10 Foto langka Jenderal Sudirman, bukti sosok berwibawa banget

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

10 Foto langka Jenderal Sudirman, bukti sosok berwibawa banget

10 Foto langka Jenderal Sudirman, bukti sosok berwibawa banget

KEPONEWS.COM - 10 Foto langka Jenderal Sudirman, bukti sosok berwibawa banget Siapa yang nggak kenal Jenderal Sudirman? Sosok Panglima Besar yang satu ini memang selalu dikenang sebagai pahlawan yang gigih memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia.Jenderal Sudirman lahir pada...

Siapa yang nggak kenal Jenderal Sudirman? Sosok Panglima Besar yang satu ini memang selalu dikenang sebagai pahlawan yang gigih memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Jenderal Sudirman lahir pada tanggal 24 Januari 1916 di Karangjati, Purbalingga. Pendidikan militer pertamanya ia dapatkan lewat Pendidikan Tentara Pembela Tanah Air (PETA) di Bogor, Jawa Barat.

Nah, kamu pastinya sudah sering mendengar kisah heroik dari pahlawan nasional yang satu ini. Dan berikut 10 foto langka Jenderal Sudirman yang jarang terpublikasi, sebagaimana kumpulkan dari banyak sekali sumber, Senin (27/3).

1. Jenderal Sudirman ketika berdiskusi dengan Letkol Suharto dan Rosihan Anwar di daerah Ponjong, Gunungkidul, Yogyakarta pada 8 Juli 1949.

foto: Frans Mendur.

2. Jenderal Sudirman ketika diterima oleh Presiden Sukarno, Moh. Hatta, dan Fatmawati di Istana Negara ketika pulang dari gerilya, 10 Juli 1949.

foto: Koleksi Museum Mandala Bhakti Kodam IV Diponegoro

3. Jenderal Sudirman ketika sedang berpidato dalam suatu rapat yang juga dihadiri oleh Presiden Sukarno.

foto: IPHHOS - Antara Foto

4. Pelantikan Jenderal Sudirman sebagai pucuk pimpinan tertinggi TNI oleh Presiden Sukarno di Yogyakarta pada 15 Februari 1947.

foto: IPHHOS - Antara Foto

5. Potret Jendral Sudirman dengan seragam khasnya ketika peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949.

foto: IPHHOS - Antara Foto

6. Jenderal Sudirman berpose dengan Jenderal Mayor Djokusuyono, Laksamana Muda Nazir, Mayor Jenderal Sutomo, Letnan Jenderal Urip Sumoharjo, dan Komodor S. Suryadarma pada 3 Juni 1947.

foto: IPHHOS - Antara Foto

7. Momen ketika Mayor Mokoginta melapor kepada Panglima Besar Jenderal Sudirman, ketika pasukan Siliwangi sampai di Stasiun Tugu Yogyakarta pada 12 Februari 1948.

foto : Arsip Provinsi Jawa Tengah

8. Potret Jenderal Sudirman dan Menteri Luar Negeri Ali Sastroamijoyo ketika sedang mendapatkan laporan dari seorang bawahan.

foto: IPHHOS - Antara Foto

9. Jenderal Sudirman ketika pembukaan hubungan radio telefoni Jawa - Sumatera pada 17 Agustus 1946.

foto: IPHHOS - Antara Foto

10. Potret gagah ketika Jenderal Sudirman masih dipercaya untuk memegang kendali dan menjadi komandan Pembela Tanah Air (PETA).

foto: ANP

(swh)

Comments