Orangtua Sebaiknya Tidak Diam Ketika Anak Memukuli Mereka

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Orangtua Sebaiknya Tidak Diam Ketika Anak Memukuli Mereka

Orangtua Sebaiknya Tidak Diam Ketika Anak Memukuli Mereka

KEPONEWS.COM - Orangtua Sebaiknya Tidak Diam Ketika Anak Memukuli Mereka Mama dan Papa mungkin kerap melihat kejadian berikut ini: anak memukuli ibunya sebagai ekspresi rasa kesalnya. Ibunya pun ketika disakiti justru diam saja. Eh, kok begitu, ya?Kita jadi bertanya-tanya,...

Mama dan Papa mungkin kerap melihat kejadian berikut ini: anak memukuli ibunya sebagai ekspresi rasa kesalnya. Ibunya pun ketika disakiti justru diam saja. Eh, kok begitu, ya?

Kita jadi bertanya-tanya, mengapa orangtua membiarkan saja anaknya berperilaku semena-mena, mirip memukul atau menarik rambut mereka.

Orangtua mirip ini tidak menyadari bahwa jikalau ia tidak bersikap tegas ketika anak memukul ibunya, berarti secara tidak langsung ia mengajarkan perilaku tersebut diperbolehkan.

Anak akan menganggap bahwa ia boleh melakukan hal tersebut, karena dari orangtualah anak-anak belajar mengenai perilaku yang dapat diterima dan tidak dapat diterima oleh masyarakat, kata Endang Fourianalistyawati, MPsi, dosen dan psikolog dari Fakultas Psikologi Universitas YARSI Jakarta.

Kalau perilaku anak memukul ibu dibiarkan, anak akan tumbuh menjadi pribadi yang kasar, suka mem-bully, bahkan menjadi anak yang tidak bisa diatur.

Dalam perkembangannya, ia mungkin menjadi anak yang kerap melakukan kenakalan karena emosinya mudah tersulut ketika keinginannya tidak tercapai dan semenjak kecil tidak diajarkan bagaimana meregulasi emosi dengan baik, agar tidak bertindak semena-mena, papar Endang lagi. Wah, enggak banget ya?

Mencontoh orangtua

Selain itu, menurut Endang, orangtua sering kali tidak menyadari bahwa mereka sendirilah yang mencontohkan perilaku semena-mena tersebut karena tidak menyadari bahwa perilakuanak memukul ibu tersebut bisa menimbulkan masalah.

Misalnya, di rumah Mama dan Papa secara tidak sadar memperlakukan orang-orang yang bekerja di rumah dengan semena-menamenyuruh sesuatu tanpa memerhatikan bahwa si mbak perlu beristirahat, atau mengabaikan waktu makan siang sopir sembari tetap menyuruhnya mengantar ke sana kemari.

Ingat Mama Papa, anak belajar dari apa yang dilihat, didengar, dan dirasakan oleh orangtua dan lingkungannya.

Orangtua Sebaiknya Tidak Diam Ketika Anak Memukuli Mereka

Comments