10 Klub sepak bola ini punya tim eSport, ada dari Indonesia

All Sports

Sports / All Sports

10 Klub sepak bola ini punya tim eSport, ada dari Indonesia

10 Klub sepak bola ini punya tim eSport, ada dari Indonesia

KEPONEWS.COM - 10 Klub sepak bola ini punya tim eSport, ada dari Indonesia Perkembangan olahraga elektronik atau eSport tengah berkembang pesat beberapa tahun terakhir. Tak heran apabila banyak pihak yang memprediksi eSport akan menjadi cabang olahraga yang populer di masa d...
Loading...

Perkembangan olahraga elektronik atau eSport tengah berkembang pesat beberapa tahun terakhir. Tak heran apabila banyak pihak yang memprediksi eSport akan menjadi cabang olahraga yang populer di masa depan.

Melihat perkembangan yang pesat tersebut, klub sepak bola profesional tidak mau ketinggalan untuk melebarkan sayapnya di dunia eSport dengan membentuk tim di cabang olahraga tersebut. Dengan basis penggemar besar yang manajemen yang telah dimiliki oleh klub sepak bola, bukan tidak mungkin mereka dapat berprestasi di dunia eSport.

Tren klub sepak bola yang merambah ke eSport mulai terjadi pada tahun 2015 lalu dimulai dari klub-klub sepak bola Eropa. Melihat peluangnya ke depan, banyak klub di luar Eropa termasuk Indonesia yang turut mengambil langkah untuk membentuk tim khusus untuk eSport.

Penasaran? Yuk simak 10 klub sepak bola yang telah mempunyai tim eSport seperti dihimpun dari banyak sekali sumber, Sabtu (15/6) berikut ini.

1. Wolfsburg.

tim esport sepak bola © 2019

foto: sportbuzzer.de

Klub asal Jerman, Wolfsburg merupakan klub pertama yang membuat inovasi dengan membentuk tim eSport. Mereka memfokuskan diri pada game FIFA. Benedikt Saltzer dan Daniel Fink, pemain game FIFA menjadi rekrutan pertama tim eSport Wolfsburg pada tahun 2015. Selain FIFA, Wolfsburg juga berencana untuk berekspansi dengan membentuk tim eSport game lain.

2. AS Roma.

tim esport sepak bola © 2019

foto: esportsobserver.com

AS Roma menjadi klub Italia pertama yang membentuk tim eSport pada tahun 2017. Mereka bekerjasama dengan Fnatic, sebuah organisasi eSport yang berbasis di London. Selain game FIFA, tim eSport AS Roma telah berkompetisi di sejumlah game populer seperti League of Legends, Counter-Strike, hingga Dota 2.

3. West Ham United.

tim esport sepak bola © 2019

foto: dailymail.co.uk

Di Inggris, West Ham United menjadi klub pertam yang membentuk tim eSport. Klub tersebut merekrut atlet eSport yang fokus game FIFA, Sean 'Dragon' Allen pada tahun 2016. Layaknya pesepak bola profesional, ia diperkenalkan pada media di stadion dengan jersey bernomor punggung 50. Sean Allen merupakan runner up FIFA Interactive World Cup pada tahun 2016.

4. Manchester City.

tim esport sepak bola © 2019

foto: mancity.com

Langkah West Ham United membentuk tim eSport kemudian diikuti oleh klub Inggris lainnya, adalah Manchester City. The Citizen mengontrak atlet FIFA, Kieran Brown pada Oktober 2016.

5. Schalke 04.

tim esport sepak bola © 2019

foto: esportsobserver.com

Schalke 04 menyusul Wolfsburg sebagai klub sepak bola Jerman yang telah membentuk tim eSport pada Mei 206. Berbeda dengan klub lain yang mengontrak atlet eSport, Schalke 04 membeli tim eSport League of Legend dan mengubah namanya menjadi Schalke 04 eSport Team.

6. Paris Saint Germain.

tim esport sepak bola © 2019

foto: mineski.net

PSG meluncurkan tim PSG eSports pada Oktober 2016. Mereka mengontrak dua atlet FIFA, August Rosenmeier dan Lucas Cuillerier. Selain game FIFA, tim eSport PSG juga fokus dalam game League of Legends.

7. Valencia.

tim esport sepak bola © 2019

foto: theverge.com

Di Spanyol, Valencia menjadi klub sepak bola pertama yang membentuk tim eSport pada Juni 2016. Tak tanggung-tanggung, mereka telah membentuk empat tim eSport yang fokus pada game FIFA, League of Legends, Heartstone dan Rocket League. Tim eSports Valencia langsung berprestasi dengan menjuarai Hearth dan League of Legends pada ajang DreamHack 2016.

8. Santos

tim esport sepak bola © 2019

foto: techtudo.com.br

Tak hanya klub sepak bola Eropa, klub asal Amerika Latin pun juga telah mengikuti tren membentuk tim eSport. Klub tersebut merupkan klub Santos yang berasal dari Liga Brazil.Klub tersebut telah membentuk tim eSports pada Maret 2018. Tak tanggung-tanggung, Santos telah mempunyai empat tim eSport yang fokus dalam game Call of Duty, League of Legends, Battlefield 4, dan Crossfire.

9. Bali United.

tim esport sepak bola © 2019

foto: Instagram/@iogesports

Tak mau kalah dengan klub sepak bola luar negeri, klub asal Indonesia juga mulai melirik eSport dengan membentuk tim khusus. Klub asal pulau dewata, Bali United menjadi klub Indonesia pertama yang mempunyai tim eSport yang dibentuk pada awal tahun 2019. Bekerja sama dengan salah satu tim eSport lokal, Bali United membentuk tim yang dinamai Island of Gods. Sejumlah cabang game yang akan dimainkan Island of Gods antara lain Mobile Legends, Dota 2, dan PlayersUnknown's BattleGround. Tim tersebut pun langsung diturunkan dalam sejumlah kejuaraan eSports lokal.

10. PSS Sleman.

tim esport sepak bola © 2019

foto: Instagram/@ejs.sport

Klub pendatang baru Liga 1, PSS Sleman membuat gebrakan yang cukup mengejutkan dengan menyusul langkah Bali United membentuk tim eSport bernama Elang Jawa eSport (EJS) pada Juni 2019. Sebagai awal, EJS akan berkompetisi di game sepak bola Pro Evolution Soccer dan FIFA. Ke depan, tim tersebut akan merambah ke game lain seperti Mobile Legend.

Recommended By Editor
Loading...

Comments