10 Tips Alami untuk Menyembuhkan Pilek dan Flu

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

10 Tips Alami untuk Menyembuhkan Pilek dan Flu

10 Tips Alami untuk Menyembuhkan Pilek dan Flu

KEPONEWS.COM - 10 Tips Alami untuk Menyembuhkan Pilek dan Flu Pilek dan flu dapat diatasi dengan 10 tips ini. Demam sendiri merupakan bentuk perlawanan tubuh terhadap kuman penyakit. Sedangkan batuk merupakan proses tubuh untuk mengeluarkan kuman dan lendir yang...

Pilek dan flu dapat diatasi dengan 10 tips ini. Demam sendiri merupakan bentuk perlawanan tubuh terhadap kuman penyakit. Sedangkan batuk merupakan proses tubuh untuk mengeluarkan kuman dan lendir yang ada di saluran pernafasan.

Berikut ini ialah 10 tips alami yang bisa kamu lakukan untuk membantu menyembuhkan dan meredakan gejala Flu.

1. Demam merupakan Proses Penyembuhan

Percaya atau tidak, kondisi-kondisi tubuh yang membuat kita tidak nyaman merupakan bentuk dari proses penyembuhan alami. Itu ialah bukti bahwa sistem kekebalan tubuh sedang memerangi virus penyakit.

Misalnya demam merupakan cara tubuh untuk membunuh virus dengan menaikkan suhu tubuh lebih panas. Selain itu demam juga membuat protein pembunuh kuman dalam darah beredar lebih cepat dan aktif. Jadi kalau kamu bisa tahan panasnya demam tanpa meminum obat penurun panas, mungkin kamu bisa sembuh lebih cepat.

Kalau batuk beda lagi, batuk bermanfaat untuk membersihkan lendir yang berisi kuman dari saluran pernafasan.

2. Meniup dari hidung (sisih)

Sangat penting untuk meniup hidung kamu secara teratur daripada menghirup lendir agar bisa dibuang dari mulut. Namun jangan terlalu keras karena tekanannya dapat memindahkan kuman ke bagian indera pendengaran, menyebabkan sakit indera pendengaran. Caranya meniup hidung kamu dengan menekan jari ke salah satu lubang hidung, sedangkan tangan satunya membersihkan lendir yang keluar degan tisu.

3. Hangatkan tubuh dan beristirahat

Dengan tetap hangat dan istirahat saat pilek atau flu akan membantu tubuh kamu mengerahkan energi untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Berkumur

Berkumur dapat melembabkan tenggorokan kamu dan menyembuhkan sementara. Ambil garam seukuran satu sendok teh dan larutkan ke segelas air hangat, gunakan untuk berkumur empat kali sehari. Untuk mengurangi rasa gatal di tenggorokan, cobalah berkumur dengan astringent, yaitu seperti teh yang mengandung tanin untuk mengencangkan membran.

5. Minum Minuman Hangat

Minuman hangat bisa membantu meringankan hidung tersumbat, mencegah dehidrasi dan menenangkan membran yang meradang yang melapisi hidung dan tenggorokan agar terasa nyaman. misalnya secangkir teh herbal panas/hangat, tambahkan satu sendok madu bila perlu.

6. Mandi Uap

Mandi uap dapat melembabkan hidung kamu sehingga kamu dapat bersantai dan merasa nyaman.

7. Gunakan krim di bawah hidung (minyak kayu putih)

Setetes krim kecil di bawah hidung kamu dapat membuka saluran pernapasan dan membantu memperbaiki kulit yang teriritasi di dasar hidung. Menthol, minyak kayu putih, dan kapur barus mempunyai bahan-bahan mati rasa yang dapat membantu meringankan rasa sakit di hidung.

8. Tidur dengan bantal tambahan

Bantal tambahan di bawah kepala kamu saat tidur akan membantu meringankan saluran hidung yang tersumbat. Cobalah buat sudut kemiringan yang membuat kepala dan hidung kamu terasa nyaman.

9. Jangan Terbang kecuali diharapkan

Naik pesawat sebaiknya dihindari karena adanya perubahan tekanan udara yang mengganggu sistem pernapasan kamu. Terbang saat pilek atau flu sementara dapat merusak gendang indera pendengaran kamu karena perubahan tekanan saat lepas landas dan mendarat.

10. Makanlah makanan pelawan infeksi

Berikut ini ialah makanan yang baik untuk dikonsumsi saat kamu terserang pilek atau flu.

Pisang : mengatasi sakit perut Paprika : kaya akan vitamin C Bluberry : menurunkan demam dan membantu rasa sakit dan nyeri Wortel : Kaya dengan beta-karoten Cabai : dapat memecah lendir Lobak : memecah lendir di saluran udara Bawang : membantu melawan infeksi Teh hitam dan hijau : mengandung katekin dan fitokimia sebagai antibiotik dan obat diare

Ingat, beberapa penyakit bahaya mempunyai gejala seperti flu biasa seperti infeksi sinus, bronkitis, meningitis, radang amandel, dan asma. Bila gejalanya semakin parah, atau merasa sakit setiap harinya silahkan periksakan ke dokter.

10 Tips Alami untuk Menyembuhkan Pilek dan Flu

Comments