10 Situs Belanja Online Terpopuler di Indonesia, Didominasi Lokal

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

10 Situs Belanja Online Terpopuler di Indonesia, Didominasi Lokal

10 Situs Belanja Online Terpopuler di Indonesia, Didominasi Lokal

KEPONEWS.COM - 10 Situs Belanja Online Terpopuler di Indonesia, Didominasi Lokal Ilustrasi situs belanja online. (Pixabay) Makin banyak orang yang memilih belanja online, karena memudahkan. Hal ini seiring dengan pesatnya perkembangan situs belanja online di Indonesia. Persaingan...

Ilustrasi situs belanja online. (Pixabay)

Makin banyak orang yang memilih belanja online, karena memudahkan. Hal ini seiring dengan pesatnya perkembangan situs belanja online di Indonesia.

Persaingan situs belanja online di Indonesia masih menarik perhatian dari banyak sekali pihak. Baik situs belanja online dalam negeri, maupun dari luar negeri.

Portal diskon CupoNation merilis studi perihal toko online yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia selama 6 bulan terakhir terhitung dari Januari - Juni 2019.

Studi ini mengungkap 10 toko online terpopuler, baik dari perusahaan ecommerce atau situs belanja online lokal maupun Internasional.

CupoNation juga menganalisa sumber pengunjung yang datang dari versi mobile dan desktop, kemudian merangking nya berdasarkan 2 kategori adalah: situs belanja online Indonesia, dan situs belanja online Indonesia dan Internasional.

Situs belanja online yang paling banyak dikunjungi oleh orang Indonesia

Ilustrasi situs belanja online. (Pixabay)Ilustrasi situs belanja online. (Pixabay)

Meski beberapa situs belanja online International turut masuk dalam jajaran pasar ecommerce di Indonesia, namun perusahaan ecommerce dalam negeri masih menguasai jumlah pengunjung website di 6 bulan terakhir.

Tokopedia merupakan toko online yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat adalah dengan total pengunjung selama 6 bulan sebanyak 805.5 juta, yang terbagi dari 630.8 juta pengunjung dari mobile dan 174.7 juta pengunjung desktop.

Peringkat kedua masih dikuasai oleh situs belanja online Indonesia yaitu Bukalapak dengan jumlah kunjungan mencapai 599.3 juta pengunjung selama 6 bulan

Berikut merupakan deretan 10 situs belanja online Indonesia dan Internasional yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia dalam juta, yaitu:

10 situs belanja online Indonesia dan Internasional yang paling banyak dikunjungi. (Cuponation)10 situs belanja online Indonesia dan Internasional yang paling banyak dikunjungi. (Cuponation)

Berikut merupakan deretan 10 situs belanja online Indonesia yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia dalam juta, yaitu:

10 situs belanja online Indonesia yang paling banyak dikunjungi. (Cuponation)10 situs belanja online Indonesia yang paling banyak dikunjungi. (Cuponation)

Orang Indonesia Lebih Suka Belanja Online Melalui Smartphone daripada Desktop

Ilustrasi belanja online lewat smartphone. (Pixabay)Ilustrasi belanja online lewat smartphone. (Pixabay)

Setelah mengungkap deretan toko online yang mempunyai jumlah kunjungan terbanyak di Indonesia. Hasil studi juga mengungkap bahwa 84,98 persen dari jumlah rata-rata pengunjung datang dari versi mobile dan hanya 15,02 persen dari desktop.

Hal ini menunjukkan jikalau hampir seluruh online shopper di Indonesia lebih suka memakai smartphone daripada desktop saat berbelanja online.

Analisa dari 34 situs toko online ternama di Indonesia menunjukkan, rata-rata 85 persen dari pengunjung toko online di Indonesia berasal dari mobile, persentase ini 33 persen lebih besar dari rata-rata persentase pengunjung toko online versi mobile di dunia (52 persen di tahun 2018, menurut Statista).

10 ecommerce yang mempunyai jumlah pengunjung versi mobile terbesar

Toko online yang menduduki peringkat pertama ialah Orami, dimana 99,06 persen dari pengunjungnya datang melalui mobile.

Selanjutnya, ada Sophie Paris dengan jumlah kunjungan mencapai 98.28 persen.

Berikut merupakan deretan situs belanja online dengan jumlah pengunjung versi mobile terbesar yang kalau diurut, ialah:

Orami 99,06 persen Sophie Paris 98,28 persen Mothercare 97,75 persen Orori 97,67 persen Fabelio 97,56 persen Laku6 97,43 persen Alfacart 95,83 persen Asmaraku 94,19 persen iLotte 93,66 persen Matahari 93,43 persen

10 ecommerce yang mempunyai jumlah pengunjung versi dekstop terbesar

Di zaman yang serba canggih dimana hampir semua pengunjung situs belanja online di Indonesia datang dari mobile, namun masih ada beberapa toko online yang mempunyai jumlah pengunjung desktop dengan persentase yang cukup tinggi seperti Zalora, dengan total pengunjung mencapai 49,02 persen.

Selanjutnya, sebagian dari pengunjung Blibli juga lebih memilih untuk menelusuri situs belanja online melalui desktop dengan jumlah presentasi hingga 42,14 persen.

Berikut merupakan 10 deretan situs belanja online yang mempunyai jumlah pengunjung desktop terbesar yang bila diurut, ialah:

Zalora 49,02 persen Blibli 42.14 persen Elevania 36.78 persen Jakmall 26.89 persen Weshop 25.62 persen JD ID 23.92 persen Ralali 22.94 persen Jakarta Notebook 22.57 persen Tokopedia 21.69 persen PlazaKamera 20.16 persen

Daftar toko online yang masuk dalam studi ini diambil dari Indonesian Ecommerce Association (IdEA). Total 34 situs online dipilih berdasarkan situs online shop dengan yang mempunyai trafik bulanan tidak kurang dari 150,000 pengunjung. Jumlah pengunjung yang datang melalui mobile dan desktop dikumpulkan dari SimilarWeb untuk periode January - June 2019.

Infografis Situs Belanja Online Terpopuler di Indonesia. (Cuponation)Infografis Situs Belanja Online Terpopuler di Indonesia. (Cuponation)

Itulah deretan situs belanja online dan eCommerce terpopuler di Indonesia selama pertengahan tahun 2019 ini. Kalau kamu, biasa belanja online di mana?

Comments