10 Orang Berebut Kursi PSSI 1, Salah Satunya La Nyalla Mattalitti

Sepakbola

Sports / Sepakbola

10 Orang Berebut Kursi PSSI 1, Salah Satunya La Nyalla Mattalitti

10 Orang Berebut Kursi PSSI 1, Salah Satunya La Nyalla Mattalitti

KEPONEWS.COM - 10 Orang Berebut Kursi PSSI 1, Salah Satunya La Nyalla Mattalitti Kamis (3/10/2019) pukul 23.59 WIB pendaftaran bursa calon ketua umum PSSI resmi ditutup. Komite Pemilihan (KP) PSSI telah mengumumkan 10 nama yang akan maju sebagai bakal calon ketua umum PSSI. Selai...

Kamis (3/10/2019) pukul 23.59 WIB pendaftaran bursa calon ketua umum PSSI resmi ditutup. Komite Pemilihan (KP) PSSI telah mengumumkan 10 nama yang akan maju sebagai bakal calon ketua umum PSSI.

Selain Mochamad Iriawan, Arief Putra Wicaksono, dan Rahim Soekasah yang sebelumnya memang sudah mendeklarasikan diri sebagai caketum PSSI, ada juga nama nama La Nyalla Mattalitti yang pernah menjabat sebagai wakil keetua dan ketua umum PSSI

Ketua KP Syarif Bastaman mengatakan ada 10 nama bakal calon ketua umum, 20 orang bakal calon wakil ketua umum, dan 90 calon anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI. Mereka semua masuk ke dalam daftar setelah mencalon diri atau dicalonkan oleh anggota PSSI.

Syarif mengatakan seluruh nama-nama yang masuk dalam daftar sudah mengisi formulir serta memenuhi persyaratan. Hanya beberapa yang belum melengkapi persyaratan dan harus dilengkapi maksimal hingga 8 Oktober 2019.

"Kita umumkan secara resmi daftar rekapitulasi dukungan ketua umum, wakil ketua umum, dan anggota Exco PSSI. Rekapitulasi sudah kita verifikasi dan sudah ada rekonfirmasi dari calon yang dicalonkan dan bersedia," kata Syarif dalam konferensi pers KP di Kantor PSSI, Gedung Fx Sudirman, Jakarta, Jumat (4/10/2019).

"Calon juga sudah mengisi formulir A1, A2, dan A3. Sudah dilengkapi juga dengan pengisian formulir integritas," jelasnya.

Ketua Komite Pemilihan PSSI Syarif Bastaman (tengah) bersama dengan anggotanya saat memberikan Keterangan pers terkait pendaftaran calon ketua Umum PSSI, wakil ketua umum PSSI, dan anggota Exco PSSI, Jumat (4/10/2019). (Adie Prasetyo Nugraha/suara.com).Ketua Komite Pemilihan PSSI Syarif Bastaman (tengah) bersama dengan anggotanya saat memberikan Keterangan pers terkait pendaftaran calon ketua Umum PSSI, wakil ketua umum PSSI, dan anggota Exco PSSI, Jumat (4/10/2019). (Adie Prasetyo Nugraha/suara.com).

Lebih lanjut, berkas calon akan diserahkan kepada Komite Disiplin (Komdis) PSSI untuk dievaluasi. Komdis akan bertugas menilai apakah dari nama-nama yang mendaftar pernah terlibat dalam tindak pidana atau tidak.

"Calon ini sudah mencatatkan juga bahwa mereka tidak pernah terlibat tindakan (pidana) yang masuk dalam wilayah kerja Komdis PSSI. Dokumen yang ada di kami juga akan diserahkan ke Komdis PSSI untuk dilihat," ungkapnya.

Syarif melanjutkan 120 orang yang mendaftar berasal dari latar belakang beragam. Dari orang yang pernah aktif di dunia sepak bola hingga politisi.

"Yang mendaftar ke kami latar belakangnya beragam. Ada yang murni di sepak bola maupun politisi," pungkasnya.

Komite Pemilihan akan memberikan kandidat sementara pada 9-13 Oktober 2019. Sedangkan waktu banding ditetapkan pada 10-16 Oktober sebelum hasil final diumumkan pada 18 Oktober mendatang.

Sementara Kongres Pemilihan PSSI akan berlangsung pada 2 November 2019. Nantinya, dalam kongres tersebut akan dipilih satu ketua umum, dua wakil ketua umum, dan 12 Anggota Exco PSSI periode 2019-2023.

Berikut 10 Nama Bakal Calon Ketua Umum PSSI:

1. Arif Putra Wicaksono
2. Aven Hinelo
3. Vijaya Fitriyasa
4. Bernhard Limbong
5. Fary Djemy Francis
6. Mochamad Iriawan
7. Rahim Soekasah
8. Sarman
9. Yesayas Oktovianus
10. La Nyalla Mattalitti

Comments