10 Manfaat daun kelor untuk wajah dan cara penggunaannya

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

10 Manfaat daun kelor untuk wajah dan cara penggunaannya

10 Manfaat daun kelor untuk wajah dan cara penggunaannya

KEPONEWS.COM - 10 Manfaat daun kelor untuk wajah dan cara penggunaannya Daun kelor memang bukan tanaman yang asing bagi masyarakat Indonesia. Daun kelor atau moringa sudah menjadi salah satu bahan sayuran yang paling sering digunakan masyarakat Indonesia. Kalau mendengar...
Loading...

Daun kelor memang bukan tanaman yang asing bagi masyarakat Indonesia. Daun kelor atau moringa sudah menjadi salah satu bahan sayuran yang paling sering digunakan masyarakat Indonesia. Kalau mendengar daun kelor, mungkin kamu akan teringat dengan pribahasa 'dunia tak selebar daun kelor'. Istilah ini sering kali digunakan untuk menggambarkan bahwa dunia ini sangat luas tak sesempit yang kamu pikirkan.

Sebuah penelitian menghasilkan bahwa daun kelor mempunyai kandungan banyak sekali jenis asam amino yang sangat berguna bagi tubuh. Selain itu, beberapa studi juga menunjukan bahwa kandungan daun kelor salah satunya merupakan zat besi yang akan membantu menguatkan badan. Pakar penelitian juga menyebutkan, manfaat daun kelor jikalau diolah dengan cara dibuat menjadi bubuk dari pada dikonsumsi langsung.

Daun kelor tak hanya untuk kesahatan saja, daun kelor juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan. Khasiat daun kelor untuk wajah ini bisa kamu dapatkan, karena di dalam daun kelor ada banyak sekali kandungan antioksidan dan anti biotik yang akan mengangkat sel kulit mati. Daun kelor juga mempunyai kandungan vitamin C yang lebih banyak dari sayur-sayuran dan buah lainya. Disamping itu, vitamin A dan juga potasium dalam duan kelor sangat tinggi. Semua kandungan itu, ada dalam masker dan krim kecantikan yang dijual mahal. Uniknya, daun kelor sangat murah dan mudah untuk di dapatkan di Indonesia.

Nah, berikut 10 manfaat daun kelor untuk wajah dan cara penggunaannya, dilansir dari banyak sekali sumber, Selasa (22/10).

1. Sebagai antioksidan

manfaat daun kelor istimewa

foto: unsplash.com

Bagi kamu yang sering terkena asap kendraan, debu atau menghirup asap rokok, antioksidan akan membantu menjaga kulit kamu agar tidak kusam dan tidak mudah terserang bakteri. Sehingga kalian jauh dari jerawat dan kanker kulit karena radikal bebas.

Cara penggunaannya cukup mudah, kamu dapat memakai daun kelor yang masih segar kemudian haluskan lalu jadikan krim. Kamu juga dapat mencampurnya dengan madu. Gunakan krim ini sebagai masker, diamkan 15-30 menit, kemudain bilas dengan air hangat. Untuk hasil maksimal gunakan masker ini sebelum tidur setiap hari.

2. Mengatasi jerawat

manfaat daun kelor istimewa

foto: unsplash.com

Berdasarkan riset, sudah terbukti vitamin dan protease yang ada di daun kelor baik untuk mengatasi jerawat. Jadi, kamu tidak perlu ragu dengan masker daun kelor ini.

Cara penggunaannya cukup mudah, cukup haluskan daun kelor yang masih segar, hingga benar-benar halus. Kemudian tambahkan madu atau buah naga, jadikan masker wajah, biarkan hingga 30 menit. Gunakan masker ini 2 hari sekali selama 30 hari, maka jerawat membandel akan hilang tanpa bekas.

3. Menghilangkan flek hitam

manfaat daun kelor istimewa

foto: unsplash.com

Bagi kamu yang sering berjerawat, mungkin kamu akan mengalami hal ini. Flek hitam merupakan musuh bagi para wanita. Setelah jerawat, hal menyebalkan setelahnya ialah flek hitam dan bekas jerawat lainnya. Untuk kamu yang jangan pesimis, tinggal cari daun kelor untuk mengatasinya. Gunakan daun kelor sebagai masker, untuk kadarnya, gunakan saja sebanyak mungkin yang bisa ditempelkan di wajah. Tambahkan madu, ataupun temulawak untuk hasil lebih maksimal dan agar lebih mudah lengket diwajah. Kamu juga bisa mengkonsumsi sayur daun kelor untuk mengurangi tingkat stres. Kalau stres berkurang, maka jerawat pun akan berkurang.

4. Mengatasi kulit berminyak

manfaat daun kelor istimewa

foto: unsplash.com

Berdasarkan riset yang ada, kulit berminyak dapat di atasi dengan vitamin A, vitamin E, dan juga vitamin C. Kamu bisa memakai daun kelor yang mempunyai semua kandungan vitamin yang dibutuhkan wajah berminyak. Gunakan sebagai masker wajah, kamu juga bisa menambahkan alpukat untuk memenuhi kebutuhan vitamin E nya.

5. Mencegah kerutan dan penuaan dini

manfaat daun kelor istimewa

foto: leafscience.org

Berdasarkan riset terbaru, mengonsumsi daun kelor atau dijadikan masker dan sejenisnya, sangat berguna dalam mengatasi kerutan dan penuan dini. Kerutan di wajah merupakan hal yang pasti akan terjadi. Tetapi, ada orang yang mengalaminya lebih cepat akbiat terlalu sering marah, terkena polusi, makanan yang tidak sehat, merokok dan sebagainya.

Jadi bagi kamu yang ingin mengurangi kerutan di wajah, sering mengonsumsi sayur daun kelor atau minum kapsul daun kelor untuk menambah kadar dopamin dan sorortonin. Sering memakai masker daun kelor juga dapat mencegah penuan dini bila digunakan selama 40 hari.

6. Mengatasi mata panda atau lingkaran hitam di bawah mata

manfaat daun kelor istimewa

foto: unsplash.com

Mata panda merupakan bercak di wajah yang sangat sulit untuk dihipus. Hal ini disebabkan karna lagi haid, sering begadang atau kecapean. Lingkaran hitam di bawah mata mungkin akan menggangu penampilan kamu ketika akan beraktivitas di pagi hari. Bagi kamu yang sudah menangis kemudian tidur, ketika terbangun juga akan mengalami mata panda ini.

Mata panda dapat dihilangkan dengan memberikan krim yang mengandung vitamin A, B6, dan juga protease. Nah ini semua sudah ada di daun kelor. Jadi untuk menghilangkan mata panda secara efektif, cukup dengan mengkonsumsi daun kelor dan memakai masker daun kelor. Untuk kamu yang ingin memakai masker daun kelor tidak boleh dicampur dengan buah atau apapun, cukup daun kelor saja.

7. Mengangkat sel kulit mati

manfaat daun kelor istimewa

foto: unsplash.com

Beberapa riset sudah membuktikan bahwa kombinasi vitamin daun kelor bisa mengangkat sel kulit mati serta menjaga nutrisi kulit tersebut. Caranya sama, gunakan daun kelor dipermukaan yang ingin kamu angkat kulit matinya. Untuk penggunaan di wajah, jadikan daun kelor sebagi masker wajah.

8. Membersihkan darah kotor

manfaat daun kelor istimewa

foto: cookpad.com

Daun kelor mengandung zat besi yang tinggi serta senyawa antioksidan yang cukup tinggi. Hal ini sangat baik untuk regenerasi sel darah kotor atau sel darah tua menjadi sel darah baru. Apabila peredaran darah terganggu, akan berdampak pada kulit dan khususnya wajah kamu.

Cara menggunakannya cukup mudah, kamu dapat mengonsumsi sayur daun kelor atau kamu juga bisa berkreasi dengan membuat susu campur daun kelor yang sudah diblender halus. Menurut riset, batasan konsumsi daun kelor sekitar 2 kg untuk satu orang. Jadi kamu bisa menakar daun kelor yang akan digunakan agar tidak berlebihan.

9. Mencerahkan kulit wajah

manfaat daun kelor istimewa

foto: india.com

Manfaat lain daun kelor yaitu untuk menjaga kebersihan kulit. Wajah akan tanpa lebih cerah serta dapat menghilangkan bintik-bintik hitam di wajah. Wajah tampak halus dan terwat dengan daun kelor. Kamu hanya perlu menghaluskan daun kelor dan mencampurkan sedikit madu. Kemudian gunakan masker ini di wajah pada saat sebelum tidur. Gunakan secara rajin untuk hasil yang maksimal.

10. Mengecilkan pori-pori kulit

manfaat daun kelor istimewa

foto: bbpkrim.com

Kamu punya masalah dengan pori-pori besar di wajah? Ada baiknya kamu gunakan duan kelor. Pori-pori besar biasanya muncul karena paparan sinar matahari atau bekas jerawat. Kamu bisa memakai daun kelor untuk mangatasinya, caranya sangat mudah, gunakan daun kelor sebagai masker. Kalau memakai secara rajin, kamu akan merasakan hasil yang luar biasa.

reporter: mgg/gusti ridani

Recommended By Editor
Loading...

Comments