Simak 8 Tips Tetap Produktif meski Sibuk Meeting

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Simak 8 Tips Tetap Produktif meski Sibuk Meeting

Simak 8 Tips Tetap Produktif meski Sibuk Meeting

KEPONEWS.COM - Simak 8 Tips Tetap Produktif meski Sibuk Meeting AGENDA meeting penting memang tidak bisa dihindari oleh seorang karyawan. Namun, Anda tetap harus bisa menyiasatinya agar pekerjaan yang dilakukan lebih produktif. Ini dia caranya!Beberapa hal bisa me...

AGENDA meeting penting memang tidak bisa dihindari oleh seorang karyawan. Namun, Anda tetap harus bisa menyiasatinya agar pekerjaan yang dilakukan lebih produktif. Ini dia caranya!

Beberapa hal bisa menurunkan produktivitas kerja harian Anda. Salah satunya ialah meeting dan conference call yang tak berkesudahan. Anda akan berkendara sepanjang hari dan berpindah dari satu kantor ke kantor klien lainnya. Akhirnya, Anda tidak punya waktu untuk duduk di meja kerja sendiri dan mengerjakan tugas yang menumpuk.

BERITA REKOMENDASI

Namun, Anda bisa menyiasati waktu ketika hari Anda padat dengan meeting. Berikut beberapa trik seperti disarikan dari Fastcompany.com.

Menghadiri meeting ketika dibutuhkan

Terkadang, kita mengatakan ya untuk semua permintaan meeting. Namun, Anda tidak harus berada di ruangan sepanjang waktu. Misalnya, Anda janji menghadiri rapat internal dalam waktu yang berdekatan dengan tenggat waktu tugas. Anda bisa datang ke rapat intenal pada paruh pertama. Kemudian menyampaikan pandangan Anda perihal satu masalah. Kemudian, Anda bisa pergi dan menyelesaikan tgas yang mendekati deadline.

Menyetel ulang kalendar

Kebanyakan kalender di-setting dengan pembagian waktu setiap 30 menit. Jadi, ketika punya janji untuk bertemu seseorang, maka Anda akan meluangkan waktu selama 30 menit atau 1 jam. Padahal, bisa saja pertemuan itu selesai dalam waktu 15 menit atau 45 menit. Jadi, mulai sekarang, Anda bisa menyetel ulang kalender dengan membagi waktu setiap lima belas menit. Anda bisa lihat, hal produktif apa yang bisa dilakukan dalam waktu 15 menit setelah atau sebelum meeting.

Pengaturan

Kalau Anda mulai melakukan pengaturan waktu setiap 15 menit, kini cobalah untuk mengubah to-do-list harian. Anda bisa meluangkan waktu di pagi hari untuk membuat jadwal harian yang berbeda dari biasanya. Anda harus mengestimasi waktu yang dihabiskan untuk menyelesaikan satu pekerjaan dengan lebih presisi.

Hindari multitasking

Anda merasa bisa mengerjakan pekerjaan di tengah-tengah pertemuan atau conference call. Namun, hal itu hanya akan membuat pertemuan Anda terasa lebih lama. Anda malah akan meninggalkan kesan buruk di hadapan kolega. Ketika Anda tidak fokus meeting, maka Anda mungkin akan sering meminta klien mengulang atau menjelaskan kembali hal yang sudah disampaikan. Hal itu akan sangat membantu dan membuang-buang waktu mitra kerja.

Jadi, ketika meeting, Anda harus tetap fokus dan tinggalkan pekerjaan lainya. Setelah pertemuan selesai, Anda baru bisa mengejar untuk menyelesaikan tugas harian.

Membuat meeting lebih produktif

Terlalu banyak meeting akan membuat Anda kehilangan maksud dan tujuan rapat. Meeting Anda hanya diisi dengan pembicaraan dan perdebatan. Akhirnya, Anda tidak mendapat keputusan dan langkah aksi berikutnya. Mulai sekarang Anda harus menjadikan meeting lebih produktif. Seteah selesai meeting, tetapkan satu keputusan. Kemudian, buat daftar penugasan untuk setiap orang.

Menjadi sangat produktif dalam 20 persen waktu kerja

Sebenarnya, seseorang bisa sangat produktif dan tidak bisa diganggu selama 96 menit sehari. Jadi, maksimalkan waktu selama 20 persen dari 8 jam kerja Anda. Tapi, semua tergantung ritme kerja Anda sendiri. Apakah Anda bisa sangat fokus pada pagi hari? Maka, Adnda harus meluangkan waktu semenjak jam 9 pagi sampai pukul 10.30 untuk bekerja. Setelah itu, baru Anda bisa keluar kantor untuk menghadiri meeting tanpa henti.

Bersembunyi

Kalau Anda seringkali diajak rapat internal yang sebenarnya tidak terlalu penting, maka hindarilah. Anda tidak mau menyi-nyiakan waktu di ruang pertemuan yang kosong sambil menunggu rekan kerja lain datang. Anda juga tidak bisa berada di tengah meeting yang sebenarnya tidak memerlukan kehadiran Anda. Kalau Anda sering terjebak dalam situasi seperti itu, maka sembunyi saja. Anda bisa bekerja di perpustakaan atau kedai kopi dekat kantor untuk mengerjakan tugas.

Libatkan atasan

Jikalau Anda merasa kesulitan menyelesaikan pekerjaan And akarena terlalu banyak meeting, maka sampaikan kepada atasan. Anda harus jujur padanya kalau produktivitas Anda mulai menurun. Anda bisa memintanya untuk mendelegasikan tugas meeting kepada pegawai lain. Demikian dilansir situs Qerja.

Simak 8 Tips Tetap Produktif meski Sibuk Meeting

Comments