10 Kasus Anorexia Terheboh

Unik

Ragam / Unik

10 Kasus Anorexia Terheboh

10 Kasus Anorexia Terheboh

KEPONEWS.COM - 10 Kasus Anorexia Terheboh Memiliki tubuh ideal merupakan impian hampir semua orang. Namun tak jarang pula keinginan ini akhirnya menjadi obsesi.Anoreksia, ialah salah satu penyakit mental yang sangat berbahaya. Anoreksia bisa...


Memiliki tubuh ideal merupakan impian hampir semua orang. Namun tak jarang pula keinginan ini akhirnya menjadi obsesi.

Anoreksia, ialah salah satu penyakit mental yang sangat berbahaya. Anoreksia bisa dipicu oleh banyak sekali hal, misalnya keinginan pribadi untuk menjadi kurus, atau bahkan ejekan orang-orang sekitar yang mengatakan seseorang terlalu gemuk.

Tragis sekali menyaksikan banyak korban anoreksia, seperti orang-orang dalam artikel ini. Beberapa di antara tidak makan sama sekali dalam jangka waktu yang lama, bahkan hingga setahun. Mereka berolahraga terlalu keras hanya karena ingin kurus. Seperti apa nasib mereka?

1. Tak Makan Setahun

Emma Duffy (24) sudah mulai ingin menguruskan tubuhnya semenjak usianya masih 8 tahun. Keinginan Emma ini dipicu oleh kata-kata guru dance semasa kecil, yang mengatakan ia terlalu gemuk dan butuh diet. Semenjak ketika itu, Emma mulai mengurangi makanannya, dan berusaha memuntahkan makanan yang ia telan. Awalnya sang ibu tak pernah menyadari keanehan ini, hingga sekitar 3 tahun yang lalu, bobot tubuh Emma turun drastis. Ia sering pingsan di sekolah. Lebih dari itu, semenjak anoreksia menjangkiti mentalnya, Emma sering melakukan percobaan bunuh diri, hingga total 9 kali. Hingga beberapa waktu yang lalu, Emma masih dirawat di rumah sakit, dan hidupnya hanya bersandar pada selang-selang cairan makanan. Kini hampir setahun sudah Emma tak makan.

2. Dokter Kembar Anoreksia

Dokter seharusnya memahami dengan baik perihal kesehatan, apalagi kesehatan tubuhnya sendiri. Namun sepasang dokter kembar ini melakukan perjanjian aneh dengan berloma untuk mengalahkan satu sama lain dalam hal anoreksia. Gambar di atas foto Dr. Maria dan Katy pada usia 20 tahun. Pada tahun 2009 mereka lulus dan menjadi sarjana kedokteran. Namun mereka tak banyak menolong orang dengan kemampuan mereka karena harus bolak-balik ke rumah sakit karena mengurus tubuh mereka yang sakit. Bagi mereka, anoreksia merupakan penyakit obsesi. Mereka selalu khawatir berat badannya akan naik kalau mereka tak mengurangi makan. Gara-gara penyakit ini, mereka pun mandul dan organ-organ tubuh mereka terancam rusak.

3. Ketampanan Direnggut Anorexia

Jeremy Gillitzer, dulunya merupakan seorang model pria yang memiliki wajah ganteng dan tubuh memesona. Wanita pun banyak yang terpukau melihat perutnya yang memiliki six packs. Sayangnya, tak banyak yang tahu bahwa ia berusaha melawan anoreksia dan bulimia. Selama menderita anoreksia, ia berusaha memuntahkan makanan yang ia telan, dan melakukan olahraga dengan porsi terlalu banyak. Ketika ia meninggal pada tahun 2010 (usianya 38 pada ketika itu), tubuhnya hanya berbobot 33 kg.

4. Berjalan 12 Jam Sehari

Kisah perempuan yang satu ini benar-benar mengejutkan. Rata-rata orang takkan sanggup berjalan kaki tanpa henti selama lebih dari satu jam. Namun tidak demikian dengan Lauren Bailey. Berat badan Lauren turun drastis setelah berjalan 12 jam sehari selama beberapa tahun. Lauren mulai diserang anoreksia ketika berusia 14 tahun, usia yang sangat muda untuk memikirkan soal diet. Pada Maret 2006, ia dirawat kembali di rumah sakit setelah berat badannya semakin turun.Berbulan-bulan setelah bisa keluar dari rumah sakit, Lauren berusaha melawan penyakit mental tersebut. Seperti inilah wajah Lauren (26), 10 tahun setelah berusaha mengatasi anoreksia.

5. Anoreksia Ketika Hamil (Pregoreksia)

Pernahkah Anda membayangkan apa jadinya bila seorang ibu hamil mengalami kondisi anoreksia? Dalam kesehatan, penyakit itu diberi nama pregoreksia. Salah satu yang mengalaminya ialah Baumann. Baumann sangat ketakutan ketika tubuhnya menjadi lebih gemuk ketika hamil. Selama hamil anak pertama dan kedua, ia berjuang dalam kondisi pregoreksia. Ia bahkan tak memikirkan keselamatan sang anak. Demi menurunkan berat badannya, Baumann berolahraga sangat keras selama hamil, dan anaknya hampir saja keguguran. Untunglah dalam kondisi seperti itu, sang anak lahir dengan sehat. Semenjak ketika itu Baumann berusaha sembuh. Kini, ia telah terlibat dalam kampanye anti anoreksia.

6. Model Anoreksia Jelang Kematian


Isabelle Karo dikenang karena keberaniannya berpose telanjang sebagai model poster anti anoreksia. Wanita ini bersedia melakukan hal tersebut untuk menunjukkan efek buruk Anoreksia yang ia alami. Isabelle menderita Anoreksia semenjak berusia 13 tahun. Sang model memberikan hal ini pada CBS News pada tahun 2007. Akhirnya ia meninggal pada usia 28, tahun 2010, setelah dirawat karena penyakit pernapasan akut yang dipicu oleh anoreksia.

7. Kalahkan Anoreksia Demi Jadi Ibu


Penampilan Hayley Wilde dulu sangat kurus, nyaris seperti hanya tulang dan kulit. Para dokter pun mengingatkannya bahwa hidupnya bisa jadi tinggal seminggu bila ia tak mencoba mengatasi penyakit anoreksia yang ia hadapi. Hayley menderita anoreksia semenjak usianya 11 tahun. Ketika semakin parah, Hayley harus dirawat di rumah sakit dan makan dari cairan via selang. Rambutnya mulai rontok dan ia berhenti mengalami menstruasi. Namun tekad yang luar biasa dan keinginannya untuk bisa memiliki anak membuat perjuangannya tak sia-sia. Beberapa tahun setelah itu, Hayley mengembalikan bobot tubuhnya, dan kembali mengalami menstruasi. Pada tahun 2011 ia telah melahirkan seorang anak yang sehat.

8. Sembuh Anoreksia Demi Baju Pengantin

Gara-gara mantan pacarnya mengancam putus bila Kate Puncher tak menurunkan berat badan, wanita ini mulai mengembangkan anoreksia dalam tubuhnya. Berat badannya pun turun drastis hingga sempat mencapai angka 25kg! Ketika akhirnya putus cinta, Kate tak bisa menghilangkan kebiasaannya selama ini. Untunglah ia bertemu dengan seorang pria yang akhirnya membantunya untuk sembuh. Untuk memotivasi sang calon istri, pria ini membelikan gaun pengantin yang ukurannya 2 kali lebih besar dari tubuh super kurus Kate. Agar bisa mengenakan baju pengantin dengan baik, Kate akhirnya berusaha melawan anoreksia yang ia alami. Hasilnya, ia pun tampak cantik dengan gaun pengantin seperti foto di atas. Pasangan ini menikah di Kuba pada tahun 2009. Kini Kate pun telah melahirkan seorang anak.

9. Dua Bersaudara Model Yang Meninggal


Dulu, banyak sekali model yang tak diterima untuk naik ke atas runway bila mereka sedikit saja lebih gemuk. Ini juga yang memicu Eliana Ramos dan Luisel Ramos, 2 bersaudara yang berprofesi sebagai model, mengembangkan anoreksia di tubuh mereka. Meski terlihat sehat di atas runway, Luisel dan Eliana sebenarnya jauh lebih kurus dan kondisi organ mereka tak baik. Luisel akhirnya meninggal pada usia 22 tahun, sedangkan Eliana (adiknya) meninggal 6 bulan setelahnya, karena serangan jantung yang dipicu anoreksia.

10. Model Brazil Dikatai Gemuk

Ana Carolina Reston yang berasal dari Brazil, berjuang mati-matian untuk sukses dalam dunia modeling semenjak masih muda. Ia pun pernah memenangkan sederet penghargaan sebagai model muda. Sayangnya semua itu berubah ketika Ana berkunjung ke China. Ketika itu Ana tampaknya dikontrak untuk menjadi model salah satu brand. Namun salah satu boss di sana mengatakan bahwa ia terlalu gemuk. Ana yang ketika itu takut karirnya gagal, menanggapi ini dengan serius dan mulai menjadi anoreksik. Dunia modeling pun akhirnya berduka ketika sang model berbakat meninggal pada tahun 2006, setelah mengalami gagal ginjal karena anoreksia. Semenjak ketika itu kampanye untuk tak menampilkan model yang terlalu kurus di atas runway semakin gencar.

Comments