10 Cara diet sehat ala anak kos, mudah dan murah

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

10 Cara diet sehat ala anak kos, mudah dan murah

10 Cara diet sehat ala anak kos, mudah dan murah

KEPONEWS.COM - 10 Cara diet sehat ala anak kos, mudah dan murah Hidup sebagai anak kos terkadang rasanya menyenangkan. Kamu bisa hidup dengan mengatur sendiri kebutuhan sesuai keinginanmu dan terbebas dari aturan orangtua. Tapi nggak jarang juga muncul perasaan se...
Loading...

Hidup sebagai anak kos terkadang rasanya menyenangkan. Kamu bisa hidup dengan mengatur sendiri kebutuhan sesuai keinginanmu dan terbebas dari aturan orangtua. Tapi nggak jarang juga muncul perasaan sendu karena kehabisan stok makanan dan rindu masakan ibu. Nah, kalau amunisi makanan sudah habis, mi instan sering kali jadi pertahanan terakhir untuk menenangkan perut.

Aduh, tapi kalau bisa kurangin deh, kebiasaan ini. Selain kurang sehat, mengonsumi mi instan terlalu sering juga membuat nutrisi yang masuk dalam tubuh menjadi tak seimbang. Kalau sudah begini, banyak sekali hal yang kurang baik bisa dengan mudah datang. Salah satunya merupakan kelebihan berat tubuh dan bisa berujung ke obesitas.

Eitss, tapi kamu bisa atasi ini dengan cara diet kok. Tentunya juga nggak perlu panik kalau nantinya bakal menguras uang bulanan kamu. Karena anak kos juga bisa hidup sehat sekaligus berhemat kok. Penasaran kan, gimana caranya?

Yuk, ikutin 10 cara diet sehat ala anak kos yang mudah dan rumah, seperti dirangkum dari banyak sekali sumber pada Sabtu (9/11).

1. Air mineral.

Cara diet sehat ala anak kos © 2019

foto: unsplash.com

Pasti kamu sudah paham dong, maksudnya apa? Iya, betul, mengonsumsi air mineral benar-benar ampuh jadi solusi cara diet sehat ala anak kos. Sehat sudah pasti. Hemat apalagi.

Selain itu, untuk membiasakannya kamu bisa coba untuk membawa tempat minum sendiri kemanapun kamu pergi. Hal ini berguna banget untuk menghindari kamu jajan minuman yang seharga 3 kali makan di warteg. Percaya deh!

2. Sarapan.

Cara diet sehat ala anak kos © 2019

foto: unsplash.com

Diet, tapi kok sarapan? Hei, ingat ya, diet bukan berarti kamu nggak makan sama sekali. Diet merupakan cara kamu mengatur pola makan. Bahkan sarapan ialah poin yang cukup penting dalam proses dietmu.

Sarapan sangat penting bagi tubuh, karena pada pukul 4 pagi sampai 12 siang menjadi waktu bagi tubuh untuk mengeluarkan banyak aktivitas. Artinya tubuhmu memerlukan energi yang cukup besar pada waktu sarapan.

Dalam proses ini kamu bisa mengganti kebiasaan sarapan buruk dengan cara mengonsumsi buah-buahan. Bahkan konsumsi buah dalam perut kosong tidak menimbulkan masalah bagi perut. Jadi coba biasakan ubah sarapanmu ya. Dari sepiring nasi goreng, jadi sepiring buah-buahan. Bisa nggak?

3. Makan siang.

Cara diet sehat ala anak kos © 2019

foto: pixabay.com

Pada jam makan siang, kamu juga bisa tetep makan kenyang kok. Setelah sarapan memakai buah-buahan, saatnya kamu mengimbangi gizi dengan mengonsumsi karbohidrat atau protein.

Jangan lupa kombinasikan juga dengan sayur agar kebutuhan nutrisimu tercukupi. Kamu bisa menikmati makan siang di warung terdekat yang menyediakan varian lauk yang beragam.

Yang harus kamu yakini merupakan, makanan sehat tidak selalu mahal, yang terpenting merupakan seimbang. Jadi kalau belum bisa makan ikan, kamu bisa menggantinya dengan tempe atau tahu.

4. Makan malam.

Cara diet sehat ala anak kos © 2019

foto: pixabay.com

Pada fase makan malam, tubuh akan melakukan penyerapan makanan pada pukul 8 malam hingga 4 pagi. Maka disarankan untuk makan sebelum jam 8 malam ya. Jangan lupa kunci diet ialah gizi yang seimbang. PIlihlah sayuran dan kandungan sehat lainnya untuk menu makan malammu.

Untuk mengatur pola makan, kamu juga bisa secara perlahan mengurangi porsi nasi. Tumis sayur atau capcay bisa menjadi alternatif menu makan malammu agar tetap sehat dan juga nikmat.

5. Olahraga.

Cara diet sehat ala anak kos © 2019

foto: unsplash.com

Sudah pasti dong, olahraga ialah poin yang juga krusial saat proses dietmu. Kalau kamu sudah mengatur pola makan dengan gizi seimbang, tentu tidak akan maksimal juga bila tidak diimbangi dengan olahraga yang tepat.

Olahraga yang disarankan ialah yang bersifat aerobik, seperti lari, renang, bersepeda. Selain itu kamu juga bisa coba untuk jenis olahraga pembentukan otot seperti plank, push up, dan latihan beban. Lakukan secara teratur dengan durasi 30 sampai 60 menit, minimal 3 kali dalam seminggu.

6. Camilan sehat.

Cara diet sehat ala anak kos © 2019

foto: unsplash.com

Orang diet juga boleh membawa camilan kok. Tapi jangan lupa untuk mengganti dari camilan bebas menjadi camilan sehat. Dengan membawa camilan sehat, juga dapat mengubah kebiasaan jajanan kamu yang mungkin selama ini dapat menyebabkan kegemukan.

Biasakan membawa camilan sehat seperti yogurt dan buah potong. Hal ini dapat mengatasi bila dalam beraktivitas kamu merasakan perut bergejolak.

7. Hindari makanan cepat saji.

Cara diet sehat ala anak kos © 2019

foto: unsplash.com

Makanan cepat saji merupakan surga duniawi bagi anak kos. Selain rasanya membuat ketagihan, kamu juga tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkannya. Betul, kan?

Nah, tapi sebenarnya yang mudah dan nikmat ini juga malah membuatmu jadi kurang sehat. Karena makanan cepat saji mengandung lebih banyak lemak daripada makanan tradisional. Kamu bisa mulai coba untuk mengonsumsi gado-gado atau tumis sayur untuk makan siang bareng teman-teman. Selain mengandung banyak nutrisi, yang pasti kenyang sudah jelas akan didapat.

8. Hindari makanan manis.

Cara diet sehat ala anak kos © 2019

foto: pixabay.com

Makanan manis memang betul bisa mengatasi perasaan yang berantakan. Apalagi untuk anak kos yang krisis di akhir bulan. Boleh-boleh saja sih, mengonsumsi makanan manis. Namun kamu juga harus mengaturnya agar tidak terlalu banyak.

Menurut rujukan Badan Layanan Kesehatan Publik di Inggris (NHS), asupan gula harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa berkisar 30 gram. Tentu bila terlalu lebih dari kadar tersebut dapat menimbulkan kerugian dalam tubuh.

Maka penting untuk kita mengatur keinginan untuk mengonsumsi makanan manis. Kamu bisa menyiasatinya dengan menambahkan banyak serat dalam proses diet. Karena serat mengandung sejumlah manfaat seperti membantu mempertahankan rasa kenyang. Kamu bisa menikmati sayuran hijau, gandum utuh, labu, dan ubi jalar.

9. Mengatur kegiatan nongkrong.

Cara diet sehat ala anak kos © 2019

foto: pixabay.com

Ini merupakan hal yang paling sering menjadi penghalang dalam proses dietmu. Ketika ada ajakan nongkrong dengan teman-teman, maka pasti akan sulit untuk menolaknya. Dan pasti dalam kegiatan nongkrong setidaknya ada 1 menu yang kamu beli.

Selain membuat boros, kamu juga akan sulit mengatur hawa nafsu dalam memilih menu. Untuk mengatasinya nih, kamu bisa makan kenyang terlebih dahulu sebelum pergi nongkrong.

Sehingga saat tiba, kamu tidak akan lagi memesan makanan berat dan yang pasti juga lebih hemat. Kamu juga perlu mengatur frekuensi nongkrong bersama sahabat dalam satu bulan dan menguatkan hati untuk konsisten dalam mempertahankannya. Semangat!

10. Tidur cukup.

Cara diet sehat ala anak kos © 2019

foto: unsplash.com

Faktanya, mempunyai kualitas tidur yang baik dengan durasi yang cukup juga bisa membuat berat badan menjadi turun lho. Dengan tidur tidak terlalu larut, membuat kamu tidak terlalu memikirkan untuk mengemil juga.

Waktu terbaik untuk mulai tidur ialah sekitar pukul 22.10 malam. Ini memberi 20 menit untuk tertidur dan 90 menit untuk tertidur nyenyak sebelum tengah malam. Maka meskipun kamu anak kos yang mempunyai kebebasan, jangan sampai juga waktu tidurmu juga jadi sebebas mungkin ya. Begadang boleh, tapi jangan keseringan biar badanmu selalu fit setiap saat.

Recommended By Editor
Loading...

Comments