Menstruasi Pertama Sebelum 11 Tahun, Awas Diabetes Gestasional

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Menstruasi Pertama Sebelum 11 Tahun, Awas Diabetes Gestasional

Menstruasi Pertama Sebelum 11 Tahun, Awas Diabetes Gestasional

KEPONEWS.COM - Menstruasi Pertama Sebelum 11 Tahun, Awas Diabetes Gestasional Risiko ibu hamil mengalami diabetes atau diabetes gestasional memiliki hubungan erat dengan usia pertama kali menstruasi. Menurut studi di Australia, wanita yang mengalami menstruasi sebelum 11 tahun...

Risiko ibu hamil mengalami diabetes atau diabetes gestasional memiliki hubungan erat dengan usia pertama kali menstruasi. Menurut studi di Australia, wanita yang mengalami menstruasi sebelum 11 tahun berisiko tinggi mengalami diabetes gestasional.

Menurut studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Epidemiology,wanita yang menstruasi sebelum usia 11 tahun cenderung memiliki berat badan berlebih semenjak anak-anak. Selain itu, mereka juga cenderung memiliki aktivitas fisik yang rendah ketika mereka beranjak dewasa. Hal ini yang diduga ketika hamil membuat mereka terkena diabetes gestasional nanti ketika hamil.

Fakta ini diungkapkan berdasarkan studi dari University of Queensland yang melakukan studi terhadap 5.000 wanita. Partisipan diberi pertanyaa setiap tiga-empat tahun sekali. Mereka ditanyakan mengenai usia menstruasi, ada tidaknya diabetes.

Hasilnya rata-rata wanita mengalami menstruasi usia 13 tahun. Namun, sekitar 357 partisipan atau 7,5 persen terkena diabetes gestasional. Sebagian besar atau 51 persen yang mengalami diabetes gestasional ini mengalami menstruasi sebelum 11 tahun.

Wanita yang mengalami diabetes gestasional, cenderung memiliki tekanan darah tinggi dan melahirkan secara prematur. "Bayi yang dilahirkan juga lebih besar. Ada potensi baik ibu dan bayi terkena diabetes tipe 2 di kemudian hari," kata peneliti utama, Danielle Schoenaker.

Kenali Diabetes Gestasional pada Kehamilan

Menanggapi hasil studi ini, profesor yang mendalami diabetes gestasional yang tidak terlibat dalam studi ini dari University of Colorado, Dana Dabelea mengatakan memang kemungkinan ada pengaruh usia menstruasi dengan risiko terkena diabetes gestasional.

"Mungkin pada penyakit kronis seperti diabetes gestasional sudah ada pengaruh semenjak pubertas, masa anak-anak, maupun ketika masih dalam kandungan," kata Dana.

Kalau melihat hasil studi ini, Dana menyarankan bagi wanita yang mengalami menstruasi usia terlalu muda untuk menjaga gaya hidup sehat dan aktif. Selain itu perlu juga menjaga berat badan sehat untuk meminimalisir risiko terkena diabetes gestasional.

Comments