10 Kegunaan rambut yang nggak kamu duga, jadi saus hingga kursi

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

10 Kegunaan rambut yang nggak kamu duga, jadi saus hingga kursi

10 Kegunaan rambut yang nggak kamu duga, jadi saus hingga kursi

KEPONEWS.COM - 10 Kegunaan rambut yang nggak kamu duga, jadi saus hingga kursi Banyak yang beranggapan rambut yang telah dipotong menjadi sampah di salon. Rambut tersebut akhirnya terbuang dan tidak dipakai. Namun ada juga yang masih memanfaatkan rambut di salon. Beberapa orang...

Banyak yang beranggapan rambut yang telah dipotong menjadi sampah di salon. Rambut tersebut akhirnya terbuang dan tidak dipakai. Namun ada juga yang masih memanfaatkan rambut di salon.

Beberapa orang memanfaatkan rambut sebagai sanggul atau wig. Nah kira-kira rambut bisa dimanfaatkan sebagai apa saja sih? Yuk simak rangkumannya berikut ini dilansir dari banyak sekali sumber, Jumat (19/1).

1. Kursi dari rambut.

foto: trendhunter.com

Seorang seniman bernama Ronald Thompson membuat kursi dari rambut. Pria yang juga mantan penata rambut tersebut mengumpulkan 2 kg rambut dari salon-salon di London. Kursi dari rambut tersebut dinamai Stiletto Chair. Kursi tersebut dijual di pasaran dengan harga Rp 199 juta.

2. Perhiasan berbahan rambut.

foto: National Geographic

Saat era Ratu Victoria, masyarakat Inggris mempunyai cara unik untuk berkabung. Saat pangeran Albert meninggal, ratu Victoria menyimpan rambut suaminya itu. Rambut tersebut lalu ia pakai di leher sebagai perhiasan. Bermula dari situ, masyarakat Inggris mulai menyimpan rambut kerabatnya yang meninggal untuk dijadikan perhiasan.

3. Saus dari rambut.

foto: litverse.com

Sebuah perusahaan di China membuat saus dari rambut manusia. Konon, rambut manusia kaya akan protein. Namun praktik membuat saus tersebut mendapat peringatan dari dinas kesehatan setempat. Saus dari rambut disebut bisa memicu banyak sekali penyakit seperti kanker.

4. Pupuk rambut.

foto: npr.org

Sebuah perusahaan Samrt Grow menciptakan pupuk dengan bahan dasar rambut. Perusahaan tersebut didirikan oleh seorang penata rambut bernama Phil McCrory. Penggunaan rambut manusia sebagai pupuk bukanlah hal baru. Bahkan petani China zaman lampau menggunakan rambut untuk menyuburkan tanamannya.

5. Dupa rambut.

foto: litverse.com

Masyarakat India kuno menggunakan rambut sebagai dupa. Konon aroma rambut terbakar sangat disukai makhluk halus. Mereka mencampur rambut dengan jahe dan beberapa tumbuhan yang menghasilkan aroma terapi.

6. Pengendali hama.

foto: offthegridnews.com

Tak hanya bisa digunakan sebagai pupuk, rambut juga bisa untuk mengendalikan hama. Caranya yakni masukan rambut dalam tas nilon, lalu pasang di kebunmu. Hewan seperti siput, kelinci, rusa, dan hewan pengerat tidak akan masuk kebunmu karena bau rambut. Agar efektif, pengendali hama dari rambut tersebut harus diganti setiap dua minggu sekali.

7. Baju dari rambut.

foto: comedycentral.nl

Seorang penata rambut dan pemilik salon bernama Bill Black membuat baju dari rambut. Ia mengumpulkan rambut di salonnya. Bersama istrinya, Bill mulai merancang banyak sekali jenis dress, topi, dari rambut.

Tidak hanya Bill, seorang wanita bernama Sarah Bryan juga membuat dress dari rambut. Ia menjual karyanya tersebut di pasaran dengan harga Rp 173 juta.

8. Pembersih minyak.

foto: inhabitat.com

Phil McCrory lagi-lagi memiliki ide unik memanfaatkan rambut. Ia menggunakan rambut sebagai alat pembersih minyak. Caranya gampang, rambut tersebut disusun menjadi sebuah gulungan. Gulungan rambut bisa menyerap minyak sebanyak 4 liter. Wah mempermudah bersih-bersih di dapur restoran.

9. Karya seni.

foto: Mom.me

Rambut bisa diubah menjadi banyak sekali karya seni. Sebagai contoh bros, kalung, pin dan lain sebagainya. Bahkan ada museum yang menyimpan karya seni khusus dari rambut yakni Leila s Hair Museum.

10. Alat musik.

foto: gabworthy.com

Masyarakat Pulau Mindoro, Filipina mempunyai alat musik unik bernama Gitgit. Alat musik tersebut seperti gitar yang memiliki tiga senar. Nah senarnya ini terbuat dari rambut manusia.

(swh)

Comments