10 Cara menghilangkan kutu rambut, cepat dan aman dilakukan

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

10 Cara menghilangkan kutu rambut, cepat dan aman dilakukan

10 Cara menghilangkan kutu rambut, cepat dan aman dilakukan

KEPONEWS.COM - 10 Cara menghilangkan kutu rambut, cepat dan aman dilakukan Kutu rambut merupakan salah satu masalah yang kerap dialami anak-anak hingga remaja. Biasanya kutu rambut juga dialami oleh perempuan karena mempunyai rambut yang panjang. Kutu rambut ini biasanya dit...

Kutu rambut merupakan salah satu masalah yang kerap dialami anak-anak hingga remaja. Biasanya kutu rambut juga dialami oleh perempuan karena mempunyai rambut yang panjang.

Kutu rambut ini biasanya ditularkan oleh satu orang ke orang lain melalui kontak langsung. Seseorang bisa tertular kutu rambut ketika memakai barang seperti topi, bantal, atau sisir secara bergantian. Selain itu, duduk atau tidur dengan jarak berdekatan juga dapat menyebabkan kutu rambut.

Setelah tertular kutu rambut, seseorang akan merasakan gatal di kepalanya dan terdapat titik-titik putih pada rambut yang mirip dengan ketombe. Kutu rambut ini tentu saja sangat mengganggu aktivitas dan penampilan, sehingga harus dengan segera dihilangkan.

Nah, berikut rangkum dari banyak sekali sumber, Kamis (5/8), inilah cara menghilangkan kutu rambut yang aman dan mudah dilakukan.

1. Menyisir saat rambut basah. Cara menghilangkan kutu rambut 2021

foto: pexels.com

Cara yang telah banyak dilakukan masyarakat ini ternyata dapat secara efektif mengurangi kutu rambut. Mengutip healthline.com, menyisir rambut dalam keadaan basah dapat membuat kutu rambut terlihat lebih jelas.

Cara tersebut dapat dilakukan setelah keramas dan memakai kondisioner. Kemudian, sisirlah rambut dengan sisir bergigi halus, sehingga kutu rambut dapat terperangkap dalam sisir tersebut. Menyisir rambut saat basah ini harus dilakukan secara rajin dan membutuhkan waktu cukup lama untuk menghilangkan kutu rambut.

2. Memakai minyak esensial. Cara menghilangkan kutu rambut 2021

foto: pexels.com

Minyak esensial (essential oil) terbukti efektif mengatasi kutu rambut. Melansir healthline.com, minyak esensial yang dapat mengatasi kutu rambut ialah tea tree oil, lavender, nimba, cengkeh, kayu putih, adas manis, peppermint, dan pala.

Cara memakai minyak esensial untuk menghilangkan kutu rambut merupakan mencampurkan minyak tersebut dengan minyak zaitun. Kemudian oleskan campuran minyak ke kulit kepala dan biarkan selama semalaman atau 12 jam. Setelah didiamkan, sisirlah rambut, keramas, dan bilas hingga bersih.

3. Memakai petroleum jelly. Cara menghilangkan kutu rambut 2021

foto: pexels.com

Mengutip Medical News Today, petroleum jelly bisa membunuh kutu beserta telurnya yang terdapat di rambut. Meskipun petroleum jelly cukup lengket dan terasa sangat berminyak, petroleum jelly cocok untuk orang yang alergi terhadap sampo antikutu yang dijual di pasaran.

Cara memakai petroleum jelly pun cukup mudah, adalah dioleskan pada seluruh bagian rambut dan diamkan sebentar. Setelah itu, bilas petroleum jelly dengan melakukan keramas hingga bersih.

4. Memakai minyak kelapa. Cara menghilangkan kutu rambut 2021

foto: pexels.com

Minyak kelapa sudah lama dikenal bisa mengatasi banyak sekali masalah rambut. Mengutip Medical News Today, minyak kelapa juga dapat berfungsi untuk mengatasi masalah kutu rambut. Bahkan, sebuah penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa mempunyai tingkat efektivitas yang sama seperti obat kutu rambut yang dijual di pasaran.

Cara menghilangkan kutu rambut 2021

foto: pexels.com

Bawang putih mempunyai sejumlah manfaat, salah satunya merupakan mengatasi kutu. Mengutip NDTV, bawang putih dapat dicampurkan dengan bawang bombay, kemudian dihaluskan. Setelah dihaluskan, oleskan campuran bawang tersebut ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala, diamkan selama 30-40 menit. Setelah itu, bilas dengan keramas hingga bersih.

6. Mencuci barang-barang. Cara menghilangkan kutu rambut 2021

foto: pexels.com

Meskipun kutu rambut tidak bisa hidup jauh dari kulit kepala, kamu harus tetap membersihkan barang-barang, terutama yang kontak dengan rambut atau kulit kepala. Kamu bisa mencuci topi, sarung bantal, boneka, sikat, dan sisir. Cuci barang-barang tersebut dengan suhu panas, adalah 54 derajat. Setelah itu, keringkan minimal dalam waktu 15 menit. Selain mencuci barang, kamu juga bisa membersihkan perabotan rumah seperti karpet dan furnitur yang mudah kotor.

7. Memotong rambut. Cara menghilangkan kutu rambut 2021

foto: pexels.com

Kutu rambut sering kali sulit dibersihkan pada rambut yang panjang dan lebat. Oleh karena itu, salah satu cara yang bisa dilakukan merupakan memotong atau memendekkannya agar lebih mudah dibersihkan dari kutu. Meskipun memotong rambut tidak langsung menghilangkan kutu, cara ini setidaknya dapat membersihkan kutu dengan lebih mudah.

8. Memakai mayonese. Cara menghilangkan kutu rambut 2021

foto: Instagram/@ketoholic.peru

Mengutip Medical News Today, penggunaan mayonese untuk mengatasi kutu rambut ini menjadi populer karena series TV Amerika Serikat yang berjudul The Office. Untuk sebagian masyarakat, ada yang benar-benar memakai mayonese untuk menghilangkan kutu rambut. Meskipun belum ada penelitian lebih lanjut mengenai cara ini, beberapa orang menganggap bahwa mayonese dapat meredakan rasa gatal dan iritasi pada kulit kepala yang disebabkan oleh kutu. Selain itu, mayonese juga dapat memudahkan menyisir rambut dan menghilangkan kutu.

9. Memakai cuka apel. Cara menghilangkan kutu rambut 2021

foto: pexels.com

Cuka apel memang dikenal mengatasi banyak sekali masalah kesehatan hingga kecantikan. Cuka apel pun ternyata bisa mengatasi masalah kutu rambut. Cara memakai cuka apel untuk kutu rambut ialah mencampurkan cuka apel dengan 1 sdm minyak kelapa. Kemudian aplikasikan cuka apel pada rambut dan biarkan selama satu jam. Setelah itu, bilas rambut hingga bersih dan sisir rambut untuk menghilangkan kutu-kutu yang mati.

10. Memakai baby oil. Cara menghilangkan kutu rambut 2021

foto: pexels.com

Selain digunakan untuk bayi, baby oil kerap digunakan untuk menjaga kecantikan. Bahkan, baby oil pun dapat dimanfaatkan untuk membasmi kutu rambut. Baby oil bisa membunuh kutu rambut, sekaligus merepotkan telur kutu ada di rambut karena rambut menjadi licin.

Cara memakai baby oil merupakan mencampurkan 2 sdt baby oil dengan tea tree oil. Kemudian oleskan campuran tersebut pada seluruh bagian rambut dan diamkan selama semalaman. Pada pagi harinya, sisir rambut dengan sisir yang bergigi kecil untuk menghilangkan kutu yang mati. Terakhir, bilas rambut dengan melakukan keramas hingga bersih.

Comments