10 Istilah di dunia film ini banyak yang belum tahu artinya

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

10 Istilah di dunia film ini banyak yang belum tahu artinya

10 Istilah di dunia film ini banyak yang belum tahu artinya

KEPONEWS.COM - 10 Istilah di dunia film ini banyak yang belum tahu artinya Ada banyak sekali istilah-istilah dalam industri film. Ada beberapa yang mungkin seringkali berseliweran di indera pendengaran kamu, tapi kamu masih nggak paham artinya apa. Mau tanya sama temen dikir...

Ada banyak sekali istilah-istilah dalam industri film. Ada beberapa yang mungkin seringkali berseliweran di indera pendengaran kamu, tapi kamu masih nggak paham artinya apa. Mau tanya sama temen dikira nggak gaul, tapi kalau nggak nanya jadi penasaran.

Oleh karena itu, kasih bocoran deh. Berikut arti dari istilah-istilah yang seringkali nongol di dunia perfilman, sebagaimana olah dari banyak sekali sumber, Kamis (13/4).

1. Blockbuster.

foto: canada.com

Kamu mungkin pernah mendengar deretan film yang masuk dalam daftar blockbuster. Blockbuster sendiri merupakan istilah untuk film yang telah mencapai sukses besar, baik itu dari penjualan tiket, pendapatan global, ataupun kepopulerannya di masyarakat umum. Contoh-contoh film blockbuster seperti Titanic, Star Wars, atau The Lord of The Rings.

2. Box office.

foto: discovermagazine.com

Nah, selevel di bawah blockbuster ada istilah box office. Box office awalnya merujuk pada tempat penjualan tiket yang berbentuk kotak. Namun seiring berkembangnya waktu, box office digunakan untuk melabeli film-film yang penghasilan pemutaran filmnya lebih dari biaya pembuatan film itu sendiri, dan penghasilan itu hanya diperoleh dalam beberapa hari saja.

3. Prekuel.

foto: fuse.tv

Prekuel biasa digunakan untuk film-film yang menceritakan kejadian yang terjadi di film sebelumnya. Sebagai contoh, trilogi The Hobbit yang menceritakan keadaan sebelum film The Lord of The Ring. Jadi bisa dibilang The Hobbit merupakan prekuel dari film The Lord of The Ring.

4. Sekuel.

foto: abduzeedo.com

Nah kebalikan dari prekuel ada sekuel. Sekuel dapat diartikan sebagai kisah kelanjutan dari sebuah film yang sudah ada atau sudah tayang. Misalnya seperti Toy Story 2, Toy Story 3, atau Spider-Man 2 dan Spider-Man 3.

5. Sidekick.

foto: ew.com

Sidekick ialah julukan untuk sebuah karakter yang berperan sebagai pendamping tokoh utama. Salah satu sidekick yang paling populer merupakan Robin, yang berperan sebagai pendamping Batman.

6. Antagonis dan protagonis.

foto: harrypotterrokz.wordpress.com

Nah kalau yang ini pasti sering banget kamu dengar kan. Protagonis merupakan tokoh utama dalam sebuah film, sementara antagonis merupakan tokoh yang berkonflik dengan tokoh protagonis.

Sayangnya, banyak yang sering menganggap kalau protagonis merupakan tokoh baik sementara antagonis merupakan tokoh jahat. Padahal nggak semua seperti itu lho. Contohnya saja Pirates of Carribean.

Tokoh protagonis dalam film itu merupakan si Jack Sparrow yang menjadi bajak laut alias perompak. Yang jadi pertanyaan, apakah di kehidupan nyata seorang perompak ialah sosok yang baik?

7. Remake.

foto: kingkong.wikia.com

Istilah remake digunakan untuk film yang dibuat ulang tanpa mengubah alur cerita dan karakter. Namun remake tidak mengharuskan menggunakan judul yang sama, seperti film laris Hong Kong Internal Affairs (2002) dibuat ulang oleh Hollywood dengan judul The Departed (2006).

Bisa dibilang remake ialah penggarapan film yang masih 'menghormati' sumber asli, terutama jalan ceritanya. Tujuannya ialah untuk bisa mengulang kesuksesan yang dulu pernah diraih.

8. Reboot.

foto: techpoweredmath.com

Serupa tapi tak sama, ada juga istilah reboot. Reboot memiliki arti penggarapan ulang film tetapi inti ceritanya bisa menyimpang dari sumber aslinya. Contohnya seperti Spider-Man yang kemudian di-reboot menjadi The Amazing Spider-Man. Kedua film superhero tersebut masih mengangkat karakter yang sama, namun jalan ceritanya sudah berbeda.

9. Spin-off.

foto: factinate.com

Spin-off merupakan istilah yang digunakan untuk sebuah film yang dibuat secara khusus untuk menceritakan suatu kejadian atau menceritakan sebuah karakter yang emang punya fansbase tersendiri.

Biasanya yang karakter yang dibuat spin-off itu merupakan karakter yang emang sudah kuat banget dan bisa mencuri perhatian dari para penikmat film. Contohnya saja The Wolverine.

10. Cross-over.

foto: pluggedin.com

Cross-over merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menyebutkan sebuah film yang mempertemukan beberapa karakter yang sebelumnya sudah terkenal dan dimunculkan di film lain. Contohnya seperti Freddy vs Jason, Alien vs Predator, atau The Avengers.

(del)


Comments

loading...