu mewah. Dan satu hal lagi, pastikan kamu telah mempunyai orang yang mau untuk diajak menikah!

Comments