10 Manfaat bunga melati untuk kecantikan, mampu melembapkan kulit

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

10 Manfaat bunga melati untuk kecantikan, mampu melembapkan kulit

10 Manfaat bunga melati untuk kecantikan, mampu melembapkan kulit

KEPONEWS.COM - 10 Manfaat bunga melati untuk kecantikan, mampu melembapkan kulit Bunga melati berwarna putih mungil dan mempunyai aroma yang harum. Bagi masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan bunga yang satu ini. Tanaman ini sangat mudah dijumpai di pinggir-pingg...

Bunga melati berwarna putih mungil dan mempunyai aroma yang harum. Bagi masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan bunga yang satu ini. Tanaman ini sangat mudah dijumpai di pinggir-pinggir jalan atau untuk mempercantik halaman rumah.

Melati dapat berbunga sepanjang tahun dan dapat tumbuh subur pada tanah yang gembur dengan ketinggian sekitar 600-800 mdpl. Jenis bunga melati ada sekitar 200, namun salah satu jenis melati telah dipilih menjadi "puspa bangsa" atau bunga simbol nasional yaitu melati putih (Jasminum sambac).

Bunga melati melambangkan kesucian dan kemurnian, serta mempunyai kaitan erat dengan banyak sekali tradisi dari banyak suku di Indonesia. Di antaranya digunakan sebagai hiasan rambut pengantin perempuan dalam upacara perkawinan, terutama bagi suku Jawa dan Sunda.

Meski seringkali dikaitkan dengan hal-hal mistik, bunga melati punya khasiat yang baik untuk kesehatan. Terlebih lagi untuk perawatan kecantikan alami, salah satunya bisa melembapkan kulit. Bunga melati banyak diolah menjadi banyak sekali produk seperti lotion dan aromaterapi.

Agar dapat mengetahui manfaat lainnya, berikut ini rangkum 10 manfaat bunga melati untuk kecantikan, yang dilansir dari Womenshealth dan Stylecraze, Rabu (9/6).

Manfaat bunga melati untuk kecantikan Womenshealth dan Stylecraze

foto: freepik.com

Bunga melati diyakini dapat mengurangi kerutan halus pada wajah serta membuat kulit terlihat lebih muda dan sehat. Manfaat tersebut dapat didapat dengan cara mengoleskan beberapa minyak dari bunga melati ke area wajah serta leher setiap malam secara rajin.

2. Mengatasi rambut rontok. Manfaat bunga melati untuk kecantikan Womenshealth dan Stylecraze

foto: freepik.com

Bagi yang mengalami masalah pada rambut seperti kebotakan dan rambut rontok, maka bunga melati dapat dijadikan solusi yang tepat digunakan untuk merawat rambut.

Caranya cukup mudah. Siapkan hingga 14 bunga melati, 6 daun mangkokan, 2 pandan wangi, 6 daun urang aring, 1 cangkir minyak kelapa, 50 ml minyak wijen, 10 gr kemiri, 2 buah bunga mawar, dan 4 liter air putih.

Kemudian, haluskan semua bahan dan rebus ramuan dengan api kecil selama 20 menit. Selanjutnya, dinginkan semua ramuan dan oleskan ke area kulit kepala sambil dipijat-pijat secara merata. Lakukan secara rajin sehari dua kali sebelum mandi.

3. Mengobati jerawat. Manfaat bunga melati untuk kecantikan Womenshealth dan Stylecraze

foto: freepik.com

Bagi kaum wanita, munculnya jerawat di wajah membuat kesal dan tidak percaya diri. Salah satu perawatan kulit yang dapat mengobati jerawat yaitu dengan memakai masker wajah dari bunga melati.

Manfaat bunga melati untuk atasi jerawat sebetulnya mudah untuk diaplikasikan. Cukup dengan membuatnya menjadi masker wajah.

Cara membuat masker wajah dengan bunga melati cukup mudah, adalah dengan membersihkan bunga melati, kemudian ditumbuk halus. Setelah itu, dioleskan bunga melati pada wajah berjerawat. Tunggu 10-15 menit, lalu bersihkan dengan air hangat. Lakukan hal ini secara rajin untuk mendapatkan hasil maksimal.

4. Melembapkan kulit. Manfaat bunga melati untuk kecantikan Womenshealth dan Stylecraze

foto: freepik.com

Manfaat bunga melati lainnya yaitu dapat melembapkan kulit. Kandungan antioksidan yang ada di dalamnya berfungsi untuk mengembalikan kelembapan kulit yang hilang.

Tak hanya itu, bunga melati juga dapat membuka pori-pori yang telah tertutup, kemudian melembapkannya dan menjadikannya lebih sehat. Cukup dengan memakai masker atau lotion bunga melati dapat membantu perawatan kulit kering dan iritasi. Hal ini tentunya akan bagus bagi mereka yang menderita eksim.

5. Antiseptik alami. Manfaat bunga melati untuk kecantikan Womenshealth dan Stylecraze

foto: freepik.com

Kandungan asam benzoat serta benzil benzoat dapat berfungsi sebagai antiseptik alami. Senyawa tersebut bisa membunuh serta menghambat bakteri serta jamur. Untuk itu, jikalau seorang sedang terkena luka, maka bunga melati juga dapat mempercepat serta mengurangi kemungkinan infeksi.

6. Menghaluskan kulit. Manfaat bunga melati untuk kecantikan Womenshealth dan Stylecraze

foto: freepik.com

Banyak cara yang dilakukan untuk merawat kulit dengan memakai bahan bunga melati. Salah satunya untuk lulur. Lulur bunga melati diyakini dapat bisa menghaluskan kulit tubuh.

Caranya mudah, cukup dengan menghaluskan bunga melati dan dicampur dengan minyak zaitun.

Setelah itu, dioleskan pada tubuh dan digosok untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Lakukan perawatan ini seminggu dua kali untuk hasil lebih maksimal.

7. Menjaga kelembapan kulit kepala. Manfaat bunga melati untuk kecantikan Womenshealth dan Stylecraze

foto: freepik.com

Masalah yang sering dialami pada kulit kepala yaitu adanya ketombe. Hal tersebut membuat kulit kepala terasa gatal dan berminyak. Ekstrak melati dapat menjaga kelembapan di kulit kepala. Selain itu, ekstrak melati juga dapat menjaga kulit kepala tetap terhidrasi sekaligus mencegah rambut berketombe.

8. Bantu menurunkan berat badan. Manfaat bunga melati untuk kecantikan Womenshealth dan Stylecraze

foto: freepik.com

Mempunyai berat badan ideal merupakan impian setiap orang, khususnya bagi kaum wanita. Salah satu bahan alami yang dipercaya membantu menurunkan berat badan yaitu bunga melati. Dengan mengombinasikan ekstrak bunga melati dan teh hijau, ramuan ini efektif turunkan berat badan.

Alasannya ialah bunga melati serta teh hijau miliki banyak kandungan antioksidan serta Epigallocatechin Gallate (EGCG) yang dapat bekerja efektif di tubuh untuk proses pembakaran lemak.

Manfaat bunga melati untuk kecantikan Womenshealth dan Stylecraze

foto: freepik.com

Wangi bunga melati yang khas kerap dijadikan sebagai campuran dalam banyak sekali produk kecantikan. Salah satunya sebagai parfum alami. Hal ini baik digunakan untuk mencegah bau badan yang tidak sedap.

Manfaat bunga melati untuk kecantikan Womenshealth dan Stylecraze

foto: freepik.com

Kandungan polifenol dalam teh melati dapat membantu melawan bau mulut. Selain itu, senyawa polifenol tersebut juga bersifat antioksidan. Dipercaya dapat menetralkan bakteri pembentuk plak seperti Streptococcus mutans.

Teh melati dibuat dengan mencampurkan teh hijau dengan daun melati. Minum atau berkumur dengan teh melati maka akan terhindar dari bau mulut.

Comments