10 Manfaat minum air hangat untuk kesehatan, turunkan berat badan

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

10 Manfaat minum air hangat untuk kesehatan, turunkan berat badan

10 Manfaat minum air hangat untuk kesehatan, turunkan berat badan

KEPONEWS.COM - 10 Manfaat minum air hangat untuk kesehatan, turunkan berat badan Meminum air putih setiap hari dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat. Memahami pentingnya minum air dalam jumlah yang cukup hingga sekitar delapan gelas sehari tentu sangat penting. Mengonsumsi air p...

Meminum air putih setiap hari dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat. Memahami pentingnya minum air dalam jumlah yang cukup hingga sekitar delapan gelas sehari tentu sangat penting. Mengonsumsi air putih secukupnya tiap hari merupakan saran terbaik untuk menjaga tubuh terhidrasi secara optimal.

Salah satu cara menjaga kesehatan dengan air putih yaitu dengan meminumnya selagi hangat. Konon, banyak orang merasakan manfaat dari meminum air hangat, terutama di pagi hari atau malam tepat sebelum tidur. Saat meminum minuman hangat, penelitian merekomendasikan suhu optimal antara 130 F-160 F (54 C dan 71 C) karena suhu di atas ini dapat menyebabkan luka bakar.

Air hangat dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Meminum air hangat dapat meningkatkan pencernaan, melegakan hidung tersumbat, dan bahkan meningkatkan relaksasi, dibandingkan dengan minum air dingin. Untuk meningkatkan kesehatan ekstra, tambahkan sedikit lemon ke air hangat untuk diminum.

Berikut 10 manfaat minum air hangat untuk kesehatan seperti lansir dari healthline.com pada Jumat (23/10).

1. Meredakan hidung tersumbat.

Manfaat minum air hangat 2020

foto: freepik.com

Secangkir air hangat, dapat menghasilkan uap. Memegang secangkir air hangat dan menghirup uap lembut yang keluar dari gelas, secara dalam-dalam dapat membantu melonggarkan sinus yang tersumbat dan bahkan meredakan sakit kepala karena sinusitis. Selain itu, minum air hangat dapat membantu menghangatkan area sinus dan tenggorokan serta menenangkan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh penumpukan lendir.

Menurut sebuah studi tahun 2008, minum minuman hangat, memberikan kelegaan yang cepat dan tahan lama dari hidung tersumbat, batuk, sakit tenggorokan, dan kelelahan. Minuman air hangat lebih efektif dibandingkan minuman yang sama pada suhu kamar.

2. Melancarkan pencernaan.

Manfaat minum air hangat 2020

foto: freepik.com

Minum air membantu menjaga sistem pencernaan tetap bergerak. Saat air bergerak melalui perut dan usus, tubuh lebih bisa membuang limbah. Banyak orang percaya bahwa minum air hangat sangat efektif untuk mengaktifkan sistem pencernaan. Teorinya ialah bahwa air hangat juga dapat melarutkan dan menghilangkan makanan yang kamu makan. Meski penelitian belum membuktikan manfaat ini, namun bila kamu merasa ingin meminum air hangat untuk membantu melancarkan pencernaan, tidak ada salahnya mencoba hal ini sebagai obat.

3. Meningkatkan fungsi sistem saraf pusat.

Manfaat minum air hangat 2020

foto: freepik.com

Kekurangan asupan air dapat berdampak negatif pada fungsi sistem saraf tubuh, yang pada akhirnya memengaruhi suasana hati dan fungsi otak. Penelitian pada 2019 menunjukkan bahwa air minum dapat meningkatkan aktivitas sistem saraf pusat, serta suasana hati. Penelitian ini menunjukkan bahwa minum air hangat dapat meningkatkan aktivitas otak dan juga mengurangi kecemasan.

4. Membantu meredakan sembelit.

Manfaat minum air hangat 2020

foto: freepik.com

Dehidrasi merupakan penyebab umum sembelit. Dalam banyak kasus, minum air putih merupakan cara yang efektif untuk meredakan dan mencegah sembelit. Minum air hangat dapat membantu kontraksi usus. Ketika itu terjadi, sisa makanan di usus bisa keluar dari tubuh. Minum air hangat secara teratur dapat membantu pergerakan usus agar tetap teratur.

5. Menghidrasi tubuh.

Manfaat minum air hangat 2020

foto: freepik.com

Fungsi meminum air hangat tidak berbeda dengan air suhu ruang atau air dingin, yaitu untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Pada dasarnya tubuh membutuhkan air untuk menjalankan setiap fungsi penting, sehingga nilainya tidak boleh dilebih-lebihkan. Minumlah air secukupnya.


6. Dapat membantu menurunkan berat badan.

Manfaat minum air hangat 2020

foto: freepik.com

Minum air putih dapat membuat orang merasa lebih kenyang, sehingga membuat seseorang mengurangi jumlah makanan yang mereka makan dan membantu penurunan berat badan. Beberapa orang percaya bahwa minum air hangat dapat mengaktifkan sistem kontrol suhu tubuh.

Penelitian tahun 2003 melaporkan bahwa beralih dari air dingin ke air hangat dapat membantu orang menurunkan berat badan melalui efek termal. Tetap terhidrasi juga dapat membantu seseorang menurunkan berat badan. Ginjal akan merespons hidrasi yang cukup dengan membiarkan lebih banyak air dikeluarkan sebagai urine. Semakin terang warna urine, berarti semakin baik tubuh terhidrasi.

7. Meningkatkan sirkulasi.

Manfaat minum air hangat 2020

foto: freepik.com

Peredaran darah yang sehat dapat memengaruhi segalanya, mulai dari tekanan darah hingga risiko penyakit kardiovaskular. Mandi air hangat dapat membantu organ peredaran darah arteri dan vena dengan berkembang dan membawa darah lebih efektif ke seluruh tubuh.

Minum air hangat mungkin mempunyai efek serupa. Namun, ada sedikit penelitian yang menyatakan bahwa ini efektif. Sebagai bonus, kehangatan dari minum air hangat atau mandi di malam hari dapat membantu membuatmu rileks dan tidur nyenyak.

8. Dapat menurunkan tingkat stres.

Manfaat minum air hangat 2020

foto: freepik.com

Karena minum air hangat membantu meningkatkan fungsi sistem saraf pusat, rasa cemas yang kamu rasakan mungkin berkurang bila meminumnya. Menurut sebuah studi tahun 2014, minum lebih sedikit air mengakibatkan berkurangnya perasaan tenang, kepuasan, dan emosi positif. Oleh karena itu, tetap terhidrasi dapat meningkatkan suasana hati dan tingkat relaksasi pada seseorang.

9. Dapat membantu mengurangi racun.

Manfaat minum air hangat 2020

foto: freepik.com

Minum air hangat untuk sementara meningkatkan suhu internal tubuh. Saat kamu minum air hangat, atau saat kamu mandi air hangat, sistem endokrin tubuh akan aktif dan mulai berkeringat. Meskipun berkeringat mungkin tidak nyaman, itu ialah bagian penting untuk membuang racun dan iritan yang terpapar di lingkungan.

Menurut laman Arthritis Foundation, minum air penting untuk mengeluarkan racun dari tubuh serta dapat membantu melawan peradangan, menjaga sendi tetap terlumasi dengan baik, dan mencegah asam urat.

10. Membantu meredakan gejala akalasia.

Manfaat minum air hangat 2020

foto: freepik.com

Akalasia ialah suatu kondisi di mana kerongkongan mengalami kesulitan memindahkan makanan ke dalam perut. Orang dengan akalasia mengalami kesulitan menelan. Mereka mungkin merasa seolah-olah makanan tersangkut di kerongkongan. Para peneliti tidak yakin mengapa, tetapi minum air hangat dapat membantu orang yang mempunyai akalasia dapat mencerna makanan dengan lebih nyaman.

RECOMMENDED

Comments