10 Inspirasi bekal sekolah anak selain nasi, biar nggak jajan

Unik

Ragam / Unik

10 Inspirasi bekal sekolah anak selain nasi, biar nggak jajan

10 Inspirasi bekal sekolah anak selain nasi, biar nggak jajan

KEPONEWS.COM - 10 Inspirasi bekal sekolah anak selain nasi, biar nggak jajan Anak-anak bisa menghabiskan waktu berjam-jam dari pagi hingga siang bahkan sore di sekolah. Hal itu membuat daya tahan tubuh anak-anak harus kuat dan sehat. Salah satunya merupakan dengan menjaga pola...
Loading...

Anak-anak bisa menghabiskan waktu berjam-jam dari pagi hingga siang bahkan sore di sekolah. Hal itu membuat daya tahan tubuh anak-anak harus kuat dan sehat. Salah satunya merupakan dengan menjaga pola makan yang sehat.

Banyak orangtua yang memilih memberikan uang saku kepada anak-anaknya dengan tujuan dapat digunakan untuk jajan makanan selama di sekolah. Dari sisi keuangan, hal itu bisa jadi membuat anak menjadi konsumtif dan boros.

Padahal, ada solusi yang dapat dilakukan agar orangtua tidak menjadikan anaknya suka jajan makanan di luar, adalah dengan membawakan bekal mekanan untuk anak ke sekolah. Selain menghindarkan anak dari perilaku konsumtif, membawakan bekal makanan untuk anak ke sekolah dapat menghindarkan anak jajan sembarangan yang belum tentu terjamin higienitasnya.

Bekal makanan yang sehat biasanya berisi makanan yang mengandung banyak karbohidrat yang berguna untuk memberikan tenaga bagi tubuh. Karbohidrat banyak ditemui di makanan seperti nasi.

Namun, tahukah kamu kalau kandungan karbohidrat juga terdapat di banyak makanan selain nasi? Oleh karena itu, para orangtua dapat menggganti bekal makanan untuk anak dengan makanan-makanan lain. Dengan mengkreasikannya agar lebih terlihat menarik, diharapkan anak-anak jadi lebih suka memakan bekal makanannya daripada harus jajan saat sekolah.

Nah, apa saja bekal makanan pengganti nasi yang bisa disiapkan para orangtua untuk anaknya ke sekolah? merangkum inspirasi bekal sekolah anak selain nasi yang dari banyak sekali sumber pada Jumat (12/4) berikut ini.

1. Singkong.

bekal sekolah selain nasi © 2019

foto: Instagram/@yulichia88

Singkong ialah sumber karbohidrat yang baik bagi tubuh. Supaya lebih mearik, singkong bisa diolah menjadi banyak sekali jenis makanan seperti keripik singkong, singkong keju, atau banyak sekali macam camilan singkong lainnya.

Selain karbohidrat, kandungan gizi yang terdapat pada singkong ialah vitamin C. Kandungan tersebut tentu sangat cocok untuk bekal anak ke sekolah.

2. Ubi-ubian.

bekal sekolah selain nasi © 2019

foto: Instagram/@raditutomo

Bekal berisi olahann ubi-ubian dapat menjadi alternatif bekal untuk anak. Makanan ini kaya dengan karbohidrat dan tinggi serat yang baik untuk daya tahan dan pencernaan si kecil.

Teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis cocok untuk anak-anak. Bekal makanan dari ubi-ubian bisa dikreasikan berupa ubi daging cincang, omelet ubi daging, ayam tumis ubi, dan lain-lain.

3. Pasta.

bekal sekolah selain nasi © 2019

foto: Instagram/@raditutomo

Sering dikira tidak sehat, pasta terbuat dari bahan utama tepung terigu dan telur yang kaya akan karbohidrat. Sumber karbohidrat dalam pasta penting bagi otak dan otot beraktivitas. Berbeda dengan gula yang memberikan energi secara instan, pasta lebih berperan dalam memertahakankan keseimbangan energi.

Untuk menggantikan nasi, para orangtua bisa mengkreasikan pasta dengan banyak sekali kreasi resep seperti pasta neapolitan, macaroni sheese, spaghetti pie, atau fettucine saus jamur. Selain itu, resep ini bisa dipadukan dengan makanan lain seperti sayur-sayuran atau daging.

4. Kentang.

10 Inspirasi bekal sekolah anak selain nasi, biar nggak jajan © 2019

foto: pixabay.com

Kentang merupakan makanan berkarbohidrat yang dapat menjadi alternatif pengganti nasi untuk bekal si kecil di sekolah. Apalagi, teksturnya yang lembut banyak disukai oleh anak-anak.

Selain karbohidrat, kentang juga mengandung serat dan protein yang baik bagi tubuh, Kentang dapat divariasikan berupa resep seperti omelet kentang, kentang panggang, orak arik kentang, atau kentang goreng.

5. Nugget.

bekal sekolah selain nasi © 2019

foto: Instagram/@mayasefry

Nugget juga makanan yang dapat disiapkan untuk menggantikan nasi di bekal anak untuk sekolah. Cara memasaknya yang mudah dan praktis membuat nugget sering disiapkan para orangtua saat menyiapkan bekal untuk anaknya. Protein hewani dan karbohidrat merupakan kandungan terbesar yang ada dalam nugget. Dua kandungan gizi itu sangat dibutuhkan anak-anak dalam masa perkembangan.

6. Sosis mi.

bekal sekolah selain nasi © 2019

foto: Instagram/@yuliafoods

Walaupun mengandung kandungan lemak, sosis mi bisa jadi alternatif bekal sekolah untuk anak yang menarik selain nasi. Protein tinggi yang terdapat pada sosis baik untuk tumbuh kembang anak di sekolah. Kreasikan bentuk makanan semenarik mungkin agar anak tidak bosan.

7. Roti sandwich.

bekal sekolah selain nasi © 2019

foto: Instagram/@___xxyui

Roti sandwich atau roti isi ialah alternatif bekal yang praktis dibuat. Selain itu, bahan-bahan dalam sandwich jauh lebih sehat apabila dibuat sendiri dibanding harus membelinya di luar.

Roti yang terbuat dari bahan tepung teridu merupakan sumber karbohidrat yang tinggi. Sementar itu, isi roti sandwich dapat dipilih sesuka hati, bisa menyesuaikan dengan kesukaan si kecil. Isi sandwich yang ideal antara lain daging dan sayur-sayuran. Jangan lupa untuk membuat roti sandwich untuk si kecil terlihat menarik agar ia tidak bosan.

8. Lumpia.

bekal sekolah selain nasi © 2019

foto: Instagram/@manilaspoon

Siapa bilang lumpia tidak bisa jadi bekal anak untuk sekolah? Makanan ini cocok dimakan pagi atau siang hari di sekolah. Lumpia mempunyai kandungan kalori dan karbohidrat yang tinggi. Isi lumpia pun bisa dikreasikan mulai dari sayur-sayuran hingga daging yang kaya akan protein.

9. Omelette pizza.

bekal sekolah selain nasi © 2019

foto: Instagram/@hangoutz_cafe

Telur mengandung protein yang kaya bagi anak. Agar anak tertarik mengonsumsinya, telur bisa dikreasikan menjadi bekal makanan berupa omelette atau telur dadar pizza yang menarik.

Paduan bahan lain seperti daging, jamur, dan bayam merupakan kombinasi gizi yang lengkap untuk sarapan atau pun makan siang si kecil di sekolah. Bentuknya pun mudah dikreasikan menyesuaikan bentuk yang disukai anak-anak.

10. Sate gulung telur.

bekal sekolah selain nasi © 2019

foto: Instagram/@lippoplazajogja_official

Melihat sajian bekal ini, si kecil dijamin akan tertarik untuk memakannya di sekolah. Bahan-bahan yang diharapkan untuk membuat sate telur gulung pun sangat mudah dicari. Kandungan protein pada telur berguna untuk tumbuh kembang anak. Selain daging, telur gulung bisa dikreasikan dengan bahan lain seperti daging hingga sayur-sayuran.

RECOMMENDED
Loading...
Loading...

Comments