10 Film horor Indonesia ini diangkat dari kisah nyata

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

10 Film horor Indonesia ini diangkat dari kisah nyata

10 Film horor Indonesia ini diangkat dari kisah nyata

KEPONEWS.COM - 10 Film horor Indonesia ini diangkat dari kisah nyata Hal-hal mistis memang tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan sehari-hari kita. Beberapa kisah misteri tersebar dari mulut ke mulut, di sosmed maupun tempat tongkrongan. Dari obrolan-obrolan wacana pen...

Hal-hal mistis memang tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan sehari-hari kita. Beberapa kisah misteri tersebar dari mulut ke mulut, di sosmed maupun tempat tongkrongan. Dari obrolan-obrolan wacana penampakan sosok urban legend merupakan hal yang sering kali terjadi.

Ramainya cerita-cerita tersebut kadang menarik minat para produser dan sutradara film untuk menggarapnya menjadi sebuah film. Karena memang film horor Indonesia selalu laku di pasaran. Dapat dilihat dari jaman film tahun 80-90an sudah banyak film horor yang dibintangi Suzanna seperti Ratu Pantai Selatan dan lain sebagainya.

Dan sekarang ini sudah banyak sekali cerita mistis yang tersebar di banyak platform online, sebut saja Kaskus. Ada salahsatu cerita yang menggemparkan pengguna Kaskus pada tahun 2016 berjudul Keluarga Tak Kasat Mata yang pada tahun 2017 dijadikan film dengan judul yang sama.

Berikut beberapa film horor Indonesia yang disesuaikan dari kisah nyata, dilansir dari banyak sekali sumber, Jumat (22/2)

1. Ratu Pantai Selatan.

film horor indonesia Istimewa

foto: wikipedia

Film yang rilis pada tahun 1980 ini bercerita perihal urban legend khas pantai Parangtritis, Yogyakarta nyai cantik bernama Nyi Roro Kidul. Konon Nyi Roro Kidul ini menyukai warna hijau, dan bagi siapa saja yang berkunjung ke pantai Parangtritis dan memakai baju berwarna hijau akan diculik.

2. Si Manis Jembatan Ancol.

film horor indonesia Istimewa

foto: imdb.com

Si Manis Jembatan Ancol ialah sebuah film Indonesia yang dirilis pada tahun 1993 yang disutradarai Atok Suharto serta dibintangi Diah Permatasari dan Ozy Syahputra. Urband legend satu ini konon katanya berawal dari pembunuhan wanita cantik bernama Maryam di kasawan jembatan Ancol yang akhirnya menggentayangi daerah tersebut.

3. Hantu Jeruk Purut.

film horor indonesia Istimewa

foto: themoviedb.com

Kali ini ada urband legend yang berasal dari daerah Jeruk Purut tepatnya di TPU Jeruk Purut. Hantu pastor tanpa kepala yang sering bergentayangan ini menggemparkan warga sampai pada tahun 2006 muncul film dengan nama yang sama.

4. Rumah Pondok Indah.

film horor indonesia Istimewa

foto: youtube.com

Film yang dirilis pada tahun 2006 ini diangkat dari kisah nyata di daerah elit jalan Metro Pondok Indah, Jakarta Selatan. Kisah mistis rumah di Pondok Indah ini ramai karena kisah seorang penjual nasi goreng yang konon menghilang di depan rumah kosong ini.

5. Terowongan Casablanca.

film horor indonesia Istimewa

foto: youtube.com

Terowongan yang terletak di Jalan Kuningan, Jakarta Selatan ini dikenal rawan terjadi kecelakaan. Sampai pada akhirnya pada tahun 2007, Nanang Istiabudi menggarap cerita ini menjadi sebuah film dengan judul yang sama.

6. Rumah Kentang.

film horor indonesia Istimewa

foto: themoviedb.com

Tak berbeda jauh dari Rumah Pondok Indah, rumah kentang ini juga mempunyai cerita mistis di dalamnya. Konon dulu pernah ada anak kecil yang tidak sengaja tercebur ke dalam kuali kentang yang mendidih. Semenjak kejadian itu rumah ini sering dihantui anak kecil. Film tahun 2007 ini digarap Nanang Istiabudi.

7. Rumah Gurita.

film horor indonesia Istimewa

foto: kapanlagi.com

Film garapan Jose Poernomo pada tahun 2014 ini benar-benar ada. Tepatnya di Bandung. Rumah lengkap dengan patung gurita besar di atapnya ini memang terlihat menyeramkan. Pada film Rumah Gurita ini diceritakan Selina, gadis yg mempunyai kemampuan melihat makhluk halus, harus pindah ke Bandung dan tinggal di rumah gurita itu.

8. Keluarga Tak Kasat Mata.

film horor indonesia Istimewa

foto: imdb.com

Cerita ini cukup ramai diperbincangkan pengguna Kaskus. Genta, nama penulisnya menceritakan wacana keberadaan sosok-sosok misterius yang berada di kantor tempat ia bekerja. Film ini diangkat ke layar lebar pada tahun 2017 satu tahun semenjak cerita di Kaskus terkenal.

9. Danur.

film horor indonesia Istimewa

foto: imdb.com

Film tahun 2017 ini disutradai Awi Suryadi yang disesuaikan dari buku tulisan Risa Saraswati Danur. Film ini mengisahkan perihal diri Risa sendiri yang mempunyai kemampuan melihat dan berkomunikasi makhluk halus.

10. Ruqyah: The Exorcism.

film horor indonesia Istimewa

foto: youtube.com

Dilm yang rilis pada tahun 2017 ini merupakan kisah nyata yang terjadi pada tahun 2012. Bercerita perihal artis film bernama Asha yang sering diganggu roh halus dan harus diruqyah untuk membersihkannya.

(mgg/fairuz puspita)

Comments