10 Hal yang Terjadi Bila Manusia Berada di Ruang Angkasa

Unik

Ragam / Unik

10 Hal yang Terjadi Bila Manusia Berada di Ruang Angkasa

10 Hal yang Terjadi Bila Manusia Berada di Ruang Angkasa

KEPONEWS.COM - 10 Hal yang Terjadi Bila Manusia Berada di Ruang Angkasa Kita semua mungkin sudah melihatnya di film-film sci-fi: Seseorang yang tersedot keluar dari pesawat ruang angkasa dan terlempar ke dalam kekosongan ruang angkasa. Tidak mengherankan, banyak film meng...


Kita semua mungkin sudah melihatnya di film-film sci-fi: Seseorang yang tersedot keluar dari pesawat ruang angkasa dan terlempar ke dalam kekosongan ruang angkasa. Tidak mengherankan, banyak film menggambarkannya secara salah. Hal yang terjadi sebenarnya kalau manusia berada di ruang vakum luar angkasa tanpa bantuan apa-apa mungkin lebih aneh dari yang Anda bayangkan. Berikut sepuluh hal tersebut seperti yang dikutip dari versesofuniverse.blogspot.com

10. Ruang Vakum

Hal pertama jikalau bagian pesawat ruang angkasa Anda robek (mungkin terobek oleh asteroid mendesing), bagian interiornya dengan cepat akan mengalami penurunan tekanan, dan Anda beserta seluruh isi pesawat akan tersedot keluar ke ruang vakum.

Pesawat luar angkasa anda mulanya akan bertekanan untuk meniru atmosfer bumi dan mempertahankan lingkungan yang layak huni. Tapi begitu kapal rusak, udara di dalam akan cepat tersedot keluar, menciptakan ruang hampa dan menarik semuanya termasuk Anda dengan keras. Kalau Anda cukup beruntung untuk tidak terbunuh dengan puing-puing yang beterbangan bersama anda, dan katakanlah anda memakai baju astronot anda dengan sistem yang menunjang kehidupan, maka Anda masih akan menemukan diri Anda dalam situasi yang cukup suram: Anda akan terbiarkan berjuang untuk diri sendiri, mengambang putus asa di kedalaman ruang angkasa.

Lalu bagaimana jikalau kita tak memakai perlengkapan ketika jatuh ke ruang angkasa? baca terus hingga akhir postingan

9. Pembengkakan Ekstrim

Di ruang angkasa, tanpa kehadiran tekanan atmosfer seperti di Bumi, air yang membentuk 70 persen dari tubuh kita tidak akan bertahan dalam keadaan cair dan mengembang sampai membentuk uap air. Hal ini akan mengakibatkan pembengkakan yang parah di seluruh tubuh. Bahkan, seseorang akan membengkak sekitar dua kali ukuran normalnya. Meskipun pembentukan uap tidak akan cukup untuk meledakkan kulit, tetapi Anda akan mengalami beberapa ketidaknyamanan yang serius.

8. Paparan Sinar Matahari

Seharian di pantai dapat kulit anda dapat rusak karena sengatan matahari, terutama kalau Anda lupa tabir surya Anda. Sekarang bayangkan kalau terkena kekuatan matahari tanpa lapisan ozon yang menyaring sinar ultraviolet yang paling berbahaya. Efeknya akan menghancurkan tubuh manusia. Seseorang yang mengambang di ruang angkasa akan terbakar mengerikan di setiap bagian dari kulit yang terkena. Selain itu, melihat langsung ke matahari akan menggoreng retina anda yang peka terhadap cahaya dan membuat Anda buta. Dan bahkan jikalau Anda masih bisa hidup, kemungkinan Anda menderita kanker kulit akan meningkat secara dramatis.

7. Mati lemas oleh Hipoksia

Ketika terpapar ruang vakum, seseorang akan benar-benar kekurangan oksigen, tapi tidak dalam cara yang mungkin anda pikirkan. Kondisi ini dikenal sebagai hipoksia: Tanpa tekanan seperti di bumi, oksigen dalam peredaran darah Anda akan mulai tak terlarut dan melarikan diri dari darah Anda. Hal ini akan membuat sistem kardiovaskular Anda tidak berguna, dan tidak ada oksigen akan dikirimkan ke otot atau organ-organ vital. Ditambah dengan Anda tidak lagi bisa bernapas dalam oksigen baru, ini memperburuk masalah. Selain itu, efek sesak akan mulai membirukan kulit Anda. Seseorang bisa bertahan sekitar 10 detik di kondisi ini sebelum tak sadarkan diri dan .

6. Pendinginan Cepat

Pada hari yang panas, tubuh kita menghasilkan keringat untuk mendinginkan. Keringat menguap dari permukaan kulit kita, menggunakan energi panas dan menyebabkan efek pendinginan. Tapi efek ini akan terjadi sangat cepat di luar angkasa. Biasanya, kelembaban di udara menghambat efek pendinginan karena sulit bagi keringat menguap ke udara yang sudah jenuh dengan air. Namun dalam kekosongan ruang, tidak ada kelembaban. Hal ini membuat pendinginan karena penguapan dipercepat di setiap cairan tubuh yang terpapar. Mata yang berair, lisan, dan saluran pernapasan akan membeku sebagai hasilnya.

5. Dekompresi

Seperti yang telah kita lihat, tekanan rendah ruang angkasa mencegah oksigen dari terlarut dalam darah Anda. Lingkungan vakum seperti itu melakukan hal yang sama untuk gas lainnya, seperti nitrogen. Hal ini menyebabkan gelembung-gelembung kecil nitrogen terbentuk di seluruh sistem peredaran darah Anda (yang merupakan definisi literal dari Bends). Salah satu efek dari gelembung ini merupakan nyeri sendi ekstrim, tapi yang jauh lebih buruk ialah ketika gelembung-gelembung ini menciptakan penyumbatan di pembuluh darah dan arteri. Gelembung di otak Anda dapat menyebabkan stroke dan kejang. Sedangkan gelembung di dalam hati Anda dapat menyebabkan gagal jantung dan kematian mendadak.

4. Tidak ada Tekanan Darah

Seperti yang Anda tahu sekarang, ruang angkasa (vakum) memiliki efek mengerikan pada tubuh manusia. Baik internal maupun eksternal, Anda akan meregang, menggelembung, dan berkerut-kerut. Akibatnya, tubuh Anda yang berubah itu akan berjuang untuk mempertahankan tekanan darah normal. Sebagai contoh, seseorang dapat dengan mudah menghasilkan kekuatan yang cukup untuk minum soda melalui sedotan berukuran nrmal. Tapi bagaimana jikalau diameter sedotan merupakan 10 kali lebih besar? Demikian pula, hati Anda tidak akan bisa memompa darah melalui pembuluh darah Anda yang membesar. Tekanan darah Anda secara efektif akan turun ke nol dan Anda akan mati.

3. Dekompresi Eksplosif

Satu kesalahan fatal yang mungkin Anda lakukan ketika Anda tersedot keluar dari pesawat ruang angkasa merupakan Anda akan mengambil napas dalam-dalam sebelum tersedot keluar. Anda mungkin berpikir, udara ekstra akan membantu Anda tetap hidup selama satu menit atau lebih, tetapi hasilnya sebenarnya merupakan sebaliknya. Dengan menahan udara di paru-paru Anda di ruang vakum, maka akan menghasilkan ledakan dekompresi pada paru-paru Anda.

Udara akan mengembang dengan cepat dalam lingkungan bertekanan rendah dan menyebabkan paru-paru Anda meledak seperti balon. Oleh karena itu, kalau berada dalam situasi tersedot ke ruang hampa, Anda harus menghembuskan napas sebanyak mungkin sebelumnya untuk menghindari ledakan ini.

2. Darah yang Mendidih

Semakin rendah tekanan dalam lingkungan, semakin rendah pula titik didih cairan dalam lingkungan tersebut. Hal ini karena ketika tekanan kurang, lebih mudah bagi molekul untuk bergerak, sehingga hanya dibutuhkan sedikit energi panas untuk mengubah cairan ke gas yang kurang padat.

Inilah sebabnya mengapa air mendidih lebih mudah pada ketinggian yang lebih tinggi (seperti puncak gunung misalnya). Dalam ruang angkasa, titik didih darah Anda secara realistis bisa turun drastis sampai itu sama dengan suhu tubuh Anda sendiri di mana pada titik itu, darah Anda akan mulai mendidih. Suhu darah Anda akan tetap normal, tetapi dalam ruang vakum itu semua sudah cukup untuk membuatnya mendidih.

1. Mutasi Seluler

Bahkan jikalau Anda entah bagaimana berhasil bertahan hidup di paparan ruang angkasa, Anda masih akan bertemu bencana lainnya. Selain isu-isu diatas, kegelapan ruang angkasa juga mengandung banyak bahaya yang tak terlihat. Begitu Anda berada disana tanpa pelindung dan alat bantu, Anda akan dibombardir leh seluruh partikel sub atomik yang berbahaya. Ini termasuk sinar gamma, proton berenergi tinggi, dan x-ray. Partikel-partikel ini begitu kecil dan mereka berinteraksi dengan Anda pada tingkat sel dan benar-benar mengubah DNA Anda. Tapi ini tidak akan menghasilkan kekuatan super seperti yang diceritakan beberapa buku komik. Sebaliknya, Anda akan hampir pasti mati keracunan radiasi atau kanker beberapa tahun kemudian.

Baca juga mengenai 6 hal yang akan terjadi tanpa gravitasi

Comments