10 Penyelam Bentangkan Bendera 74 Meter di Bawah Laut Papua Barat

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

10 Penyelam Bentangkan Bendera 74 Meter di Bawah Laut Papua Barat

10 Penyelam Bentangkan Bendera 74 Meter di Bawah Laut Papua Barat

KEPONEWS.COM - 10 Penyelam Bentangkan Bendera 74 Meter di Bawah Laut Papua Barat Sebanyak 10 orang penyelam yang berasal dari Makassar, Tidore, Maluku Utara, Angker Bagian Timur, Maluku dan Fakfak, dan Papua Barat, membentangkan bendera merah putih di dasar laut. Para penyelam mem...
Loading...

Sebanyak 10 orang penyelam yang berasal dari Makassar, Tidore, Maluku Utara, Angker Bagian Timur, Maluku dan Fakfak, dan Papua Barat, membentangkan bendera merah putih di dasar laut.

Para penyelam memperingati HUT ke-74 RI, dengan membentangkan bendera merah putih, di bawah laut Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat.

Pengibaran bendera

Kegiatan yang dipusatkan di Teluk Mamburuni (Jalan Baru), Fakfak, ini didukung oleh pemerintah setempat, TNI, Polri dan Relawan Konservasi Handal, juga Basarnas Fakfak.

Ketua Tim Penyelam, Prayogo Prastyo Bagus Kusuma, panjang bendera disesuaikan dengan usia kemerdekaan Indonesia, adalah 74 tahun.

"Sengaja dipilih pada kedalaman 8 meter sesuai bulan kemerdekaan. Rencana ini sekaligus sebagai wujud rasa cinta dan mempertahankan nilai-nilai sejarah, dalam usaha, khususnya pahlawan lokal saat pembebasan Irian Barat," kata Prayogo penyelan Makassar ini kepada Okezone Minggu (18/8/2019).

Bendera di laut

Menurut Yogo -sapaan Prayogo, kondisi laut Fakfak, saat pembentangan tersebut cukup baik dengan kejernihan sehingga jarak pandang tidak terlalu bermasalah, meski saat ini di Fakfak sedang musim hujan.

Anggota Mapala Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar itu menyebutkan, komitmennya para penyelam, untuk membantu pemerintah daerah dalam hal pengurangan pencemaran lingkungan.

Bendera di laut

Apalagi, Pemerintah RI telah menetapkan Papua Barat merupakan provinsi konservasi yang di dalamnya merupakan Kabupaten Fakfak yang mempunyai daerah konservasi di Teluk Nusalasi Vanden Bos dan Berau Fakfak.

"Sehingga rencana yang baru pertama kali dilakukan di Fakfak ini, bisa mengajar masyarakat untuk lebih melindungi kebersihan dan ekosistem laut," ungkap Yogo.

Selanjutnya

Comments