10 Merek hard disk eksternal terbaik, awet dan tahan banting

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

10 Merek hard disk eksternal terbaik, awet dan tahan banting

10 Merek hard disk eksternal terbaik, awet dan tahan banting

KEPONEWS.COM - 10 Merek hard disk eksternal terbaik, awet dan tahan banting Hard disk eksternal kini telah menjadi kebutuhan bagi sebagian orang. Selain untuk menyimpan data dalam kapasitas yang besar, hard disk eksternal biasanya digunakan oleh mereka yang kerap melakukan tr...

Hard disk eksternal kini telah menjadi kebutuhan bagi sebagian orang. Selain untuk menyimpan data dalam kapasitas yang besar, hard disk eksternal biasanya digunakan oleh mereka yang kerap melakukan transfer data dalam ukuran gigabyte maupun terabyte, terutama transfer data berupa musik, video, maupun file-file penting lainnya.

Ada banyak merek hard disk eksternal yang beredar di pasaran. Selain kapasitasnya, jenis hard disk eksternal bermacam-macam, mulai dari ukuran, bentuk, hingga warnanya yang membuatnya harganya bermacam-macam.

Namun, kapasitas dan harga sebuah hard disk eksternal bukan pertimbangan utama bagi seseorang dalam menentukan merek hard disk yang akan ia beli. Ada pertimbangan lain yang juga perlu dipahami, adalah daya tahan hard disk ekternal tersebut, adalah tingkat keawetan dan tahan banting.

Biar kamu punya referensi, menghimpun 10 merek hard disk eksternal terbaik dilansir dari listamaze.com pada Rabu (10/4) berikut ini.

1. WD dan HGST.

hard disk eksternal © 2019

foto: listamaze.com

Western Digital (WD) merupakan produsen hard disk eksternal terkemuka di dunia. Hingga kini, WD mempunyai tiga jenis hard disk portabel, adalah WD Elements Portable, My Passport Ultra dan My Passport Ultra Metal. Kapasitasnya pun bervariasi, mulai dari 500 GB, 1 TB, dan 2 TB. Selain itu, hard disk eksternal buatan WD mempunyai fasilitas seperti USB 3.0, cadangan cloud, dan enkripsi kata sandi.

Sementara itu, produsen HGST (Hitachi Global Storage Technologies) ialah produsen hard disk eksternal yang diakusisi oleh WD pada 2012. HGST memproduksi hard disk eksternal dengan nama merek Touro.

2. Seagate.

hard disk eksternal © 2019

foto: listamaze.com

Seagate ialah produsen hard disk asal Amerika yang kini tengah bersaing dengan WD. Hard disk buatan Seagate berkinerja tinggi dengan desainnya yang ramping. Kapasitasnya mulai dari 500 GB hingga 4 TB. Model-model hard disk yang diproduksi Seagate antara lain Backup Plus Fast Portable Drive, Backup Plus Slim Portable Drive, dan Wireless Plus Mobile Storage.

3. Toshiba.

hard disk eksternal © 2019

foto: listamaze.com

Merek asal Jepang ini bersaing sebagai produsen hard disk terbaik di dunia. Pada 2009, Toshiba mengakuisisi usaha HDD Fujitsu. Model hard disk eksternal Toshiba yang populer antara lain Canvio Connect, Canvio Basics 3.0, dan Canvio Slim dengan kapasitas mulai dari 500 GB hingga 2 TB.

4. Sony.

hard disk eksternal © 2019

foto: listamaze.com

Selain dikenal sebagai produsen elektronik terkemuka, Sony juga salah satu pemain dalam persaingan produsen hard disk eksternal. Meskipun demikian, dari segi daya tahan dan keandalan, produk hard disk Sony tidak sebaik merek lain. Produknya saat ini antara lain merupakan seri HD-SG5/B, HD-EG5, HD-E2/L dan HD-E1/B. Hard disk buatan Sony berkapasitas mulai dari 500 GB hingga 2 TB dengan kecepatan USB 3.0.

5. Transcend.

hard disk eksternal © 2019

foto: listamaze.com

Produsen perangkat penyimpanan asal Taiwan, Transcend merupakan produsen terbesar ketiga di dunia. Transcend mempunyai banyak variasi produk untuk PC, antara lain StoreJet 25A3 yang mempunyai daya tahan tinggi terhadap benturan, namun tampilannya tidak dilapisi bahan karet di bagian luar. Selain itu, Transcend juga memproduksi hard disk portabel untuk Mac.

6. Apple.

hard disk eksternal © 2019

foto: listamaze.com

Apple merupakan merek yang dikenal dengan kualitas dan daya tahan lama produk-produknya, terutama iPhone. Perangkat hard disk eksternal buatan Apple hanya bisa digunakan untuk Apple Mac. Produknya dikenal mempunyai daya tahan tinggi dan bekerja dengan baik pada Mac. Produk yang terkenal merupakan AirPort Time Capsuse yang muncul dalam dua variasi kapasitas, adalah 2 TB dan 3 TB

7. ADATA.

hard disk eksternal © 2019

foto: listamaze.com

ADATA merupakan salah satu merek perangkat penyimpanan terbesar di dunia dari Taiwan. Produk hard disk eksternal buatan mempunyai banyak pilihan warna, penuh gaya, serta awet. Produk-produknya dikategorikan ke dalam 4 kategori, adalah elit, pilihan, tahan lama, dan klasik

Produk yang dikenal tahan lama misalnya produk seri HD650 dan HD710 yang didesain tahan air dan guncangan.

8. LG.

hard disk eksternal © 2019

foto: listamaze.com

LG lebih dikenal sebagai produsen televisi dan peralatan elektronik terbesar di dunia. Merek ini merupakan pemain baru dalam persaingan produsen hard disk eksternal di dunia. Beberapa produk hard disk keluaran LG anatara lain seri XD-7 dan XD-5. Produk hard disk LG didesain sangat tipis.

9. Buffalo Inc.

hard disk eksternal © 2019

foto: listamaze.com

Buffalo Inc. merupakan anak perusahaan Melco Holding yang berlokasi di Jepang. Awalnya, mereka ialah produsen peralatan audio yang kini telah merambah sebagai salah satu produsen hard disk eksternal berbobot. Produknya dikenal tahan goncangan dan sangat awet. Mereka memproduksi hard disk eksternal dengan nama merek MiniStation dengan kapasitas 500 GB hingga 2 TB. Untuk produk hard disk eksternal unggulan, mereka memberikan garansi pabrik selama 3 tahun.

10. ioSafe.

hard disk eksternal © 2019

foto: listamaze.com

ioSafe ialah produsen hard disk eksternal yang terkenal tahan panas. Perusahaan yang didirikan pada 2004 itu bisa bersaing di segmen pasarnya. Sistem penyimpanan produk ioSafe juga dioptimalkan untuk tahan rendaman dalam air tawar maupun air asin. Salah satu produk unggulannya, ioSafe Rugged Portabel ialah produk penyimpanan data yang dapat melindungi datamu sekalipun di kondisi cuaca ekstrem.

Comments