10 Momen perjuangan petugas antar kotak suara ke pelosok Nusantara

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

10 Momen perjuangan petugas antar kotak suara ke pelosok Nusantara

10 Momen perjuangan petugas antar kotak suara ke pelosok Nusantara

KEPONEWS.COM - 10 Momen perjuangan petugas antar kotak suara ke pelosok Nusantara Sebagai negara berpenduduk paling banyak di Asia Tenggara, pemilu Indonesia menjadi yang terbesar. Pesta demokrasi ini harus bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat hingga ke penjuru Tanah Air. Tidak b...

Sebagai negara berpenduduk paling banyak di Asia Tenggara, pemilu Indonesia menjadi yang terbesar. Pesta demokrasi ini harus bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat hingga ke penjuru Tanah Air. Tidak boleh ada satupun wilayah di Indonesia yang tidak melaksanakan pencoblosan.

Letak geografis di wilayah penjuru yang cukup ekstrem menjadi tantangan tersendiri. Baik bagi KPU, aparat keamanan dan masyarakat itu sendiri bergotong-royong mempersiapkan pemilu agar bisa terlaksana serentak. Meski faktanya masih ada pemilu ulang dan lanjutan di beberapa daerah, namun mayoritas sudah berjalan dengan sukses.

Nah, tidak banyak yang tahu di balik kesuksesan pemilu ini ada banyak orang yang berjuang keras. Dengan medan sulit, mereka masih berusaha mendistribusikan kotak dan surat suara ke wilayah-wilayah terpencil. Makanya kalau kamu tidak ikut mencoblos pada pemilu, rasanya tidak menghargai usaha orang-orang itu.

Berikut ini deretan potret usaha petugas dalam menyukseskan pemilu, seperti lansir dari banyak sekali sumber, Kamis (18/4). Bikin salut!

1. Usaha seorang polwan menggendong kotak suara memakai motor lewat jalanan berlumpur.

perjuangan antar kotak suara © berbagai sumber-foto: Instagram/@polisi_indonesia

2. Menurut akun Instagram @polisi_indonesia, salah satu anggota polisi mengantarkan kotak TPS di Kecamatan Lengkiti, Sumatera Utara. Lihat jalannya, curam dan licin.

3. Nggak cuma naik-turun bukit, kotak suara harus diantarkan melewati sungai yang belum ada akses jembatan.

4. Kotak suara juga harus dijaga agar tidak dicurangi pihak-pihak licik.

perjuangan antar kotak suara © berbagai sumber-foto: Instagram/@polisi_indonesia

5. Bukan tugas mudah bagi petugas untuk menyiapkan ratusan puluhan ribu hingga ratusan ribu kotak suara untuk seluruh Indonesia.

Workers taking a well-deserved break in Indonesia. -Preparing election materials for Southeast Asia s most populous country isn t easy. pic.twitter.com/ieP0pQqxpm

ian bremmer (@ianbremmer) April 16, 2019

6. Nggak cuma polisi dan KPU saja yang berjuang, masyarakat juga ikut jatuh-bangun.

Buat yang kerja keras nganterin surat suara jauh-jauh ke seluruh Indonesia: makasih, kalian semua keren! pic.twitter.com/2H7X1LRT08

=^^= (@zefaniadiani) April 17, 2019

7. Lihat usaha mereka, tujuannya hanya satu adalah mengabdi kepada negara dan supaya pemilu bisa berjalan dengan lancar.

pic.twitter.com/uBcuhzYD6J

=^^= (@zefaniadiani) April 17, 2019

8. Indonesia sangat besar dan luas sekali. Butuh gotong royong masyarakat untuk mensukseskan pesta demokrasi terbesar ini.

9. Mereka lah pahlawan pemilu yang sebenarnya.

perjuangan antar kotak suara © berbagai sumber-foto: Instagram/@optimis_maju

-10. Semoga foto-foto usaha ini membuka mata agar tidak menyepelekan penyelenggaraan pemilu yang akan datang, ya?

perjuangan antar kotak suara © berbagai sumber-foto: Instagram/@optimis_maju

Recommended By Editor

Comments