10 Tempat di bumi ini seperti planet lain, ada aliennya nggak ya?

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

10 Tempat di bumi ini seperti planet lain, ada aliennya nggak ya?

10 Tempat di bumi ini seperti planet lain, ada aliennya nggak ya?

KEPONEWS.COM - 10 Tempat di bumi ini seperti planet lain, ada aliennya nggak ya? Bagaimana kalian membayangkan bentuk planet selain bumi? Pasti yang ada dibayangan ialah tanahnya yang gersang, panas, tidak ada air dan tertutup kabut. Bayangan paling menyeramkan lagi ialah menjadi...

Bagaimana kalian membayangkan bentuk planet selain bumi? Pasti yang ada dibayangan ialah tanahnya yang gersang, panas, tidak ada air dan tertutup kabut. Bayangan paling menyeramkan lagi ialah menjadi intaian alien di tempat semacam itu. Serem banget kan?

Untuk menikmati suasana planet lain, tidak perlu bersusah payah membeli tiket ke Mars atau Venus, lho. Ternyata ada tempat di permukaan bumi yang mirip planet lain. Penasaran? Nah ini 10 tempat mirip planet lain di bumi dihimpun dari banyak sekali sumber, Jumat (8/9).

1. Gurun Atacama di Chile

foto: Getty Image

Tempat ini nyaris tidak pernah hujan. Akibatnya hanya ada gundukan tanah kering dan beberapa peredaran lava. Tak heran, tak ada satu pun vegetasi di sini. Ciri fisiknya sudah amat mirip planet Mars ya?

2. Monumen Kawah Bulan

foto: thinkstockphotos.com

Bentuk fisik tempat di Idaho ini menyerupai kawah bulan. Itulah yang menjadi karena penamaan Monumen Kawah Bulan Nasional. Bentuk yang menyerupai kawah bulan tersebut didapatkan dari pergerakan tanah serta tekanan dari magma di permukaan bumi. Kalau ingin tahu rasanya di bulan bisa kali ya main ke sini.

3. Lembah McMurdo, Antartika

foto: getty images

Planet apa ya yang menyerupai tempat ini? Ya tempat ini laiknya permukaan Pluto dengan beberapa sisi tertutup es. Lembah ini disebut sebagai lembah kering karena tidak ada es tebal yang menutupi. Kalau dilihat dari ketinggian strukturnya mengagumkan.

4. Etosha Pan di Namibia

foto: getty images

Etosha Pan ialah dataran di Namibia yang ditutupi oleh air garam. Air garam tersebut mengering dan meninggalkan kerak putih. Kalau dilihat dari fotonya, seperti dataran di planet lain ya.

5. Struktur Richat di Mauritania

foto: getty images

Struktur ini memang unik dengan bentuk melingkar dilengkapi objek di tengah yang seolah diselimuti kabut. Jikalau dilihat dari luar angkasa, struktur ini memang unik seolah membentuk imaji suatu orbit. Banyak yang menduga struktur ini terbentuk yang akan terjadi tabrakan meteor. Padahal aktivitas geologis yang membuat ciri unik tersebut muncul.

6. Ventilasi termal dalam laut di Galapagos

foto: thinkstockphotos.com

Dataran ini menyimpan panas di dalamnya. Air panas yang akan terjadi aktivitas gunung berapi bisa mencapai 400 derajat Celsius. Ventilasi termal ini tersususn dari batu. Nah penampakannya yang begitu unik dan aktivitas panas di dalamnya membuat tempat ini seolah bukan di permukaan bumi. Mirip planet mana ya?

7. Gunung Kilauea di Hawaii

foto: Getty Images

Gunung Kilauea ini digadang mirip planet Venus yang kaya akan gunung berapi. Terlihat terang bagaimana jajaran lava yang meleleh dari dalam gunung. Menimbulkan kesan dramatis. Bisa jadi wisata alien nih.

8. The Pinnacles di Australia

foto: thinkstockphotos.com

Tempat ini terbentuk yang akan terjadi pelapukan batu yang dihujani dan dipapar panas berjuta tahun lamanya. Tempat ini berada di Taman Nasional Nambung, Australia. Gersang dan sepi, laiknya negeri alien ya.

9. Sungai Rio Tinto di Spanyol

foto: thinkstockphotos.com

Sungai ini berwarna merah darah yang akan terjadi kandungan besi di dalamnya. Para peneliti masih mengkaji fenomena ini yang dianggap memiliki kesamaan dengan planet Mars.

10. Waiotapu di Selandia Baru

foto: thinkstockphotos.com

Tempat ini merupakan dataran geotermal di dekat danau Okataina. Berbentuk genangan air yang mengeluarkan gas panas. Kalau terjerembab masuk dalam genangan air ini, dijamin jadi manusia rebus. Wah ngeri ya kayak jebakan alien.

(fen)

Comments