10 Fakta tentang MS-13, geng paling ditakuti di dunia

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

10 Fakta tentang MS-13, geng paling ditakuti di dunia

10 Fakta tentang MS-13, geng paling ditakuti di dunia

KEPONEWS.COM - 10 Fakta tentang MS-13, geng paling ditakuti di dunia "Bunuh, perkosa dan kuasai", itu adalah motto dari Mara Salvatrucha atau biasa disebut MS-13, sebuah organisasi kriminal transnasional yang dijuluki sebagai geng paling ditakuti di dunia. Geng yang te...

"Bunuh, perkosa dan kuasai", itu adalah motto dari Mara Salvatrucha atau biasa disebut MS-13, sebuah organisasi kriminal transnasional yang dijuluki sebagai geng paling ditakuti di dunia. Geng yang terbentuk di era 80-an dari para imigran dan pengungsi asal El Salvador ini punya basis di Los Angeles, Amerika Serikat (AS).

Dari sana, MS-13 kini berkembang menjadi sebuah ancaman bagi dunia internasional berkat kebrutalan anggotanya yang tersebar di berbagai negara bagian di AS dan juga di beberapa negara di luar AS. Seperti dilansir dari ranker, Sabtu (24/12), berikut 10 fakta tentang MS-13. Apa saja ya?

1. MS-13 mendunia karena kebijakan deportasi AS.

Di tahun 1996, Konggres AS meloloskan undang-undang yang akan mendeportasi imigran yang terkena kasus hukum dengan penjara setahun atau lebih. Dari 20 ribuan imigran yang dideportasi, banyak terdapat anggota MS-13. Dinegara asalnya mereka tetap membawa kekacauan dengan nama MS-13.

2. Geng itu punya 50 ribu anggota diberbagai negara.

Menurut laporan FBI, MS-13 punya lebih dari 50 ribu anggota yang tersebar ke 42 negara bagian AS dan beberapa negara terutama di Amerika Tengah.

3. Usaha perdagangan manusia MS-13 fokus pada penyelundupan wanita tuna susila dan prostitusi.

MS-13 merekrut gadis-gadis muda di Amerika Tengah, beberapa malah yang sudah tiba di AS untuk masuk ke dunia bisnis prostitusi yang mereka jalankan.

4. Geng ini sangat kejam, ini yang membuat El Salvador jadi ibu kota pembunuhan dunia.

Perang MS-13 dengan rivalnya Barrio 18 membuat 6656 terbunuh pada 2015. Di 2016, beberapa bulan lalu terdapat satu pembunuhan dalam setiap jam. Ini membuat El Salvador dinobatkan sebagai negara dengan tingkat pembunuhan tertinggi diluar negara yang sedang dilanda perang.

5. MS-13 punya keterkaitan dengan organisasi terorisme internasional.

Dari aktivitas bisnisnya, menurut laporan sebuah media, MS-13 dipercaya berhubungan dengan Al Qaeda. Di tahun 2014, salah satu pemimpin Al Qaeda terlihat di Honduras dengan beberapa petinggi MS-13. Di tahun 2015 lalu, Pemerintah Salvador mengumumkan bahwa MS-13 adalah sebuah grup teroris.

6. Ada ritual brutal termasuk saling pukul dan membunuh.

Menjadi anggota MS-13 bukanlah tugas yang mudah. Untuk dinobatkan menjadi 'Chequos' seseorang harus membunuh anggota dari geng rivalnya. Kalau tidak mendapat cukup suara dari anggota senior, pembunuhan itu hanya sia-sia saja.

7. Anggota geng itu punya penjara sendiri di El Salvador.

Penal de Ciudad Barrios adalah penjara yang dijalankan oleh MS-13. Tidak ada penjara didalam tembok penjara, namun diluar tembok, penjara itu dijaga tentara El Salvador. Di dalam penjara terlalu berbahaya bagi penjaga adalah alasan mengapa tiada penjaga di penjara itu.

8. Anggota geng selalu penuh tatto yang punya arti tersendiri.

Banyak anggota MS-13 yang kulit dari kepala hingga kakinya tertutup tatto. Kebanyakan tatto itu punya arti terkait budaya, sejarah dan kejahatan yang ada pada anggota tersebut.

9. Geng menggunakan tanda-tanda, termasuk tanduk setan.

Tanda tanduk setan digubakan karena adanya asosiasi geng ini dengan metal. Ada banyak tanda-tanda lain untuk menyebut istilah yang hanya diketahui anggota geng MS-13.

10. MS-13 tidak berhubungan dengan penjualan narkoba di jalanan.

MS-13 bukanlah gembong narkoba walaupun banyak orang percaya mereka juga penjual narkoba. Mereka tak punya hubungan denga kartel narkoba yang marak di AS dan Meksiko.

(pep)

Comments