10 Fakta akad nikah Baim dan Paula, penghulu salah ucap mahar

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

10 Fakta akad nikah Baim dan Paula, penghulu salah ucap mahar

10 Fakta akad nikah Baim dan Paula, penghulu salah ucap mahar

KEPONEWS.COM - 10 Fakta akad nikah Baim dan Paula, penghulu salah ucap mahar Baim Wong dan Paula Verhoeven akhirnya resmi menikah di Jakarta Selatan, Kamis (22/11). Pasangan artis yang empat bulan lalu menggelar pesta pertunangan ini melakukan prosesi ijab kabul di Gedung Trib...

Baim Wong dan Paula Verhoeven akhirnya resmi menikah di Jakarta Selatan, Kamis (22/11). Pasangan artis yang empat bulan lalu menggelar pesta pertunangan ini melakukan prosesi ijab kabul di Gedung Tribrata Dharmawangsa. Selanjutnya, Baim dan Paula akan menggelar resepsi pernikahan mereka pada Sabtu (24/11) mendatang.

Pria yang akrab disapa Presiden Jomblo tersebut resmi melepas masa lajang dan mempersunting sang pujaan hati dengan prosesi pernikahan bernuansa istiadat Jawa. Baik Baim dan Paula tampil anggun dalam balutan busana Jawa.

Diketahui, keduanya juga sudah mempersiapkan segala serba-serbi pernikahan beberapa bulan jelang prosesi pernikahan digelar. Baim dan Paula sudah merancang konsep unik untuk pernikahan impian mereka. Mulai dari prosesi yang pertama kali hingga puncaknya pada saat resepsi nanti.

Sementara itu, secara keseluruhan, pernikahan Baim Wong dan Paula Verhoeven berlangsung dengan lancar tanpa kendala yang berarti. Keduanya tak segan menunjukkan raut bahagianya selepas menjalani prosesi ijab kabul.

Kendati demikian, sejumlah fakta menarik mengiringi prosesi pernikahan kedua mempelai ini lho. Apa saja ya? Dilansir dari banyak sekali sumber, berikut 10 fakta menarik prosesi akad nikah Baim dan Paula Verhoeven.

1. Prosesi pernikahan dengan nuansa tata cara Jawa.

baim paula akad nikah © 2018 berbagai sumber

foto: Instagram/@baimwong

Baim Wong dan Paula Verhoeven memilih nuansa istiadat Jawa untuk menjalani prosesi pernikahan mereka. Baik Baim maupun Paula mengenakan busana istiadat Jawa bernuansa serba putih. Paula juga terlihat mengenakan konde lengkap dengan aksesori rambut terbuat dari anyaman bunga melati. Istiadat Jawa ini tidak hanya tampak pada busana yang dikenakan oleh kedua mempelai, tetapi juga semakin terasa dengan iringan lagu-lagu Jawa serta pembawa acara yang memandu prosesi masuknya pengantin ke gedung pernikahan memakai Bahasa Jawa yang kental.

Tak hanya itu, Baim dan Paula juga menjalani prosesi siraman dan pingitan pengantin yang merupakan ciri khas pernikahan tata cara Jawa, sehari sebelum prosesi pernikahan.

2. Maskawin sesuai tanggal pernikahan.

baim paula akad nikah © 2018 berbagai sumber

foto: Instagram/@weddingku

Maskawin atau mahar pernikahan yang dipersiapkan oleh pasangan selebriti yang satu ini terbilang cukup unik. Pasalnya, Baim Wong mempersiapkan maskawin ini sesuai dengan tanggal akad nikahnya, adalah 22 November 2018. Baim mempersunting Paula Verhoeven dengan maskawin emas 11 gram dan uang tunai senilai Rp 2.202.018. Berat emas 11 gram tersebut melambangkan bulan November yang menjadi bulan pernikahan mereka. Sedangkan nominal uang mewakili tanggal dan tahun pernikahan.

3. Penghulu salah menyebutkan jumlah mahar.

Kendati secara keseluruhan pernikahan kedua mempelai berlangsung lancar, namun rupanya, penghulu yang menikahkan Baim Wong dan Paula Verhoeven sempat salah menyebutkan nominal mahar. Hal ini dibenarkan oleh Baim Wong pada konferensi pers yang digelarnya seusai prosesi akad nikah. Menurutnya, penghulu salah dalam menyebutkan jumlah mahar adalah sebesar Rp 222.018. Jumlah tersebut tidak sesuai dengan uang yang dipersiapkan Baim Wong sebesar Rp 2.202.018. Kendati penghulu salah mengucapkan nominal, namun pernikahan ini tetap dinyatakan sah.

"Gua mau jelasin yah, ini pernikahan beneran bukan bohong-bohongan. Jadi gini, jujur aja yah gua. Sebenarnya itu maskawinnya emas 11 gram dan uang tunai Rp. 2.202.018. Bukan Rp. 222.018," kata Baim Wong seperti dikutip dari Liputan 6.

Selanjutnya, Baim Wong memaparkan, bahwa nominal yang disebutkan oleh penghulu merupakan nominal yang ditulisnya saat latihan ijab kabul di KUA.

"Jadi saya pernah kan latihan baca ijab kabul di KUA. Saya pernah posting di instagram. Nah, ditanya petugas KUA mas kawinnya apa. Saya asal sebut kan karena masih latihan, saya sebut Rp. 222.018. Eh ternyata yang dicatat sama petugas KUA yang itu. Setelah itu saya omongin ke keluarga saya, mas kawinnya itu uang tunai Rp. 2.202.18 gitu," ungkap Baim.

4. Gedung pernikahan dan dekorasi serba putih.

baim paula akad nikah © 2018 berbagai sumber

foto: Instagram/@weddingku

Baim dan Paula menggelar akad nikah di Gedung Tribrata, Jakarta Selatan. Berlangsung sakral dan khidmad, Baim Wong dan Paula Verhoeven memilih dekorasi bernuansa putih untuk pernikahannya. Adapun dekorasi pernikahan tersebut bergaya rustic yang modern dengan hiasan bunga yang didominasi warna putih dan warna-warna pastel. Selanjutnya, gedung pernikahan yang digunakan oleh kedua mempelai juga mempunyai warna yang senada dengan konsep pernikahan mereka yang serba putih.

5. Suvenir unik.

baim paula akad nikah © 2018 berbagai sumber

foto: Instagram/@giftware_souvenir

Serba-serbi pernikahan seperti suvenir juga menjadi perhatian Baim dan Paula selama persiapan pernikahan. Keduanya membagikan suvenir yang berbeda-beda untuk setiap prosesi pernikahan yang dijalaninya. Yang pertama, sehari sebelum akad nikah, Baim dan Paula membagikan suvenir berupa pashmina untuk para tamu undangan. Pashmina cantik dengan beragam warna dilengkapi dengan pita berwarna putih ini menjadi pilihan kedua mempelai sebagai buah tangan prosesi siraman mereka. Sedangkan untuk acara akad nikah ini, Baim diketahui memberikan batik dari lini pakaian yang dimilikinya yaitu Batik Wong Jogja.

6. Dihadiri deretan selebriti papan atas.

baim paula akad nikah © 2018 berbagai sumber

foto: Instagram/@wulanguritno

Sebagai publik figur yang sudah lama malang melintang di dunia hiburan Tanah Air, pernikahan Baim Wong dan Paula Verhoeven juga turut dihadiri tamu undangan dari kalangan selebriti. Sederet selebriti ternama, seperti Raffi Ahmad, Ayu Dewi, Wulan Guritno hingga Raline Shah turut muncul meramaikan akad nikah kedua pasangan yang bertunangan pada 21 Juli 2018 lalu ini.

7. Disiarkan secara live di stasiun televisi.

Digelar secara terbuka, prosesi akad nikah Baim Wong dan Paula Verhoeven juga ditayangkan secara langsuh di salah satu stasiun televisi swasta. Oleh karena itu, publik pun dapat melihat segala rangkaian acara selama prosesi akad nikah tersebut melalui layar kaca. Kendati demikian, pernikahan Baim dan Paula tetap berlangsung penuh khidmat.

8. Raffi Ahmad dan Ayu Dewi jadi host acara pernikahan.

baim paula akad nikah © 2018 berbagai sumber

foto: Instagram/@raffinagita1717;@mrsayudewi

Prosesi pernikahan Baim Wong dan Paula Verhoeven yang ditayangkan secara langsung di stasiun televisi swasta ini juga turut dipandu oleh dua presenter kenamaan adalah Raffi Ahmad dan Ayu Dewi. Dua presenter kondang ini terlihat memandu acara semenjak sebelum akad nikah hingga selesai prosesi.

9. Quraish Shihab jadi saksi pernikahan.

baim paula akad nikah © 2018 berbagai sumber

foto: Instagram/@baimpaula.ofc

Saksi dalam akad nikah menjadi salah satu bagian yang paling penting. Oleh karena itu, khusus untuk saksi pernikahan ini, Baim Wong memutuskan untuk memilih ulama sekaligus Profesor Quraish Shihab sebagai saksi pernikahan mereka. Selain itu, Baim Wong memilih Quraish Shihab karena beliau banyak mengajarkan ilmu agama kepada dirinya. Profesor Quraish juga diklaimnya dkat dengan keluarga.

10. Baim Wong mengucap ijab kabul sambil menangis haru.

Menjajaki hari paling bersejarah dalam hidupnya, Baim Wong sempat menangis haru saat mengucapkan ijab kabulnya. Dirinya terdengar menahan tangis haru saat mengucap janji untuk mempersunting Paula. Setelah dinyatakan sah, Baim yang dikenal kocak ini terlihat menyeka air mata bahagianya.

Recommended By Editor

Comments