10 Pengganti tepung terigu untuk memasak, bebas gluten

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

10 Pengganti tepung terigu untuk memasak, bebas gluten

10 Pengganti tepung terigu untuk memasak, bebas gluten

KEPONEWS.COM - 10 Pengganti tepung terigu untuk memasak, bebas gluten foto ilustrasi: freepick.com Bagi sebagian orang, mengurangi konsumsi tepung terigu jadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh. Bukan tanpa alasan, alasa...
10 Pengganti tepung terigu untuk memasak, bebas gluten foto ilustrasi: freepick.com

Bagi sebagian orang, mengurangi konsumsi tepung terigu jadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh. Bukan tanpa alasan, alasannya adalah tepung terigu kebanyakan mengandung gluten. Gluten sendiri merupakan protein yang terkandung dalam biji-bijian.

Tapi tidak semua biji-bijian mengandung gluten. Dari beragam jenis biji-bijian, bahan makanan mengandung gluten yang umum dikonsumsi merupakan gandum. Kandungan gluten dalam tepung membentuk jaringan lengket yang membuat adonan tepung jadi elastis, dan membuat roti bisa mengembang.

Bagi penderita penyakit celiac, orang yang sensitif gluten dan alergi gandum, kandungan gluten bisa menganggu kesehatan. Mengurangi konsumsi gluten belakang ini nggak hanya dihindari bagi mereka yang alergi, sebagian orang yang sudah menerapkan pola hidup sehat juga menghindari penggunaan tepung terigu.

Pasalnya, tepung tanpa gluten mengandung lebih banyak nutrisi daripada tepung gandum biasa. Nah, buat kamu yang juga lagi mengurangi konsumsi tepung, kamu bisa memakai bahan alternatif pengganti tepung terigu yang bebas gluten. Dilansir Brilio Food dari banyak sekali sumber pada Minggu (13/6), berikut 10 pengganti tepung terigu.

1. Tepung gandum utuh atau oat.

Pengganti tepung terigu    berbagai sumber

foto: freepik.com

Tepung gandum utuh atau oat punya kandungan serat larut yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat, gula dan insulin dalam darah. Tepung ini juga lebih kaya rasa dan punya tekstur lebih kenyal.

2. Tepung jagung.

Pengganti tepung terigu    berbagai sumber

foto: freepik.com

Tepung jagung mengandung vitamin B6, tiamin, mangan, magnesium dan selenium. Kandungan serat dan antioksidan dalam tepung ini bantu jaga kesehatan mata. Kamu bisa menggunakannya sebagai pengental, campuran pembuatan roti dan tortila.

3. Tepung kelapa.

Pengganti tepung terigu    berbagai sumber

foto: freepik.com

Terbuat dari daging kelapa yang dikeringkan dan dihaluskan sampai jadi bubuk, tepung kelapa banyak mengandung asam laurat lemak jenuh yang bantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Kandungan seratnya juga bisa menjaga kadar gula agar tetap sehat. Teksturnya yang cenderung ringan membuat tepung ini lebih pas digunakan sebagai bahan pembuatan hindangan penutup.

4. Tepung tapioka.

Pengganti tepung terigu    berbagai sumber

foto: freepik

Tepung tapioka juga tepung tanpa gluten yang punya kandungan karbohidrat, dan bisa menambah asupan serat, protein dan makronutrien. Kandungan pati resisten yang berfungsi seperti serat cocok dikonsumsi bagi mereka yang mempunyai kadar gula merah tinggi, doyan makan dan punya masalah pencernaan. Terbuat dari ekstrak cairan umbi singkong, tepung satu ini biasanya digunakan sebagai bahan pengental sup, pembuatan sup dan lainnya.

5. Tepung singkong.

Pengganti tepung terigu    berbagai sumber

foto: shutterstock/Luis Echeverri Urrea

Punya tekstur yang mirip dengan tepung terigu, tepung singkong bisa jadi tepung serbaguna. Terbuat dari singkong parut yang dihaluskan, tepung ini punya rasa netral dan rendah kalori. Selain itu, tepung singkong juga mengandung karbohidrat tinggi dan pati resisten yang sama dengan tepung tapioka.

6. Tepung almond.

Pengganti tepung terigu    berbagai sumber

foto: pixabay.com

Tepung almond juga kerap digunakan sebagai pengganti tepung gandum untuk membuat hidangan yang dipanggang. Tidak mempunyai kandungan gluten, tepung satu ini terbuat dari kacang almond tanpa kulit yang sudah dihaluskan.

Dilansir dari Healthline, tepung almond punya nutrisi cukup lengkap, seperti magnesium, kalsium, kalium tembaga, mangan, sumber vitamin E, dan asam lemak tak jenuh tunggal yang baik bagi kesehatan. Meski begitu, tepung satu ini punya kandungan yang lebih tinggi dari terigu biasa.

7. Tepung beras merah.

Pengganti tepung terigu    berbagai sumber

foto: samruddhiorganic.com

Terbuat dari beras merah yang sudah dihaluskan, tepung ini tinggi kandungan protein dan serat. Selain bebas gluten, tepung ini juga bisa membantu menurunkan kadar gula darah dan menjaga berat badan tetap ideal.

Nggak cuma itu, tepung beras merah juga kaya akan zat besi, vitamin B, magnesium, mangan, dan senyawa lingan yang dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit jantung. Tepung satu ini kerap jadi alternatif untuk membuat mi, roti, kue kering dan basah.

8. Tepung sorgum.

Pengganti tepung terigu    berbagai sumber

foto: pixabay.com

Tepung bebas gluten satu ini terbuat dari biji-bijian sereal kuno yang sehat. Dalam tepung sorgum mengandung serat dan protein yang bisa memperlambat penyerapan gula. Tepung ini juga mengandung zat besi dan beragam antioksidan untuk membantu melawan peradangan. Tepung sorgum punya warna cerah, tekstur lembut dan rasa manis.

9. Tepung spelt.

Pengganti tepung terigu    berbagai sumber

foto: pixabay.com

Tepung spelt bisa dibilang hampir menyerupai tepung gandum utuh. Punya kandungan gluten dan kepadatan yang lebih rendah dari tepung biasa, tepung spelt tinggi protein dan serat. Tepung ini punya tekstur ringan dan rasa lebih manis.

10. Tepung millet.

Pengganti tepung terigu    berbagai sumber

foto: freepik.com

Terbuat dari biji-bijian yang dihaluskan, tepung millet punya kandungan rendah lemak, tinggi vitamin, mineral, serta dan antioksidan. Punya tekstur ringan, tepung ini bisa dikombinasikan dengan tepung lainnya untuk membuat kue cokelat, muffin dan lainnya.

(red)

Comments