10 Film India bertema perjuangan perempuan, inspiratif

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

10 Film India bertema perjuangan perempuan, inspiratif

10 Film India bertema perjuangan perempuan, inspiratif

KEPONEWS.COM - 10 Film India bertema perjuangan perempuan, inspiratif Film India atau dikenal dengan film Bollywood memang mempunyai basis penggemar yang tak sedikit. Pada awalnya, film India identik dengan film romantis yang penuh dengan lagu dan tarian. Padahal sebena...

Film India atau dikenal dengan film Bollywood memang mempunyai basis penggemar yang tak sedikit. Pada awalnya, film India identik dengan film romantis yang penuh dengan lagu dan tarian. Padahal sebenarnya film India punya banyak sekali genre lain yang juga menarik disaksikan lho.

Tema-tema yang diangkat pun mempunyai nilai yang baik dan inspiratif. Misalkan saja film India yang bertema usaha perempuan, seperti mempertahankan hak-haknya, menumpas tindak kekerasan, pelecehan, dan masih banyak lagi. Beberapa film ini berhasil mendapatkan respons baik dan penghargaan dunia lho.

Penasaran apa saja? Berikut 10 film India bertema usaha perempuan yang telah dirangkum dari banyak sekali sumber, Senin (3/2).

1. Soni.

film india perjuangan perempuan istimewa

foto: imdb.com

Disutradarai Ivan Ayr, film Soni mengangkat tema kekerasan sosial yang sempat menjadi perbincangan hangat tahun 2012. Berpusat cerita pada tokoh bernama Soni, seorang perwira wanita yang dituntut menjalankan tugas dengan baik.

Namun ada saja insiden di mana Soni merasa diremehkan, bahkan dilecehkan para pria. Soni juga pernah berhadapan dengan sekelompok pemuda yang mengonsumsi narkoba.

Mereka berusaha menghindar dari hukuman. Namun atas bantuan dari Kalpana, istri perwira tertinggi di Delhi, Soni berhasil menjerat sekelompok pemuda tersebut.

2. Pink.

film india perjuangan perempuan istimewa

foto: imdb.com

Film Pink mengisahkan tiga perempuan bernama Minal Arora, Andrea, dan Falak Ali. Setelah pulang dari menonton konser, seorang pria bernama Rajveer mengajak mereka bertiga ikut dalam pestanya. Setelah bergabung, Rajveer ternyata hendak melakukan pelecehan seksual.

Minal yang sadar akan situasi tersebut berusaha melawan Rajveer dengan melemparinya botol. Sialnya, Rajveer justru melaporkan Minal ke polisi.

Namun pada akhirnya muncul seorang saksi yang bernama Deepak Senggall. Ia berani mengungkap kebenaran meski tahu bahwa Rajveer merupakan anak dari politisi terkuat di Delhi.

3. Gulaab Gang.

film india perjuangan perempuan istimewa

foto: imdb.com

Film Gulaab Gang mengisahkan perihal seorang wanita bernama Rajjo. Ia merupakan pemimpin dari Gulabi Gang, kelompok pembela kaum perempuan yang tertindas.

Rajjo pun mencoba terjun ke dunia politik yang bisa membuat posisinya semakin kuat. Namun upayanya itu dihalangi oleh Sumitra yang berusaha menyingkirkan Rajjo dan para anggota Gulaab Gang.

4. Firebrand.

film india perjuangan perempuan istimewa

foto: imdb.com

Berpusat pada karakter bernama Sunanda, ia ialah pengacara perceraian yang selalu memperjuangkan hak-hak wanita. Banyak sekali kasus pernah ia tangani seperti kekerasan dalam rumah tangga, perselingkuhan, hingga kelainan mental.

Namun Sunanda sendiri mempunyai masalah dengan suaminya adalah Madhav Patkar. Meski saling mencintai, namun Sunanda sering merasakan kegelisahan saat berhubungan badan. Ia ternyata mempunyai stress berat masa lalu yang mengganggu pikirannya.

5. Mom.

film india perjuangan perempuan istimewa

foto: imdb.com

Film Mom mengisahkan perihal seorang ibu yang menuntut pemuda pemerkosa anak perempuannya. Setelah menyewa pengacara dan detektif, sang ibu pun berhasil menemukan keberadaan pemuda tersebut.

Namun tak sesuai dengan harapan, pemerkosa itu justru bebas dari hukuman. Sang ibu yang telah murka pun memilih untuk memberi hukuman yang akan ia lakukan sendiri.

6. No One Killed Jessica.

film india perjuangan perempuan istimewa

foto: imdb.com

Disesuaikan dari kisah nyata tahun 1999, film ini mengisahkan wacana Manish, anak politisi besar India yang membunuh pelayan bar bernama Jessica. Mengetahui adiknya terbunuh, kakak perempuannya Sabrina pun menuntut keadilan.

Ia mengalami banyak kesulitan karena banyak orang yang bungkam dan melindungi Manish. Akhirnya, Sabrina pun dibantu jurnalis bernama Meera Gaiti. Mereka pun berhasil mengungkap kebenaran dan membangkitkan simpati masyarakat.

7. Queen.

film india perjuangan perempuan istimewa

foto: imdb.com

Berpusat cerita pada tokoh bernama Rani Mehra, ia merupakan gadis yang gagal menikah karena sang calon suami membatalkan pertunangan sehari sebelum pernikahan. Ia sangat kecewa dan memilih pergi ke Paris.

Di sana, ia bertemu banyak orang dan sempat dekat dengan pria bernama Vijailakshmi. Rani pun sadar bahwa di luar sana, ada banyak pria yang menghormati dan menghargai sosok wanita.

8. Lipstik Under My Burkha.

film india perjuangan perempuan istimewa

foto: imdb.com

Selanjutnya ada Lipstik Under My Burkha yang mengisahkan perihal ibu-ibu rumah tangga yang ingin mempunyai kebebasan. Di antaranya ada Rehana, ibu yang bercita-cita menjadi penyanyi, kemudian ada Leela, wanita yang dijodohkan dengan pria yang tak ia kenal.

Lalu ada pula dua tokoh lain yang juga mempunyai latar belakang berbeda. Film ini seakan memberikan bagaimana perasaan seorang istri dan ibu saat memperjuangkan mimpinya.

9. Padman.

film india perjuangan perempuan istimewa

foto: imdb.com

Meski tokoh utamanya bukan seorang wanita, namun kisah ini memperlihatkan perhatian seorang pria terhadap keadaan istri dan wanita lain di daerahnya. Film ini mengambil setting waktu pada tahun 1998 dan berpusat cerita pada tokoh bernama Arunachalam Murugunantham.

Pada awalnya, ia merasa heran karena sang istri dan para wanita di desanya selalu memakai kain bahkan kertas-kertas koran saat menstruasi. Ia pun berinisiatif untuk membuat pembalut yang kelak bisa mereka gunakan.

10. Provoked.

film india perjuangan perempuan istimewa

foto: imdb.com

Diangkat dari kisah nyata Kiranjit Ahluwaliya, film ini mengishakan perihal penderitaan yang dialami wanita bernama Kiran. Tinggal di Inggris, Kiran mendapatkan kekerasan dari sang suami, Deepak.

Karena tak tahan menanggung penderitaan selama lebih dari 10 tahun, Kiran pun memberi pelajaran sang suami dengan membakar kakinya. Namun siapa sangka, Deepak justru tewas karena hal tersebut.

Kiran pun dinyatakan sebagai pembunuh dan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup. Namun atas bantuan Southall Black Sisters, terungkaplah fakta bahwa Kiran juga merupakan korban atas kekerasan yang dilakukan suaminya.

Reporter: Deta Jauda Najmah

Recommended By Editor

Comments