10 Lagu Barat Terpopuler 2016 (Bagian 2)

Unik

Ragam / Unik

10 Lagu Barat Terpopuler 2016 (Bagian 2)

10 Lagu Barat Terpopuler 2016 (Bagian 2)

KEPONEWS.COM - 10 Lagu Barat Terpopuler 2016 (Bagian 2) Perkembangan musik Barat di tahun 2016 bisa dibilang beragam. Berbagai jenis musik dari mulai pop, R&B, dance hingga rock setia wara-wiri di tangga lagu dunia. Tidak ada jenis musik yang mendomina...

Perkembangan musik Barat di tahun 2016 bisa dibilang beragam. Berbagai jenis musik dari mulai pop, R&B, dance hingga rock setia wara-wiri di tangga lagu dunia. Tidak ada jenis musik yang mendominasi. Semua musisi mendapat kesempatan mencetak hits di tahun 2016.

Kami telah memilih 10 lagu Barat yang paling populer di tahun 2016. Daftar ini boleh dibilang merangkum berbagai jenis musik yang diminati sepanjang tahun ini. Kami mengukurnya dari prestasi di tangga lagu dunia, pemutarannya di radio lokal hingga kejadian viral.

Lagu Barat apa saja yang berhasil masuk daftar terpopuler 2016? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini:

'Pillowtalk' - Zayn Malik

Debut solo Zayn Malik sudah ditunggu publik sejak memutuskan hengkang dari One Direction pada Maret 2015 lalu. Untuk single perdananya 'Pillowtalk', Zayn Malik meninggalkan image manis One Direction. Zayn Malik tampil seksi dengan mengusung musik R&B. Jenis musik ini membuat vokal Zayn Malik terdengar lebih matang. Perubahan image Zayn Malik semakin terlihat ketika ia tampil mesra bersama kekasihnya Gigi Hadid dalam video klip 'Pillowtalk'. Secara keseluruhan 'Pillowtalk' mampu menampilkan sisi baru seorang Zayn Malik tanpa terkesan berlebihan.

Transformasi Zayn Malik mendapat respon positif di tangga lagu Inggris serta Amerika Serikat. 'Pillowtalk' berhasil debut di posisi pertama UK Singles Chart dan Billboard Hot 100. Prestasi Zayn Malik dalam Billboard Hot 100 membuatnya menjadi musisi Inggris pertama yang memuncaki tangga lagu tersebut lewat lagu debut.

'We Don't Talk Anymore' - Charlie Puth & Selena Gomez

Duet Charlie Puth dan Selena Gomez sukses menghebohkan publik di tahun 2016. Publik penasaran dengan kolaborasi dua penyanyi Barat yang pamornya melejit beberapa tahun belakangan ini. Hasilnya tidak mengecewakan. 'We Don't Talk Anymore' mudah diingat publik karena liriknya yang catchy. Publik juga terbuai oleh perpaduan suara manis Charlie Puth dan Selena Gomez dengan iringan musik tropical house.

'We Don't Talk Anymore' melanjutkan eksistensi Charlie Puth dan Selena Gomez di dunia musik. 'We Don't Talk Anymore' menjadi single kedua Charlie Puth dan single keenam Selena Gomez yang masuk 10 besar tangga lagu Billboard Hot 100.

Shawn Mendes

'Treat You Better' - Shawn Mendes

Shawn Mendes berhasil mempertahankan kesuksesan lewat album keduanya Illuminate. Album ini memiliki single andalan 'Treat You Better' yang masih bernuansa pop-rock dengan reffrain menghentak. Formula ini mirip dengan single pertama Shawn Mendes berjudul 'Stitches'.

Publik ternyata sudah jatuh cinta dengan musik khas Shawn Mendes. Buktinya 'Treat You Better' menjadi single kedua Shawn Mendes yang masuk 10 besar tangga lagu Billboard Hot 100. Kepopuleran 'Treat You Better' sampai di Indonesia dimana Shawn Mendes menempati posisi pertama daftar 25 Under 25 versi Spotify Indonesia dengan 25 juta pendengar lagu-lagunya per bulan.

Coldplay

'Hymn for the Weekend' - Coldplay

Setelah merilis album A Head Full of Dreams pada Desember 2015, kesuksesan Coldplay berlanjut setahun kemudian. Coldplay sanggup menelurkan berbagai hit dari album teranyarnya seperti 'Hymn for the Weekend', 'Up & Up', dan 'A Head Full of Dreams'.

Diantara lagu-lagu di atas, 'Hymn for the Weekend' boleh dibilang paling populer. Ini karena Coldplay berhasil mengajak Beyonce berkolaborasi untuk lagu tersebut. Kelembutan vokal Beyonce membuat 'Hymn for the Weekend' terasa lebih berwarna. Vokal Beyonce terasa pas saat bersenandung nada-nada merdu di akhir lagu 'Hymn for the Weekend'. Kolaborasi Coldplay dan Beyonce ini sukses mengantar 'Hymn for the Weekend' berada di posisi keenam UK Singles Chart.

'Heathens' - Twenty One Pilots

Film Suicide Squad menjadi bahan pembicaraan publik di tahun 2016. Jadi tidak usah heran bila kepopuleran film ini ikut mengangkat soundtracknya. Contohnya, 'Heathens' milik Twenty One Pilots. Lagu berirama alternatif ini terasa cocok menggambarkan tema film Suicide Squad. Dengar saja melodi lagunya yang unik, mirip dengan sifat eksentrik para karakter utama Suicide Squad.

Tidak hanya sukses merepresentasikan filmnya, 'Heathens' juga mendulang prestasi di tangga lagu Amerika Serikat. 'Heathens' sukses menempati posisi kedua Billboard Hot 100 dan menjadi lagu Twenty One Pilots kedua yang meraih posisi tersebut. 'Heathens' kemudian masuk nominasi Grammy Awards 2017 untuk kategori Best Rock Performance, Best Rock Song, dan Best Song Written for Visual Media.

(dira/ray)

Comments