10 Manfaat lidah buaya untuk kulit dan badan, ampuh dan mudah

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

10 Manfaat lidah buaya untuk kulit dan badan, ampuh dan mudah

10 Manfaat lidah buaya untuk kulit dan badan, ampuh dan mudah

KEPONEWS.COM - 10 Manfaat lidah buaya untuk kulit dan badan, ampuh dan mudah Siapa sih yang nggak tahu lidah buaya? Tanaman hijau dengan tekstur bergerigi ini sering ditemukan di halaman rumah. Bukan hanya karena mudah dirawat, namun menanam tanaman lidah buaya juga membawa ba...

Siapa sih yang nggak tahu lidah buaya? Tanaman hijau dengan tekstur bergerigi ini sering ditemukan di halaman rumah. Bukan hanya karena mudah dirawat, namun menanam tanaman lidah buaya juga membawa banyak manfaat. Banyak sekali permasalahan seputar kesehatan dapat diatasi dengan memakai lidah buaya. Bahkan tanaman ini juga dapat menjadi alternatif perawatan kulit, badan, dan juga wajah.

Lidah buaya atau yang sering disebut aloe vera, merupakan sejenis tumbuhan yang sudah dikenal semenjak ribuan tahun lalu. Tanaman ini sering dimanfaatkan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka dan juga perawatan kulit. Tak hanya di Indonesia, tanaman ini juga mudah ditemukan di daerah Afrika.

Berdasarkan hasil penelitian, lidah buaya mempunyai kandungan zat-zat seperti enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida dan juga komponen lain yang baik untuk kesehatan. Selain itu lidah buaya juga berguna sebagai antiinflamasi, antijamur, anti bakteri, dan juga dapat membantu proses regenerasi sel.

Uniknya lagi, aloe vera juga mengandung semua jenis vitamin kecuali vitamin D. Lidah buaya baik bagi kulit, karena dalam penggunaannya untuk perawatan kulit, aloe vera dapat menghilangkan jerawat, melembabkan kulit hingga detoksifikasi kulit. Masih banyak manfaat baik lainnya dari lidah buaya yang perlu kamu ketahui. Bahkan untuk cara penggunaannya pun tidaklah sulit. Coba simak yuk 10 Manfaat lidah buaya untuk kulit dan badan, ampuh dan mudah, rangkuman pada Senin (2/12) dari banyak sekali sumber.

1. Menyembuhkan ruam dan iritasi kulit.

10 Manfaat lidah buaya untuk kulit dan badan, ampuh dan mudah © 2019

foto: unsplash.com

Jikalau kamu mengalami kondisi kulit yang ditandai iritasi, bengkak atau gelembung kulit yang diketahui dengan adanya warna kemerahan, bisa jadi kamu mengalami ruam kulit. Biasanya hal ini akan diikuti dengan rasa gatal, bersisik, kulit yang mengeras atau benjolan melepuh pada kulit. Untuk menangani permasalahan ini di rumah, kamu bisa memanfaatkan lidah buaya. Bahkan ada banyak penelitian dengan pemberian lidah buaya tropikal dalam kulit dan penyembuhan luka, antara lain pengobatan psoriasis, dermatitis, mucositis oral, dan luka bedah. Manfaatkan ekstrak lidah buaya, karena dilaporkan bisa memberikan bantuan cepat untuk mengurangi rasa gatal dan terbakar pada permasalahan kulit.

2. Mengobati luka bakar.

foto: unsplash.com

Kecelakaan kerja sangat bisa terjadi dan memungkinkan menimbulkan luka bakar ringan. Jangan panik, apalagi saat kamu tidak dapat segera pergi ke dokter. Kamu bisa memanfaatkan gel lidah buaya. Caranya cukup mudah, peras lidah buaya secara perlahan hingga cairan bertekstur kental lepas dari kulit buaya. Lalu gunakan gunting tajam untuk memotong daun lidah buaya. Belah menjadi dua bagian, kemudian tempelkan kulit lidah buaya dan sisa dagingnya pada kulit yang terbakar. Rasa perih dapat muncul selama melakukan proses ini. Namun tahan sebentar dan biarkan luka bakar menyerap nutrisi yang dikeluarkan lidah buaya. Gel lidah buaya mempunyai kandungan khusus untuk menghindrasi kulit. Hal ini berarti kamu akan mendapatkan tekstur dan elastisitas kulit membaik ketika merawat memakai lidah buaya secara rajin.

3. Melembabkan kulit kepala dan rambut.

10 Manfaat lidah buaya untuk kulit dan badan, ampuh dan mudah © 2019

foto: unsplash.com

Aloe vera mempunyai kandungan vitamin dan mineral yang sangat tinggi dan membuat rambut kuat dan juga sehat. Karena mempunyai sifat antibakteri dan juga antijamur, lidah buaya juga dapat mengatasi ketombe. Sementara itu, aloe vera juga mempunyai enzim gel, yang bisa membersihkan kulit kepala dan mempercepat regenerasi jaringan kulit di area folikel rambut. Bahkan saat kulit kepala kering tak jarang akan menimbulkan rasa gatal, maka dengan memakai gel aloe vera dapat membantu mengurangi rasa gatal yang berkaitan dengan hal tersebut ataupun ketombe.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

10 Manfaat lidah buaya untuk kulit dan badan, ampuh dan mudah © 2019

foto: unsplash.com

Hebatnya lidah buaya ialah bisa membantu penyerapan vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk tubuh. Tak tanggung-tanggung, lidah buaya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita lho. Untuk merasakan manfaatnya kamu bisa mengonsumsi lidah buaya dalam bentuk jus. Kalau kamu ingin cara yang lebih mudah, kamu bisa menikmati dalam bentuk es lidah buaya. Caranya cukup potong daging lidah buaya menjadi bentuk dadu, siapkan gelas atau cangkir yang sudah di tuang sirup sesuai selera, dan masukkan daging lidah buaya. Agar semakin nikmat kamu bisa menambahkan agar-agar, es batu, dan perasan lemon.

5. Membasmi plak gigi.

10 Manfaat lidah buaya untuk kulit dan badan, ampuh dan mudah © 2019

foto: pixabay.com

Plak gigi merupakan massa bakteri yang tumbuh pada permukaan di dalam mulut. Pada awalnya plak gigi tidak lengket, namun ketika membentuk tartar sering ditemukan warna kecoklatan atau kuning pucat. Plak gigi dapat ditemukan di sela-sela gigi, di depan gigi, di belakang gigi atau bisa juga di permukaan mengunyah. Jangan biarkan plak gigi bersarang, karena semakin lama dapat menimbulkan kerusakan pada gigimu. Lidah buaya dapat menjadi solusi alami untuk mengurangi plak gigi. Tanaman ini dapat digunakan sebagai obat kumur untuk mengurangi dan membasmi plak gigi. Efeknya hampir sama dengan chlorhexidine atau obat antiseptik golongan antimikroba.

6. Membantu proses detoksifikasi.

10 Manfaat lidah buaya untuk kulit dan badan, ampuh dan mudah © 2019

foto: unsplash.com

Setelah lelah beraktivitas seharian, tubuh memerlukan waktu untuk mengeluarkan semua racun yang ada di dalam tubuh kita. Proses pengeluaran inilah yang disebut detoksifikasi. Proses ini dapat dilakukan dengan bantuan banyak sekali bahan sehat, salah satunya merupakan lidah buaya. Mengonsumsi lidah biaya, dapat membantu proses detoksifikasi dalam tubuh menjadi lebih cepat, hal ini karena kandungan yang dimiliki oleh lidah buaya.

7. Sebagai antioksidan dan mengurangi peradangan.

10 Manfaat lidah buaya untuk kulit dan badan, ampuh dan mudah © 2019

foto: pixabay.com

Aloe vera mengandung vitamin dan mineral dalam jumlah banyak. Hal ini bisa mengurangi peradangan dan melawan kerusakan radikal bebas. Salah satu kandungan dalam aloe vera ialah vitamin A, yang menjadi antioksidan dan juga membantu mengurangi peradangan. Selain itu juga ada vitamin C, yang merupakan komponen penting dalam lidah buaya dan bisa melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular, masalah kesehatan mata, bahkan kerutan pada kulit.

8. Sumber asam amino.

10 Manfaat lidah buaya untuk kulit dan badan, ampuh dan mudah © 2019

foto: pixabay.com

Asam amino sering dikaitkan dengan protein. Dalam bentuk sederhana dari protein, bentuk asam amino yang nanti bisa diserap oleh tubuh dan menjalankan fungsi dengan baik. Asam amino mempunyai peran penting dalam tubuh, diantaranya membantu memperbaiki jaringan tubuh, menjaga keseimbangan tubuh, membentuk hormon, dan membentuk sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi jus lidah buaya mengandung 7 asam amino dari 8 asam amino yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh secara mandiri.

9. Menghilangkan bekas jerawat.

10 Manfaat lidah buaya untuk kulit dan badan, ampuh dan mudah © 2019

foto: pixabay.com

Permasalahan jerawat sering kali dikeluhkan para wanita, namun setelah selesai masih ada permasalahan bekas jerawat yang dapat mengganggu penampilan. Namun kamu bisa mengatasi hal ini dengan memakai lidah buaya. Cukup siapkan satu sendok makan gel lidah buaya dan setengah sendok teh jus lemon. Selanjutnya, campur lidah buaya dan lemon ke dalam mangkuk hingga merata. Oleskan sebagai masker alami pada wajah. Diamkan selama 20-30 menit, lalu bilas memakai air bersih.

10. Mengecilkan pori-pori.

10 Manfaat lidah buaya untuk kulit dan badan, ampuh dan mudah © 2019

foto: pixabay.com

Memanfaatkan lidah buaya untuk kecantikan dapat mempunyai efek baik yang snagat banyak. Tak hanya mengatasi permasalahan jerawat, namun juga mengecilkan pori-pori. Disamping itu kamu juga akan merasakan kesegaran pada kulit serta mencerahkan kulit wajah. Caranya ambil gel lidah buaya yang ada di bagian tengah, oleskan secara merata pada kulit wajah, diamkan selama 15 menit dan bilas memakai air bersih.

Recommended By Editor

Comments